Perhatikan Ikan Yang Dikerubungi Lalat Bisa Jadi Mengandung Formalin
Bagi yang belum membaca mengenai "Perhatikan Ikan Yang Dikerubungi Lalat Bisa Jadi Mengandung Formalin-#cww6hi",( berita Minggu ,April ) ikuti selengkapnya : news.xcoid.com, JKRTA menyambut antusias adanya penyuluhan yang dilakukan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, & Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan & Perikanan. Warga yang tengah berolahraga di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (22/4/2018), tampak menikmati penyuluhan mengenai cara memilih ikan yang baik dan tak mengandung formalin.

Nur (36), salah satu warga yang mengikuti penyuluhan tersebut, mengaku sangat senang mendapatkan informasi penting dalam memilih ikan. "Seneng ya kita dikasih wawasan gimana cara memilih ikan yang baik & tidak berformalin, apalagi sebentar lagi puasa ya, jadi kadang banyak pedagang-pedagang yang curang demi keuntungan buat Lebaran. Jadi dngn ini kami pula lebih paham, oh ini loh yang bagus, yang tidak bagus," ujar Nur, Miinggu (22/4/2018).

Baca: Hindari Amukan Warga, Petugas Rahasiakan Evakuasi Bonita si Harimau Sumatera

Kepala BKIPM DR Ir Rina mengatakan, dengan penyuluhan ini pihaknya ingin warga dapat memilih ikan yang baik & sehat.


"Upaya ini yang tengah kami gencarkan di seluruh Indonesia hingga Bulan Mei mendatang," kata Rina. Kata Rina, cara memilih ikan yang baik bisa dilakukan hanya dengan kasat mata. Start dari melihat kondisi mata ikan, menekan tubuh ikan, & melihat sekeliling ikan apakah _ada lalat atau tidak. "Kalau daging ikan kalau ditekan terasa kenyal, itu bagus.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Minggu , April 2018 )

Anda akan menjadi orang yang tersisihkan jika tidak siap menghadapi perubahan.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Minggu , April 2018 )

Ketika amarah memuncak, bersabar adalah pilihan terbaik. Marah tidak akan menyelesaikan masalah dan mengalah bukan berarti kalah.

Dan bila di sekeliling ikan ngga ada lalat, usai pasti ikan itu mengandung formalin," jelasnya.

Pihaknya juga menyediakan satu mobil pengujian di lokasi agar warga lebih yakin, sehingga jika mereka ngga yakin dengan cara kasat mata, dapat dilakukan uji lab.

Mobil pengujian tsb juga digunakan untuk memberikan pemahaman bagi warga, hingga mobil tsb akan berkeliling ke bbrp wilayah.


Selain memberi pemahaman dalam memilih ikan, pihaknya juga terus memberi masukan ke masyarakat terkait jenis-jenis ikan yang bisa dikonsumsi. Sebab, selama ini warga hanya rutin makan ikan lele, tongkol, dan lainnya, tanpa paham ikan yang mengandung protein lebih banyak. "Apalagi di Iindonesia sendiri tersimpan kekayaan alam atas lautnya yang dipenuhi ribuan jenis ikan," ujar Rina. Kepala Balai Uji Standar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu & Keamanan Hasil Perikanan (BUSKIPM) Woro NES mengungkapkan, pengenalan jenis-jenis ikan laut serta cara mengetahui ikan sehat & bermutu, sangat dibutuhkan warga.

Peningkatan kesadaran masyarakat agar menyediakan pangan sehat untuk meningkatkan gizi, terus ditekankan pihaknya. "Diharapkan masyarakat bisa smkin paham akan manfaat ikan sehat," cetusnya.

Penulis: Joko Supriyanto

Berita ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul: Jika di Sekelilingnya Tidak Ada Lalat, Sudah Pasti Ikan Mengandung Formalin

Dibantu sharing beritanya ya teman-teman news.xcoid.com, Terima kasih semuanya..

Sumber: www*tribunnews*com/kesehatan/2018/04/22/perhatikan+ikan+yang+dikerubungi+lalat+bisa+jadi+mengandung+formalin
Share Berita