4 Bagian Tubuh Yang Berubah Setelah Melahirkan
news.xcoid.com, 16 Mei 2018, menurut informasi mengenai berita "4 Bagian Tubuh Yang Berubah Setelah Melahirkan-#g8s9id", yuk baca berita selengkapnya :

Laporan Wartawan news.xcoid.com, Ria Anatasia

news.xcoid.com, JAKARTA Bagi sebagian wanita, melahirkan merupakan proses yang sangat menegangkan. Namun, rasa lega & gembira akan dirasakan sang ibu & keluarga ketika memandang si kecil.


Ibu tak seharusnya berlega hati dahulu, krn masih _ada proses pasca melahirkan ketika tubuh memulihkan diri & berubah menyesuaikan kondisi. Pakar fisiologi seketika itu juga konsultan penurunan berat badan, Grace Judio Kahl menyebutkan lima perubahan yang terjadi pada bagian tubuh ibu pasca melahirkan.

1. Rambut dan Kulit

Perubahan hormon, stres & kelelahan setelah melahirkan memengaruhi kondisi rambut & kulit. Beberapa masalah yang mudah timbul pd_ ibu setelah melahirkan, yakni jerawat, rambut rontok, dan kloasma.


"Waktu selesai melahirkan, hormon estrogen & progesteron turun drastis. Tunggu menyusui jadi banyak. Kondisi ini menimbulkan stres dan berpengaruh pada fisik," kata Grace di kawasan Kebayoran, Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Baca: 6 Fakta Tentang Irfayanti, Calon Mahasiswi Melahirkan Bayi di Toilet Saat Ikuti Ujian SBMPTN 2018

Sedangkan kloasma, yaitu bercak kecoklatan pada kulit bibir, hidung, pipi, atau dahi, bisa saja timbul atau menghilangkan kemudian kehamilan.

2. Perubahan Payudara

Payudara ibu setelah melahirkan akan mengendur, puting berubah warna dan berpotensi timbul strecht mark.

Ketika ASI keluar pun bisa menimbulkan rasa nyeri, keras, penuh dan sensitif.


Ngga jarang bagian tubuh ini pun membengkak.

3. Perubahan Abdomen

Grace menyebut perubahan yang sering terjadi pada perut ibu sudah melahirkan, yakni timbul strecth mark dan selulit, lemak menumpuk, dan kulit kendur. "Perubahan yang paling sering di kulit luar, lemak dan ototnya. Organ dalam tubuh itu ditahan otot, namun bisa mengembang sehingga sobek.


Di bagian luar _ada lemak, paling luarnya lahi ada kulit teregang kalau karetnya rusak bakal ada strecth mark," terang pendiri LightHouse itu. Selain itu, perut pula berpotensi mengalami diastasis recti atau kondisi yang membuat perut ibu ngga kempes lagi meski sudah melahirkan.

4. Perubahan pd_ Vagina

Setelah melahirkan, vagina dan perineum (daerah antr rektum dan vagina) bakal meregang, bengkak dan lebih sensitif. Bagian intim ini pula akan mengeluarkan cairan berupa darah selama beberapa minggu.


Otot-otot pd_ vagina akan melemah sehingga sering terjadi sulitnya menahan air kencing bagi ibu pasca melahirkan.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Rabu , Mei 2018 )

Jangan berjalan dimuka bumi dengan penuh kesombongan dan congkak karena sebentar lagi engkau akan masuk kedalam bumi juga.

"Otot penyangga pada panggul itu melemah sehingga kantung kemih sulit menahan pipis tadi ya," ujarnya.

Pentingnya Melakukan Pemeriksaan Sesudah Melahirkan

Merawat sang buah hati memang bakal menyita waktu ibu.


Namun, jangan lewatkan jadwaln pemeriksaan dan konsultasi dokter pasca kelahiran. Grace menyarankan para ibu untuk memerhatikan konfisi fisik seawal mungkin sudah kehamilan.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Rabu , Mei 2018 )

Kenangan tetap ada tapi jangan terfokus disana. Hidup lo bukan untuk kenangan tapi buat masa depan. Tetap semangat!.

Hal ini supaya tubuh cepat pulih dan kembali seper_ti semula.

Menerapkan pola makan sehat dngn cara balanced diet, sport ringan, perbanyak konsumsi air putih dpat mempercepat proses pemulihan. Meski begitu, konsultasikanlah pd_ dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikian informasi mengenai "4 Bagian Tubuh Yang Berubah Setelah Melahirkan-#g8s9id", info kata kunci berita ini (Rabu /Mei ) : ( 4,bagian,tubuh,yang,berubah,setelah,melahirkan, perubahan, kondisi, terjadi, sehingga, pemeriksaan, beberapa, menimbulkan, melemah )

Sumber: www*tribunnews*com/kesehatan/2018/05/16/4+bagian+tubuh+yang+berubah+sesudah+melahirkan
Share Berita