Sirup Markisa Buatan Kampung Lawas Maspati, Herbal & Menyehatkan
Hari Senin ,2018 berita diinfokan mengenai "Sirup Markisa Buatan Kampung Lawas Maspati, Herbal & Menyehatkan-#fgn9g9" : news.xcoid.com, SURABAYA Perjalanan kami mengenal Kampung Lawas Maspati, Surabaya, berawal dari dua makam suami istri yaitu Raden Karyo Sentono dan Mbah Buyut Suruh. Mereka adalah kakek & neneknya Sawungaling.

Raden Karyo Sentono dan Mbah Buyut Suruh wafat sebelum masa kolonial belanda. Mbah Buyut Suruh dikenal _oleh warga sehingga sekarang sebagai pelopor yang mendirikan Maspati. Usai tahu akan sejarah dua makam yang berada di tengah permukiman, kami pun diajak ke Rumah Bu Susi. Bus Susi sendiri merupakan salah satu masyarakat RT V yang memproduksi olahan dari buah Markisa.

Baca: Thn Ini Pemudik Sepeda Motor Berkurang Hingga 40 Persen

Kebetulan saja, sesaat kami berkunjung, Bu Susi yang ditemani anaknya, Veni sdng sibuk mmbuat sirup.


Kami menatap langsung bagaimana proses pembuatan sirup alami dari Markisa yang dikatakannya dibuat tanpa gula buatan & bahan pengawet. "Cara buatnya mudah.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Senin , Juni 2018 )

Ketika amarah memuncak, bersabar adalah pilihan terbaik. Marah tidak akan menyelesaikan masalah dan mengalah bukan berarti kalah.

Cuma butuh sari buah markisa yang sudah disaring, kemudian air dan gula," kata Bu Susi sembari mengaduk gula yang ada dalam panci.

Menurut Susi _para pengungjung yang datang ke Kampung Lawas Maspati pun bisa berkesempatan memandang langsung bagaimana cara pembuatan sirup ini. "Biasanya kami jika ada rombongan yang datang, ibu-ibu di sini dikumpulin, kita perlihatkan bagaiman cara membuat ini. Tapi, bukan Cuma markisa, _ada olahan lainnya seper_ti lidah buaya, jahe, dan cincau," sambungnya. Selain melihat, para pengunjung pula dapat merasakan & membeli olahan sirup markisa buatan Bu Susi & Veni.

Sirup berwarna kuning itu, dia jual dngn harga 28 ribu untuk 350 ml, dan delapan ribu untuk yang bisa lngsg diminum.

Baca: Terobos Palang, Mesin Mobil Mendadak Mati sehingga Tertabrak KRL di Tangerang, 2 Orang Tewas

Tak hanya sirup, Bu Susi juga membuat olahan laiin yang bahan bakunya tetap menggunakan buah markisa. Selai Markisa.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Senin , Juni 2018 )

iri hati, selain membawa penderitaan, juga menjerumuskan manusia ke jurang permusuhan bahkan peperangan.

Berbeda dngn sirup, cara pembuatan selai diperlukan bahan tambahan seperti rumput laut.

Menurutnya, rumput laut yang berkualitas akan membuat selai menjadi lebih enak. Kualitas dan rasa dari olahan Markisa Bu Susi pun diakunya usai menarik tokoh-tokoh penting, seper_ti Wali Kot'a Surabaya, Tri Rismaharani & artis Zaskia Sungkar. "Waktu itu, Bu Risma pula pernah ke sini. Bila artisnya Zaskia Sungkar.

Sama mereka juga mau paham cara pembuatannya seper_ti apa, jadi kita sempat kasih lihat caranya," kata cewek keturunan Minang tersebut. Sudah mulai banyaknya peminat, Bu Susi & Veni pun berencana ingin memproduksi olahannya lebih banyak. Bahkan, ia mengaku tengah mengurus izin dari Badan Pengawan Obat dan Makanan sebelum akhirnya dijual bebas di toko-toko resmi. Cerita Bu Susi & Veni dalam mengolah buah markisa merupakan salah satu aktivitas warga Kampung Lawas Maspati yang hidup mandiri dan kratif.

Bagi mereka, Kampung Lawas Maspati bukan hanya sekadar permukiman biasa, namun permukiman percontohan yang patut ditiru oleh masyarkat Indonesia. Kerja sama, kreatif & inovasi. Caption: Ibu Susi sesaat membuat sirup Markisa di kediamannya yang berada di RT V, Kampung Lawas Maspati, Surabaya.

Dibantu sharing beritanya ya teman-teman news.xcoid.com, Terima kasih semuanya..

Sumber: www*tribunnews*com/travel/2018/06/17/sirup+markisa+buatan+kampung+lawas+maspati+herbal+dan+menyehatkan
Share Berita