Aplikasi Lapor Bantul Percepat Laporan Warga Dan Penanganan Masalah
Judul berita ini "Aplikasi Lapor Bantul Percepat Laporan Warga Dan Penanganan Masalah-#o64ckz" di Juli selengkap disini : news.xcoid.com Pemerintah Kabupaten Bantul memperkenalkan aplikasi Lapor Bantul, dngn tujuan mempercepat proses pelaporan masyarakat dan melakukan penanganan yang lebih integratif. Peluncuran ini sekaligus menjadi langkah awal transformasi Kot'a Bantulmenjadi slh satu kota cerdas atau smart city di Indonesia.

Sebelum ini, warga Bantul menggunakan layanan SMS Center Bupati utk menyampaikan pengaduan. Proses penyampaian aduan via SMS ini memakan waktu lama sebab semua laporan yang masuk dikumpulkan & dipilah dulu oleh petugas dari Dinas Kominfo Kota Bantul, sebelum disampaikan ke OPD-OPD yang bersangkutan utk ditangani. Aplikasi yang sudah bisa diunduh di Googel Play Store start tanggal 2 Juli la_lu itu dapat digunakan utk menyampaikan laporan dalam bentuk teks maupun gambar. Aplikasi ini juga memuat kategori & sub kategori masalah yang akan memudahkan warga melapor & mempercepat penanganan.

Untuk mendorong partisipasi warga dalam Lapor Bantul, Kepala Dinas Kominfo & Informatika Kabupaten Bantul, Nugroho Eko Setyanto S Sos MM, mengatakan, Pemkab Bantul bakal menerapkan strategi edukasi berbasis keluarga. Pengenalan aplikasi Lapor Bantul bakal digiatkan di sekolah-sekolah menengah.

Ubah Cara Kerja

Lapor Bantul diharapkan ngga hanya mempercepat pengaduan & penanganan masalah di tengah masyarakat.

"Cepat atau lambat Lapor Bantul akan memperbaiki cara kerja di lingkungan Pemkab Bantul," tandas H. Abdul Halim Muslih, Wakil Bupati Bantul.


Hal ini terkait kecepatan merespon pengaduan masyarakat. Keberadaan aplikasi ini pula akan memperbaiki proses perencanaan.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Juli 2018 )

Apa yang telah kita tabur, entah yang disengaja atau tidak, diingat atau dilupakan, sekarang atau suatu saat nanti, pasti akan kita petik hasilnya. maka, ketika kita menanamkan kebaikian, apapun bentuknya, suatu saat pasti kebaikan itu akan kembali kepada kita kita juga.

Dngn adanya information dari masyarakat, Pemkab Bantul dpat mengidentifikasi & mengklasifikasi masalah-masalah yang ada di tengah masyarakat.

"Sehingga kami dapat memfokuskan APBD 2019 untuk melengkapi sarana dan prasarana untuk merespon masalah publik," imbuhnya. Sementara itu Bupati Bantul Drs. H. Suharsono dalam sambutannya diantaranya mengatakan, "Launching Lapor Bantul ini sejalan dngn komitmen Pemkab Bantul utk meningkatkan pelayanan publik & tata kelola pemerintahan yang baik melalui peningkatan kualitas birokrasi yang responsif".

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Juli 2018 )

Keberanian timbul dari bersikap benar.

"Saya mengharapkan Aplikasi Mobile Lapor Bantul ini dpat memberikan kemudahan layanan bagi warga untuk menyampaikan aduan ke-pada Pemerintah Kabupaten Bantul, serta mewujudkan partisipasi warga dalam pembangunan melalui mekanisme bottom up yang efektif dan dengan aplikasi ini memudahkan pelayanan publik dpat segera diberi solusi terbaik serta dpat memberikan masukan yang riil di masyarakat," harap Bupati.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Juli 2018 )

Menata pikiran itu penting. karena dirimu adalah apa yang kamu pikirkan.

Tantangan Integrasi

Lapor Bantul sebenarnya bkn aplikasi pertama yang dikembangkan _oleh Pemkab Bantul.


"Tiap OPD sudah punya (aplikasi), cuma memang _ada yang sudah terintegrasi tetapi ada yang belum terintegrasi. Ini yang menjadi tantangan bagi kami, terutama dalam mewujudkan smart city yang membutuhkan integrasi data," cetus Nugroho. Demikian pula di lingkungan kecamatan & desa. Dengan data dan aplikasi yang terintegrasi, Pemkab Bantul berharap dpat memberikan solusi yang integratif atau penanganan lintas sektoral terhadap keluhan warga.

Kabupaten Bantul menjdi salah satu kota/kabupaten yang terpilih utk mengikuti Gerakan atau Program Menuju 100 Smart City. Dalam program ini, Pemkab Bantul didampingi oleh Dr.tech. Wikan Danar Sunindyo, ST, M.Sc, dari Fakultas Teknik Elektro & Informatika ITB dalam menyusun Masterplan Bantul Smart City. Proses penyusunan itu pula melibatkan banyak unsur, meliputi Pimpinan Daerah, DPRD, Akademisi, Kepala OPD/Camat, BUMN/BUMD, Lurah Desa, & Perwakilan Pemuda.

()

Dalam program ini, Pemkab Bantul didampingi oleh Dr.tech. Wikan Danar Sunindyo, ST, M.Sc, dari Fakultas Teknik Elektro & Informatika ITB dalam menyusun Masterplan Bantul Smart City. Proses penyusunan itu juga melibatkan lebih dari satu unsur, meliputi Pimpinan Daerah, DPRD, Akademisi, Kepala OPD/Camat, BUMN/BUMD, Lurah Desa, & Perwakilan Pemuda. ()


Demikiannlah berita hari Kamis mengenai ( Aplikasi Lapor Bantul Percepat Laporan Warga Dan Penanganan Masalah-#o64ckz ), info pencarian terkait berita ini, aplikasi,lapor,bantul,percepat,laporan,warga,dan,penanganan,masalah, masyarakat, kabupaten, terintegrasi, menyampaikan, informatika, pengaduan

Sumber: www*tribunnews*com/techno/2018/07/05/aplikasi+lapor+bantul+percepat+laporan+warga+dan+penanganan+masalah
Share Berita