Bambu Usang Di Tangan Muslimin Jadi Karya Seni Kaligrafi Bernilai Ekonomis
Arsip berita hari Senin , mengenai "Bambu Usang Di Tangan Muslimin Jadi Karya Seni Kaligrafi Bernilai Ekonomis-#el3ezu" selengkapnya : news.xcoid.com, MOJOKERTO Lebih dari empat tahun, Muslimin (28) telah berkecimpung sebagai perajin kaligrafi bambu. Di tangan kreatifnya dia mampu mengubah batang bambu menjadi karya kaligrafi berlafadz Arab tiga dimensi yang bernilai ekonomis.

Biasanya, Muslimin memproduksi kaligrafi bambu di rumah sederhananya Dusun Kasian, Desa Domas Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Muslimin mengatakan adapun bahan baku utama pembuatan kaligrafi ini merupakan bambu usang yang tidak terpakai di pekarangan rumahnya.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Senin , Juli 2018 )

Kehidupan akan membawa seseorang pada jalan yang dipilihnya. Pilihan yang tepat takkan pernah mendatangkan penyesalan.

Dia memakai gergaji utk memotong bambu sesuai ukuran yang diinginkannya.

"Pengerjaan kaligrafi ukuran 50 sentimeter estimasi wa_ktu sekitar satu pekan," ujarnya, Miinggu (8/7/2018). Butuh kejelian dan ketelitian utk membentuk batang bambu menjdi kaligrafi huruf Arab. Setelah itu, dia memakai lem kayu utk merekatkan satu persatu huruf Arab yang dirangkai menjadi kesatuan kaligrafi. "Untuk finishing memakai cat pernis guna menonjolkan serat bambu agar terlihat lebih alami," jelasnya.

Ternyata, karya seni kaligrafi buatan Muslimin lebih dari satu diminta orang sebagai hiasan dekorasi pelengkap. Kaligrafi bambu itu di pajang pada dinding rumah atau lokasi ibadah utk mempercantik ruangannya. Nah, utk calon pembeli Kaligrafi bambu ini bisa request ukuran dan lafadz sesuai keinginannya.

Dia bahkan pernah membuat kaligrafi bambu Asmaul Husna panjang 1,5 meter yang dirampungkannya selama tiga bulan.

"Untuk satu set kaligrafi bambu berlafadz Allah & Muhammad berharga Rp 200 ribu," katanya.


Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Senin , Juli 2018 )

Semakin baik kamu menata perilaku, semakin banyak kebaikan yang kamu kemas ke dalam hidup.

Muslimin menceritakan menjadi perajin kaligrafi bambu terinspirasi dari tontonan media yang memperlihatkan pemanfaatan bambu menjadi bahan kerajinan. Hal itulah yang membuat ia yakin banting stir awalnya bekerja sebagai kuli bangunan menjadi perajin kaligrafi bambu. "Tadinya coba buat kaligrafi hingga jadi meski awalnya tidak sempurna.

Lama-kelamaan hasilnya mulai maksimal," tuturnya. Harga kaligrafi bambu ini ckup terjangkau lantaran sebanding dengan proses pembuatannya. Tak mudah untuk merangkai batang bambu ini menjdi karya kaligrafi, misalnya seper_ti tanda baca kharokat & dommah. Meski terbatas alat dan minimnya modal ngga menyurutkan niat Muslimin utk menyalurkan ide & kreatifitasnya.

Sebab menurutnya, alat pula sangat menentukan proses secara kualitas pembuatan sehingga finishing karya kaligrafi ini. "Saya optimistis karya kaligrafi ini bisa bersaing dengan produk lainnya," ungkapnya.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Pria Mojokerto Manfaatkan Bambu Usang Jadi Karya Seni Kaligrafi Bernilai Ekonomis

Sekian info yang kami sampaikan mengenai Bambu Usang Di Tangan Muslimin Jadi Karya Seni Kaligrafi Bernilai Ekonomis-#el3ezu, berita diambil dari berbagai media online lain.. terimakasih

Sumber: www*tribunnews*com/regional/2018/07/08/bambu+usang+di+tangan+muslimin+jadi+karya+seni+kaligrafi+bernilai+ekonomis
Share Berita