Pemanfaatan Teknologi Dirjen Mampu Melacak 30 Ribu Pengemplang Pajak Dalam Sepekan
Diinformasikan pada hari Senin Juli , tentang "Pemanfaatan Teknologi Dirjen Mampu Melacak 30 Ribu Pengemplang Pajak Dalam Sepekan-#nol2bx", silahkan baca selengkapnya : news.xcoid.com, JKRTA Pemanfaatan teknologi besutan Cloudera dalam penggunaan big data membuat Direktorat Jenderal Pajak berhasil mendapat potensi tambahan uang pajak masuk Rp 1 triliun dibandingkan menggunakan cara tradisional. Implementasi Big Data membuat Dirjen Pajak bisa melacak 30 ribu dugaan pengemplang pajak dalam wa_ktu satu minggu.

Penggunaan sistem lama Dirjen Pajak hanya mampu mengendus 100 smpai 200 dugaan pengemplang pajak dalam setahun.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Senin , Juli 2018 )

Kau bisa bersembunyi dari kesalahanmu, tapi tidak dari penyesalan. Kau bisa bermain dengan dramamu, tapi tidak dengan karmamu.

"Jumlah Rp 1 triliun ini jauh lebih besar dibandingkan dengan investasi yang dikeluarkan pemanfaatan teknologi big data ini," kata Direktur Transformasi Teknologi Komunikasi & Informasi, Direktorat Jenderal Pajak, Iwan Juniadi di Jakarta belum lama ini.

Platform data modern Cloudera mampu mentransformasi operasional TI di Dirjen Pajakdan penggunaan big data utk memerangi penggelapan pajak.


Dikatakan Iwan, Dirjen Pajak mengelola data base sebanyak 10 miliar data setiap tahun dari 67 jenis data dari swasta, seperti data kendaraan motor, kartu kredit hingga data kepemilikan rumah. Penggunaan sistem yang lama menyulitkan menangani data sebesar itu. "Pemanfaatan data tak struktur menggunakan Clodera bisa mempercepat pengolah dari mulanya empat hari jadi 59 detik," kata Iwan.

Sistem big data ini ternyata secara krusial mampu mendorong keefektifan pengolahan data.


"Setelah yakin bahwa teknologi big data mampu mendukung data kita, tahun 2016 sampai 2017 kita perbesar jadi satu server besar dengan kapasitas 500 Terabyte," ungkap Iwan. Fanly Tanto, Country Manager, Cloudera Iindonesia menyatakan, seiring kesuksesan kerjasama dngn Dirjen Pajak, jumlah organisasi atau lembaga yang memanfaatkan jasa Cloudera.

"Kami bersyukur sesudah Direktorat Jenderal Pajak, lebih dari satu lembaga-lembaga laiin kemudian memanfaatkannya," katanya.

Sekian info yang kami sampaikan mengenai Pemanfaatan Teknologi Dirjen Mampu Melacak 30 Ribu Pengemplang Pajak Dalam Sepekan-#nol2bx, berita diambil dari berbagai media online lain.. terimakasih

Sumber: www*tribunnews*com/techno/2018/07/16/pemanfaatan+teknologi+dirjen+mampu+melacak+30+ribu+pengemplang+pajak+dalam+sepekan
Share Berita