Jonatan, Semua Indah Pada Waktunya
Info selanjutnya mengenai "Jonatan, Semua Indah Pada Waktunya-#ezvdid" selengkapnya :

Laporan wartawan news Deodatus Pradipto

news.xcoid.com, JAKARTA Smua memang indah pada waktunya. Demikianlah nilai yang bisa dipetik dari perjuangan seorang Jonatan Christie, pebulutangkis Indonesia.


Kesuksesannya meraih medali emas di Asian Games 2018 baru-baru ini terjadi pada saat yang tepat. Sebelum meraih medali emas di Asian Games 2018, Jonatan Christie sempat mengalami berbagai kegagalan.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Senin , Sepember 2018 )

Bukan hanya banyak harta yang membuat orang merasa gembira, saat memberi dengan hati iklas dan rela juga sumber bahagia.

Sebelumnya, sepanjang 2018 langkah Jonatan utk menjadi jawara selalu terjegal.


Kegagalan demi kegagalan mmbuat Jonatan merasa frustrasi. Jojo, sapaannya, bahkan sempat memiliki keinginan utk gantung raket. "Ma, Jo berhenti saja, ya, dari bulutangkis. Tak ada prestasi yang bagus," tutur Marlanti Djaja, ibunda Jonatan Christie, menirukan perkataan putranya ke-pada news di kediaman keluarga mereka di Bidaracina, Jakarta Timur, Kamis (6/9/2018).



Marlanti Djaja, ibu pebulutangkis Jonatan Christie (news/DEODATUS PRADIPTO)

Sebagai seorang ibu yang melihat putranya frustrasi, Marlanti berusaha memberikan semangat kepada Jonatan.


Marlanti meminta Jojo untuk tidak pernah merasa putus asa. "Tuhan pasti punya rencana yang lain. Pasti Tuhan akan memberikan yang lebih baik. Puji Tuhan, akhirnya ia dapat di Asian Games.

Saya bilang kepada Jojo itu krn kemurahan hati Tuhan Yesus," kata Marlanti yang akrab disapa Dewi. Di tengah masa sulit, Jonatan mendapatkan banyak kritik soal prestasinya. Jonatan sebenarnya ingin memperbaiki prestasinya, tapi Tuhan memang punya rencana lain. "Jo, smua indah pada waktunya," tutur Marlanti kepada Jonatan.

Lagu Pujian

Jonatan Christie meraih medali emas Asian Games 2018 kemudian mengalahkan Chou Tien Chen dari Taiwan di babak final. Marlanti menyaksikan lngsg putranya bertanding di Istora Gelora Bung Karno, Jkrta saat itu. Sebelum menyaksikan pertandingan, Marlanti dan Andreas Adi Siswa, ayah Jonatan, menengok Jonatan di hotel. Sesaat bertemu, Marlanti berpesan ke-pada Jonatan untuk bermain bagus & bilang keluarga memberikan dukungan lewat doa agar Jonatan mendapat yang lebih baik.


Dari sana, Marlanti bergegas ke Istora. Andreas tetap di hotel menenami Jonatan. Sesaat itu Andreas melihat Jonatan mendengarkan lagu rohani. "Dia memandang Jonatan mendengarkan lagu puji-pujian Tuhan.

Dari situ papanya yakin Jo bisa juara," ungkap Marlanti. Saat pertandingan berlangsung, Andreas menonton dari tribun paling atas. Andreas ngga bisa menonton Jojo bertanding dari tribun bagian tengah atau depan. Dulu Andreas pernh menonton di depan.

Ketika Jojo melakukan kesalahan, Andreas memberikan masukan. Gara-gara masukan tersebut Jojo justru merasa ngga lepas sesaat bermain. "Jojo malah senang kalau saya menonton ia bertanding. Wa_ktu itu aku sedikit deg-degan, apalagi saya duduk sendirian.

Banyak pendukung Jo yang menyemangati saya," kata Marlanti yang mendaraskan doa rosario sebelum pertandingan tersebut.

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie saat melawan pemaiin Chinese Taipei, Chou Tien Chen pd_ final perseorangan putra bulutangkis Asian Games 2018, di Istora Senayan, Jakarta, Selasaa (28/8/2018). Jonatan Christie berhasil merebut emas sesudah mengalahkan pemain Chinese Taipei, Chou Tien Chen, 21-18, 20-22, 21-15. news/HERUDIN (news/HERUDIN)

Pasang Net di Rumah

Pencapaian-pencapaian Jonatan Christie di bulutangkis tak bisa lepas dari tangan Andreas. Andreas mengerahkan segala upayanya untuk membantu Jonatan menjdi seorang pebulutangkis hebat. Jonatan Christie menjadi seorang atlet ialah buah dari nazar Andreas.


Wa_ktu kecil Andreas pny cita-cita menjdi seorang pesepakbola. Cita-cita itu tak mendapat dukungan dari orangtuanya. Akibatnya, Andreas bernazar kalau memiliki anak akan menjadikan anaknya seorang atlet.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Senin , Sepember 2018 )

jangan pernah berpikir untuk menyerah,karena jika kamu mau berusaha, Tuhan pasti membantu melewatinya.


Bagaimana akhirnya Jonatan Christie menjdi seorang pebulutangkis juga tidak lepas dari pilihan Andreas. Saat duduk di kelas satu di Sekolah Dasar Antonius, Jonatan ingin memilih kegiatan ekstrakurikuler olahraga. Beberapa cabang olahraga yang menjadi kegiatan ekstrakurikuler di sekolahnya ialah bola basket, sepak bola, dan bulutangkis. Andreas menyarankan Jonatan utk memilih bulutangkis.

"Masalahnya adalah dia tak ingin anaknya jadi hitam, walaupun anaknya suka sepak bola," ungkap Marlanti la_lu tertawa.



Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie melakukan selebrasi dngn membuka bajunya sudah pertandingan final perseorangan putra bulutangkis Asian Games 2018, di Istora Senayan, Jakarta, Selasaa (28/8/2018).

Jonatan Christie berhasil merebut emas setelah mengalahkan pemain Chinese Taipei, Chou Tien Chen, 21-18, 20-22, 21-15. news/HERUDIN (news/HERUDIN)Bakat besar Jonatan tercium saat mengikuti ekstrakurikuler bulutangkis. Seorang pelatih melihat bakat Jonatan la_lu menyampaikan keinginan menjdi Jonatan seorang atlet kepada Andreas. Andreas merasa senang & memberikan lampu hijau. Sejak sesaat itu Jonatan sering mengikuti berbagai kompetisi.

Sejak kecil ia pernah bertanding melawan Anthony Ginting dan Ihsan Maulana Mustofa, yang kemudian menjdi rekan Jonatan di pelatnas PBSI di Cipayung. "Dulu Jonatan tidak ada apa-apanya, lebih dari satu kekurangannya. Dulu dia masih gemuk, la_lu dilatih oleh papanya smpai kurus. Bukanya latihan di tempat latihan, tapi juga di rumah," tutur Marlanti. Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie bersama Anthony Sinisuka Ginting sesaat upacara pengalungan medali final perseorangan putra bulutangkis Asian Games 2018, di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Jonatan Christie berhasil merebut emas kemudian mengalahkan pemain Chinese Taipei, Chou Tien Chen, 21-18, 20-22, 21-15. news/HERUDIN (news/HERUDIN)Andreas turut membantu Jonatan melatih tekniknya. Saking besar niat Andreas melatih Jonatan, ia sampai memasang net di rumah. "Pasang net di dalam rumah. Papanya yang melatih, aku hanya bantu ambil bola," kata Marlanti.

Tempaan yang keras dari Andreas membuat jiwa atlet Jonatan terus tumbuh. Jonatan rutin bangun tidur pukul 04.00, la_lu jogging naik-turun jembatan penyeberangan. Selain itu Jonatan juga rutin skipping di bawah arahan Andreas. Suatu ketika, kemudian skipping di pagi hari, Jonatan hendak berangkat ke sekolah.

Andreas yang mengantarkan Jonatan ke sekolah. Menjelang yang akan datang di sekolah, Jonatan meminta izin kepada Andreas untuk pulang ke rumah krn merasa kelelahan. "Papanya bilang, Kamu boleh pulang, namun nanti latihannya ditambah. Tak lama setelah mereka berangkat, tahu-tahu mereka sudah di rumah lagi.

Aku kaget," ungkap Marlanti.

Berkat Koko Ivan

Keluarga mereka sempat mesti hidup terpisah selama empat-lima tahun. Jonatan dan ayahnya tinggal di rumah orangtua Marlanti di Tanjung Duren, Jkrta Barat. Marlanti tetap tinggal di Bidaracina bersama Ivan, kakak Jonatan.


Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Senin , Sepember 2018 )

Perbuatan buruk ini hanya dilakukan oleh dirimu, bukan oleh orang tua-mu, teman-mu atau saudara-mu. oleh karena itu dirimu sendirilah yang akan menuai hasil yang menyakitkan.

Mereka hanya bertemu seminggu sekali. Ini merupakan pilihan keluarga mereka krn situasi. Sewaktu duduk di bangku skolah menengah pertama, Jonatan memilih bersekolah di sekolah yang longgar dalam memberikan wa_ktu agar bisa tetap berlatih bulutangkis.

Pd_ waktu yang bersamaan, Marlanti mesti merawat Ivan yang berkebutuhan khusus. "Papanya bilang, Jo, jikalau kamu mau melatih kesabaran, itu dari koko kamu. Kamu harus sabar kepada kakak kamu.," ungkap Marlanti menirukan perkataan Andreas ke-pada Jonatan. Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie sesaat upacara pengalungan medali final perseorangan putra bulutangkis Asian Games 2018, di Istora Senayan, Jakarta, Selasaa (28/8/2018). Jonatan Christie berhasil merebut emas kemudian mengalahkan pemain Chinese Taipei, Chou Tien Chen, 21-18, 20-22, 21-15. news/HERUDIN (news/HERUDIN)Perbedaan usia antr Ivan & Jonatan mencapai tujuh tahun.

Meskipun Ivan berkebutuhan khusus, hubungan dia dengan Jonatan sangat baik. Kini sejak Jonatan tinggal di pelatnas PBSI, Ivan sering merasa rindu ke-pada adiknya itu. "Kalau Jo bbrp hari tak pulang, ia suka bertanya, Mama, Jo. Suruh tidur sini.," kata Marlanti sambil meletakkan telapak tangannya di pipi & menekuk leher ke samping gestur tidur.

Ivan rajin menyaksikan adiknya beraksi melalui televisi. Ini termasuk saat final Asian Games 2018. Ivan menonton di rumah didampingi keluarga krn Marlanti dan Andreas berada di Istora. "Jonatan bilang, Ma, jika bukan tanpa Koko Ivan, Jojo tidak mungkin seper_ti ini. Kalau koko tak seperti ini, mungkin koko yang tenar lebih dulu.," ungkap Marlanti menirukan perkataan Jonatan.

Menangis di Mobil

Jonatan Christie berasal dari keluarga sederhana. Sebagai gambaran, lingkungan rumah orangtuanya di Bidaracina bukan berada lingkungan elite. Jalan menuju rumahnya tidak bisa dilalui _oleh mobil. Hanya kendaraan roda dua yang bisa melintas.


Rumah mereka berada di sebuah gang buntu. Untuk menemukan rumah ini tak mudah bagi orang yang ngga familiar.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Senin , Sepember 2018 )

Bukan karena harta yang melimpah/apa yang dimilik, orang dihormati. kehormatan adalah penghargaan bagi orang yang telah memberikan sesuatu yang berarti bagi orang yang membutuhkan.

Jalannya berliku & pemukimannya padat.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Senin , Sepember 2018 )

Keberanian timbul dari bersikap benar.

Rumah keluarga Jonatan Christie terhitung lumayan utk masyarakat di daerah situ. Rumahnya berpagar dan berkeramik smpai teras. Di teras ada dua buah skutik berbeda tipe dari satu pabrikan asal Jepang.

"Rumah kami dulu tak seperti ini," kata Marlanti.

Lingkungan rumah keluarga Jonatan Christie di Bidaracina, Jakarta Timur

Di samping rumah mereka terdapat sebuah tembok. Di tembok itu terbentang sebuah spanduk bertuliskan warga rukun warga setempat turut menyukseskan Asian Games 2018. Ada juga pesan ajakan untuk mendukung Jonatan Christie yang seorang warga RW 03. Saat news mewawancari Marlanti, datang seorang petugas pos mengantarkan sepucuk surat. Surat beramplop putih itu ditujukan utk Jonatan Christie. Marlanti yang menerima surat tersebut.


"Wah makin ramai ya, Bu, sekarang. Banyak tamu," kata orang yg bertugas pos tersebut kepada Marlanti. Marlanti membenarkan perkataan petugas pos tersebut. Ia lalu bercerita petugas pos tsb memang sering mengantar surat ke rumah mereka.

Petugas pos itu lalu bertanya ke-pada Marlanti apakah Jonatan ada di rumah atau tidak. Marlanti memberitahu Jonatan saat ini berada di Cipayung. "Yah, sayang. Sedangkan mau minta kaus dari Jojo," ujar petugas itu sambil meninggalkan rumah Marlanti.

Spanduk dukungan untuk Jonatan Christie di RW 03 Bidaracina, Jakarta Timur

Meski berasal dari keluarga sederhana, Jonatan Christie seorang yang murah hati.


Jonatan bahkan menyumbangkan sebagian dari bonus uang yang dia dapat dari pemerintah kepada para korban gempa di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Marlanti dan Andreas mulanya tidak tahu putra mereka memiliki rencana ini. Jonatan baru memberitahu orangtuanya soal rencana ini sesaat sedang bersama di dalam mobil. Menurut Marlanti putranya menyumbang sebagian dari bonus tsb karena telah berjanji pada dirinya sendiri.

"Waktu di mobil ia bilang, Ma, Pa, maafkan Jo, ya. Bukannya Jo lancang, tapi Jo ingin memberikan sebagian dari yang Jo terima utk Lombok."
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Senin , Sepember 2018 )

Menata pikiran itu penting. karena dirimu adalah apa yang kamu pikirkan.

Papanya mempersilakan dan senang.

Saya terharu, menangis di dalam mobil. Ya Tuhan, mulia sekali hatinya," tutur Marlanti.

Untuk menemukan rumah ini tidak mudah bagi orang yang tak familiar. Jalannya berliku dan pemukimannya padat. Rumah keluarga Jonatan Christie terhitung lumayan untuk masyarakat di daerah situ.


Rumahnya berpagar & berkeramik sampai teras. Di teras ada dua buah skutik berbeda tipe dari satu pabrikan asal Jepang.

"Rumah kami dulu tidak seperti ini," kata Marlanti.

Lingkungan rumah keluarga Jonatan Christie di Bidaracina, Jakarta Timur

Di samping rumah mereka terdapat sebuah tembok.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Senin , Sepember 2018 )

Bukan hanya banyak harta yang membuat orang merasa gembira, saat memberi dengan hati iklas dan rela juga sumber bahagia.


Di tembok itu terbentang sebuah spanduk bertuliskan warga rukun warga setempat turut menyukseskan Asian Games 2018. _ada juga pesan ajakan utk mendukung Jonatan Christie yang seorang warga RW 03. Saat news mewawancari Marlanti, datang seorang orang yg bertugas pos mengantarkan sepucuk surat. Surat beramplop putih itu ditujukan utk Jonatan Christie.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Senin , Sepember 2018 )

jangan pernah berpikir untuk menyerah,karena jika kamu mau berusaha, Tuhan pasti membantu melewatinya.

Marlanti yang menerima surat tersebut.

"Wah makin ramai ya, Bu, sekarang. Banyak tamu," kata orang yg bertugas pos tsb kepada Marlanti. Marlanti membenarkan perkataan orang yg bertugas pos tersebut. Dia lalu bercerita petugas pos tersebut memang sering mengantar surat ke rumah mereka.

Orang Yg Bertugas pos itu lalu bertanya ke-pada Marlanti apakah Jonatan _ada di rumah atau tidak. Marlanti memberitahu Jonatan saat ini berada di Cipayung. "Yah, sayang. Sedangkan mau minta kaus dari Jojo," ungkap petugas itu sambil meninggalkan rumah Marlanti.

Spanduk dukungan untuk Jonatan Christie di RW 03 Bidaracina, Jkrta Timur

Meski berasal dari keluarga sederhana, Jonatan Christie seorang yang murah hati.


Jonatan bahkan menyumbangkan sebagian dari bonus uang yang dia dapat dari pemerintah ke-pada para korban gempa di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Marlanti & Andreas awalnya tidak tahu putra mereka mempunyai rencana ini. Jonatan baru memberitahu orangtuanya soal rencana ini saat sedang bersama di dalam mobil. Menurut Marlanti putranya menyumbang sebagian dari bonus tersebut karena telah berjanji pada dirinya sendiri.

"Waktu di mobil dia bilang, Ma, Pa, maafkan Jo, ya. Bukannya Jo lancang, tetapi Jo ingin memberikan sebagian dari yang Jo terima untuk Lombok." Papanya mempersilakan & senang. Saya terharu, menangis di dalam mobil.

Ya Tuhan, mulia sekali hatinya," tutur Marlanti.

"Waktu di mobil dia bilang, Ma, Pa, maafkan Jo, ya. Bukannya Jo lancang, tapi Jo ingin memberikan sebagian dari yang Jo terima utk Lombok." Papanya mempersilakan dan senang. Aku terharu, menangis di dalam mobil.


Ya Tuhan, mulia sekali hatinya," ungkap Marlanti. Sekian info yang kami sampaikan mengenai Jonatan, Semua Indah Pada Waktunya-#ezvdid, berita diambil dari berbagai media online lain.. terimakasih

Sumber: www*tribunnews*com/sport/2018/09/10/jonatan+semua+indah+pada+waktunya
Share Berita