Astra Daihatsu DSO DKI 1 Gelar Sosialisasi Thalasemia Ke Siswa SMK Di Jkrta Selatan
Diinformasikan pada hari Jumat Sepember , tentang "Astra Daihatsu DSO DKI 1 Gelar Sosialisasi Thalasemia Ke Siswa SMK Di Jkrta Selatan-#pf1wa2", silahkan baca selengkapnya : news.xcoid.com, JAKARTA Penyakit thalasemia kini menjadi ancaman bagi kehidupan masyarakat di Iindonesia lantaran jumlah penderitanya terus bertambah akibat kurangnya information dan pemahaman warga tentang penyakit generatif ini. Penyakit ini diturunkan ke anak dari orangtua, pria & wanita penderita thalasemia lalu melakukan pernikahan.

Mereka yang menderita penyakit ini produktivitasnya menjadi menurun & terus menerus mesti menjalani transfusi darah yang menghabiskan banyak biaya.

Saat ini diperkirakan terdapat 9.000 penderita thalasemia dngn sekitar 40 persen diantaranya berada di Jawa Barat.

Menyikapi perlunya menyebarluaskan bahaya penyakit thalasemia, dealer Astra Daihatsu Pondok Pinang, Jakarta Selatan, menggelar kegiatan sosialisasi pencegahan penyakit thalasemia ke-pada sekitar 80-an siswa skolah menengah kejuruan (SMK) kelas 12 di SMK YP Mulia di Kompleks Perhubungan, Tanah Kusir, Jakarta Selatan.



Kegiatan sosialisasi & edukasi penyakit thalasemia yang diselenggarakan Dealer Astra Daihatsu Pondok Pinang ke siswa kelas 12 di SMK YP Mulia, Kompleks Perhubungan, Tanah Kusir, Jkrta Selatan, Kamis (13/9/2018).

Erni Cahyawati, Area Administrasi Koordinator DKI 1 Astra International Daihatsu Sales Operation mengatakan, kegiatan edukasi pencegahan thalasemia ini menjadi bagian dari kegiatan corporate social responsiblity (CSR) Astra Daihatsu Pondok Pinang.

Dealer Astra Daihatsu Pondok Pinang berada di bawah Astra Daihatsu DSO DKI 1 yang mencakup wilayah Jkrta Pusat, Jkrta Barat, Jakarta Selatan, Tangerang Raya dan Serang.


"Tahun ini kita memberikan edukasi di 3 lokasi. Yang sudah dilakukan di sebuah SMK di Karawaci pada 10 September 2018 lalu. Satu kegiatan edukasi lainnya akan kita selenggarakan di Jkrta Pusat dilanjutkan dngn kegiatan screening darah gratis, & fun day, sekitar awal Oktober," ungkap Erni.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Jumat , Sepember 2018 )

Sukses hanya bagi orang yang tetap semangat meski halangan dan rintangan di depan mata.




Kegiatan sosialisasi & edukasi penyakit thalasemia yang diselenggarakan Dealer Astra Daihatsu Pondok Pinang ke siswa kelas 12 di SMK YP Mulia, Kompleks Perhubungan, Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Kamis (13/9/2018).

Erni menjelaskan, kegiatan edukasi ini mencakup pemberian wawasan ke siswa tentang penyakit thalasemia yang diturunkan secara genetik, metode penanganan dan cara mencegah.

Di masa la_lu penderita thalasemia usia 16 tahun meninggal. Kini mereka mempunyai usia lebih panjang hingga 30 tahun, bahkan _ada yang menikah setelah paham bagaimana cara menangani penyakit mematikan ini. "Kegiatan edukasi ini membantu memutus mata rantai penyebaran penyakit thalasemia. penderita thalasemia mayor dngn sesama mayor bakal menghasilkan anak yang 100 persen penderita thalasemia," jelas Erna Cahyawati.


Dia menambahkan, masyarakat yang positif menderita thalasemia mayor harus rutin menjalani cuci darah, menerima donor darah, & minum obat rutin.

"Karena itu screening darah penting sebelum lakukan pernikahan untuk mengetahui kondisi darah apakah terkena thalasemia atau tidak," ungkapnya.

"Penderita thalasemia juga tidak boleh ter-lalu capek."

Wakil Kepala Skolah SMK YP Mulia, Evi Trihandayani, menilai kegiatan edukasi ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi SMK YP Mulia.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Jumat , Sepember 2018 )

Akan tiba saatnya kita akan berhenti mencintai seseorang bukan karena seseorang itu berhenti mencintai kita melainkan kita menyadari bahwa orang itu akan lebih berbahagia apabila kita melepaskannya.

Baca: Pahala Mansury: Dicopot dari Kursi Dirut Garuda, Dipasang Jadi Direktur Keuangan Pertamina

"Karena pengetahuan tentan thalasaemia ini tidak diajarkan di sekolah.


Kita yang tidak paham jadi tahu.
Ini sosialisasi pertama kali tentang thalasaemia yang diberikan di skolah kami. Diikuti sekitar 80-an siswa," ujar Evi Trihandayani.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Jumat , Sepember 2018 )

Apa yang telah kita tabur, entah yang disengaja atau tidak, diingat atau dilupakan, sekarang atau suatu saat nanti, pasti akan kita petik hasilnya. maka, ketika kita menanamkan kebaikian, apapun bentuknya, suatu saat pasti kebaikan itu akan kembali kepada kita kita juga.

Kegiatan edukasi ini menghadirkan pembicara dari Perhimpunan Orang Tua Penderita Thalassaemia Indonesia (POPTI), Ruswandi.

Ruswandi menjelaskan, di Indonesia ada 3 lembaga yang serius menaruh perhatian pd_ penyakit thalasaemia. Yakni, Perhimpunan Orangtua Thalasaemia Indonesia, Yayasan Thalasaemia Indonesia, & Perhimpunan Penyandang Thalasaemia. Ruswandi memaparkan, thalasaemia merupakan penyakit kelainan darah yang terkena sejak masa kanak-kanak, bukan jenis penyakit menular, namun karena faktor keturunan yang diturunkan oleh kedua orangtuanya (faktor genetik).

"Penyakit ini dpat dicegah," kata dia.

Ada tiga macam thalasaemia.


Yakni thalasaemia minor/trait atau carrier, tubuhnya sehat, tetapi jadi pembawa penyakit ini sejak lahir. Thalasaemia intermediate atau anemia minor yang hanya membutuhkan transfusi darah dua smpai tiga kali dalam setahun. Ketiga, thalasaemia mayor, yang membuat penderitanya harus jalani transfusi darah seumur hidup setiap bulan. "Thalasemia jenis ini memerlukan biaya yang tidak sedikit, sangat mahal.

Biaya berobat per anak bisa mencapai Rp 10 juta per bulan. Jadi kalau dalam keluarga _ada anak penderita thalasaemia mayor, sangat memberatkan ekonomic keluarga," ujar Ruswandi yang sejak 20 tahun lalu merawat anaknya yang positif menderita thalasemia.

Semoga info/tips/berita yang kami sampaikan dapat memperkaya wawasan anda ( news.xcoid.com berita Jumat /Sepember /2018 )

Sumber: www*tribunnews*com/kesehatan/2018/09/14/astra+daihatsu+dso+dki+1+gelar+sosialisasi+thalasemia+ke+siswa+smk+di+jakarta+selatan
Share Berita