Konsumsi Ikan Mati Yang Diperoleh Di Sungai Menggala, Masyarakat Alami Gatal, Mual & Sakit Perut
Info berita di bulan Sepember , menginformasikan berita tentang "Konsumsi Ikan Mati Yang Diperoleh Di Sungai Menggala, Masyarakat Alami Gatal, Mual & Sakit Perut-#nobhjh", selanjutanya :

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnaen

news, LAMPUNG Ratusan ekor ikan di sejumlah sungai kecil di wilayah Menggala, Tulangbawang mati mendadak. Di antaranya, Sungai Kali Miring Kampung Bujung Tenuk & Kampung Tua, Kelurahan Menggala Selatan, Kecamatan Menggala.


Kematian ikan air tawar itu diduga akibat limbah perusahaan tapioka PT Budi Starch & Sweetener Tbk, Divisi Tapioka Way Abung, Gunung Batin, Lampung Tengah, yang dibuang ke sungai. Seman (43), masyarakat Tiuh Tohou, mengatakan, ratusan ikan ditemukan mati mendadak sejak empat hari lalu saat hujan deras mengguyur wilayah Menggala & sekitarnya.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Jumat , Sepember 2018 )

cermin akan memantulkan apa yang ada di hadapannya, demikian juga hasil perbuatan kita, baik atau buruk itulah yang akan kita terima.

"Empat hari la_lu kampung kami diguyur hujan lebat.

Nah, sesudah hujan reda, warga melihat ikan pada mabuk. Seketika warga yang mengetahui hal itu berduyun-duyun utk mengambil ikan di sungai," kata Seman, Juumat (14/9).

Baca: Ribuan Ikan Mati Akibat Paparan Gelombang Panas Ekstrem di California

Usai mengonsumsi ikan tersebut, keesokan harinya warga mengalami gatal-gatal di sekujur tubuh disertai rasa mual dan sakit perut. "Belum pernah seperti ini sebelumnya. Kurang lebih hampir seluruh masyarakat yang mengambil ikan di sungai saat itu mengalami gatal-gatal dan keluar bercak merah di tubuh mereka," papar Seman.


Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Jumat , Sepember 2018 )

Segala memiliki awal pasti memiliki akhir.

Ia menduga aliran air sungai telah tercemar limbah.

Antori, kepala Kampung Tiuh Tohou, membenarkannya.

"Saya juga sudah mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada ratusan ikan mati di sungai. Jikalau untuk penyebabnya, saya juga kurang mengetahui.


Tapi, jikalau keterangan dari masyarakat akibat limbah dari perusahaan Bumi Waras yang berada tepat di hulu," kata Antori. Selain merusak ekosistem biota air tawar, pencemaran air sungai itu mengancam mata pencarian masyarakat sebagai nelayan.

Bowo, staf personalia PT Budi Starch dan Sweetener, mengakui telah mendengar information banyaknya ikan yang mati di hilir sungai.

Baca: Bandar Narkoba Ini Dulunya merupakan Mantan Begal Lampung Utara

Bowo mengaku, pihaknya sudah memerintahkan timnya utk mengecek tempat radius 500 meter dari titik penampungan limbah. "Mungkin itu (pencemaran) di luar pengelolaan limbah.


Tapi kami akan berkoordinasi dngn kantor pusat utk menyikapi keluhan masyarakat terkait pencemaran ini," kata Bowo.

"Nanti kami akan bentuk tim guna memastikan apa penyebab matinya ikan di hulu sungai," tandasnya.

Sekian info yang kami sampaikan mengenai Konsumsi Ikan Mati Yang Diperoleh Di Sungai Menggala, Masyarakat Alami Gatal, Mual & Sakit Perut-#nobhjh, berita diambil dari berbagai media online lain.. terimakasih

Sumber: www*tribunnews*com/regional/2018/09/14/konsumsi+ikan+mati+yang+diperoleh+di+sungai+menggala+warga+alami+gatal+mual+dan+sakit+perut
Share Berita