KPU Optimistis Data Ganda Bersih Sebelum Rapat Pleno Perbaikan DPT
Info selanjutnya mengenai "KPU Optimistis Data Ganda Bersih Sebelum Rapat Pleno Perbaikan DPT-#rihkcr" selengkapnya :

Laporan Wartawan news.xcoid.com, Glery Lazuardi

news.xcoid.com, JKRTA Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar rapat pleno penetapan rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT) hasil perbaikan tingkat nasional pd_ 16 September 2018 mendatang.

Komisioner KPU RI, Viryan Aziz, merasa optimistis data pemilih ganda bisa bersih sebelum rapat pleno itu.

Baca: Usulan Debat Capres Pakai Bahasa Inggris Diprotes Iwan Fals: Jgn Dong, Saya Gak Ngerti

"Target kami smpai 16 September nanti DPT bisa bersih dari data pemilih ganda," tutur Viryan, ke-pada wartawan, Kamis (13/9/2018).


Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Jumat , Sepember 2018 )

Dengan keyakinan kita dapat memindahkan gunung, akan tapi tanpa persiapan kita dapat tersandung oleh kerikil.

Dia menilai, data pemilih ganda berbahaya utk pemilu 2019. Sebab, data itu bisa disalahgunakan _oleh pihak-pihak ngga bertanggung jawab. Bahkan, dia menyatakan data ganda bisa mengubah hasil Pileg & Pilpres 2019. Untuk itu, kata dia, orang yg bertugas KPU di lapangan, keterlibatan aktif Bawaslu & partai politic serta masyarakat, dpat membuat upaya pembersihan DPT berjalan optimal. Pihaknya bekerja secara terbuka, akuntabel dan partisipatif dalam menyusun & membersihkan data-data pemilih ganda ini.

"Kami berhati-hati dalam pembersihan data pemilih ganda ini sehingga bisa terverifikasi dengan benar," kata dia. Selama proses penyisiran data pemilih ganda, ia menjelaskan, KPU melakukan dua hal. Pertama, dilakukan pencermatan dengan Bawaslu & partai politic untuk memastikan _ada tidaknya data ganda identik di mana sembilan elemennya sama, yakni nama, NIK, NKK (Nomor Kartu Keluarga), tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, status perkawinan, jenis disabilitas dan alamat. Berdasarkan data itu, pihaknya mencocokkan bersama sembilan elemen.

Lalu, bisa berkurang menjdi tujuh elemen. Nanti, jika terdapat sejumlah data yang diragukan ganda atau tidak, dilakukan verifikasi di lapangan. Hasil verifikasi di lapangan disampaikan ke atas & dieksekusi.

Dia mengaku penyisiran data pemilih ganda yang dilakukan KPU, Bawaslu dan parpol menggunakan metode berbeda. Namun, data yang dijadikan sumber rujukan tetap sama, yakni DPT nasional dari 34 provinsi sebanyak 185.732.093 orang.


"Intinya, hasil penyisiran atau analisis data ganda dilaporkan saja kepada jajaran kami di daerah. Nanti, bakal langsung diperbaiki & diverifikasi," ujarnya. Saat ini, sejumlah daerah sdng melakukan penetapan DPT kembali, sesudah menyelesaikan pencermatan bersama terkait dugaan data ganda dngn Bawaslu & parpol peserta pemilu. Dia menambahkan, sudah ada beberapa kabupaten/kota yang melakukan penetapan.

Apabila belum selesai dimungkinkan diselesaikan dulu proses olah datanya di sistem informasi data pemilih (sidalih).
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Jumat , Sepember 2018 )

Jangan pernah berputus ada jika menghadapi kesulitan, karena setiap tetes air hujan yang jernih berasal daripada awan yang gelap.

"Sehingga, yang belum selesai saat ini bisa diselesaikan besok," tambahnya. Berdasarkan kalkulasi terakhir, dia menambahkan, data ganda berada di bawah dua persen.

Dia mengharapkan data ganda bisa smpai nol persen atau sama sekali tak ada data yang ganda. Demikian informasi mengenai "KPU Optimistis Data Ganda Bersih Sebelum Rapat Pleno Perbaikan DPT-#rihkcr", info kata kunci berita ini (Jumat /Sepember ) : ( kpu,optimistis,data,ganda,bersih,sebelum,rapat,pleno,perbaikan,dpt, pemilih, bawaslu, melakukan, lapangan, penyisiran )

Sumber: www*tribunnews*com/nasional/2018/09/14/kpu+optimistis+data+ganda+bersih+sebelum+rapat+pleno+perbaikan+dpt
Share Berita