Lakukan Cek Darah Di Lab, Hindari Menikah Dngn Penyandang Thalasemia Mayor
Info-info hari Jumat , seputar "Lakukan Cek Darah Di Lab, Hindari Menikah Dngn Penyandang Thalasemia Mayor-#l2uu9k", news.xcoid.com, JKRTA dealer Astra Daihatsu Pondok Pinang, Jakarta Selatan, menggelar kegiatan sosialisasi pencegahan penyakit thalasemia ke-pada sekitar 80-an siswa skolah menengah kejuruan (SMK) kelas 12 di SMK YP Mulia di Kompleks Perhubungan, Tanah Kusir, Jkrta Selatan. Erni Cahyawati, Area Administrasi Koordinator DKI 1 Astra International Daihatsu Sales Operation mengatakan, kegiatan ini ialah bagian dari program corporate social responsiblity (CSR) dealer Astra Daihatsu Pondok Pinang yang tahun ini bakal diselenggarakan edukasi mengenai thalasemia di tiga SMK berbeda.

Pembicara dari Perhimpunan Org Tua Penderita Thalassaemia Iindonesia (POPTI), Ruswandi, yang tampil di acara ini mengatakan, thalasaemia merupakan penyakit kelainan darah yang terkena sejak masa kanak-kanak, bkn jenis penyakit menular, tapi karena faktor keturunan yang diturunkan oleh kedua orangtuanya (faktor genetik). "Penyakit ini dpat dicegah," kata Ruswandi.

Pada penderita thalasemia, mereka amat bergantung pd_ transfusi darah se_cara berkala sebab produksi sel darah merahnya di tubuh terganggu, kalah oleh pertumbuhan sel darah putih.

Baca: Pengalaman Ustaz Felix Siauw Jadi Korban Persekusi Sesaat Berdakwah di Bangil, Pasuruan

Pada manusia normal produksi sel datah merah terjadi setiap 100 hari sekali. "Karena 100 hari sekali sel darah merah kita pecah," jelas Russwandi.


Pada anak thalasaemia mayor, produksi sel darah merah tidak berlangsung bagus. Sebab sel darah merah yang dihasilkan menurut kaca mata kedokteran, pecah sebelum waktunya. Thalasaemia bkn kanker darah.



Dari sekitar 9.000 penderita thalasemia di Indonesia saat ini, sekitar 40,8 persen diantaranya berada di Jawa Barat.

Struktur sel darah merah pada penderita thalasaemia bisa dilakukan melalui transplantasi sel tulang belakang, dngn biaya amat mahal mencapai Rp 1-2 miliar, dan belum tentu berhasil, & belum bisa dilakukan di Indonesia.


Pernikahan pd_ orang tua pembawa sifat tahalasaemia dengan pria normal, anaknya bakal 50 persen normal dan 50 persen pembawa sifat. Seperti membeli lotere, bakal menjadi pembawa sifat thalasemia atau tidak saat anaknya lahir.

"Jika terjadi pernikahan antara dua orang tua pembawa sifat thalasemia, oleh sebab itu anak yang lahir 25 persen normal, 50 persen pembawa sifat & 25 persen penderita thalasemia mayor," ungkap Ruswanti.

Mencegah terjadinya penderita thalasemia mayor bisa dilakukan secara bersama-sama untuk mencegah pertumbuhan penyakit ini.

Bagaiman caranya?

"Jangan menikah antar pembawa sifat thalasemia, periksa janin jika pernikahan antar pembawa sifat thalasemia terlanjur menikah," ungkap Ruswandi.


Periksakan kondisi janin bayu sesaat baru berusia dua bulan.

Penyakit thalasemia diturunkan dari orangtua penderita thalasemia, bisa slh satunya pembawa sifat maupun kedua-duanya.

"Jika hasil pemeriksaan janin mengandung thalasemia.mayor, dokter bakal rekomendasikan stop, tidak dilanjutkan atau dilakukan penghentian kehamilan. Masalahnya, penghentian kehamilan di Iindonesia tidak mudah, sebab pro & kontra di Indonesia berkait dngn etika & ajaran agama," ujar Ruswandi. Bagi anak penderita thalasemia, ibunya sebagai orang tua akan terus menerus menjalani ujian berat. "Secara berkala harus antarkan anak ke rumah sakit utk berobat," Ruswandi mencontohkan.


Ia mennyebutkan, POPTI hari ini memiliki 50 cabang di seluruh Indonesia. "Penderita thalasemia dibiayai _oleh BPJS Kesehatan, jikalau tidak _ada BPJS Kesehatan, sudah innalilahi," ungkapnya.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Jumat , Sepember 2018 )

Kehidupan akan membawa seseorang pada jalan yang dipilihnya. Pilihan yang tepat takkan pernah mendatangkan penyesalan.

Sejak BPJS Kesehatan berdiri smpai sekarang, jumlah pasien seluruh Iindonesia mencapai sekitar 9000 orang dan di peringkat kelima yang habiskan dana BPJS Kesehatan.


"Ini baru 9000 penderita, bagaimana jika penderitanya smpai 100.000 pasien BPJS Kesehatan bisa bangkrut," tandas Ruswandi.

Dia menyebutkan, banyaknya cabang POPTI membantu _para penderita thalasemia, termasuk mencari pekerjaan. Bagi penderita yang masih anak sekolah, setiap bulan harus 3 hari bolos krn harus jalani transfusi darah. Kebutuhan darah buat 9000 penderita thalasemia di Indonesai mencapai 2 juta cc. Utk mendapatkan per kantong darah, mereka mesti menyiapkan dana Rp 200.000.


"Nggak _ada cara mengatasi thalasemia ini kecuali dngn melakukan pencegahan, dngn screening darah kita," sebut Ruswandi.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Jumat , Sepember 2018 )

Menyandari kekurangan diri lebih baik, daripada mengada-ngadakan apa yang tidak di miliki.

Dia menambahkan, pembawa sifat thalasemia di Indonesia mencapai sekitar 6-9 persen dari total penduduk di Indonesia. Karena itu, sesaat menikah pastikan calon pasangan kita bukan pembawa sifat thalasemia.

Hal itu bisa ditanyakan saat melakukan PDKT dengan calon pasangan. Hindari pernikahan antr pembawa sifat thalasemia dngn pembawa sifat thalasemia. Lakukan cek darah di laboratorium. Pernikahan antar dua orang pembawa sifat thalasemia ngga boleh krn akan membuat anak yang lahir 100 persen penderita thalasemia mayor.

"Saya bisa mengatakan ini karena saya mengalami sendiri.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Jumat , Sepember 2018 )

Anda akan menjadi orang yang tersisihkan jika tidak siap menghadapi perubahan.

Selama 20 thn saya mengurusi anak aku yang menderita thalasemia," beber Ruswandi. Untuk memutus mata rantai thalasemia, harus dilakukan screening darah sesaat anak lulus SMP mau masuk SMA dan saat SMA akan kulliah.

Komplikasi thalasemia mayor akibat penumpukan zat besi: gangguan jantung, paru paru, limpa. Warna kulit jadi kehitaman dan tulang keropos.

Dibantu sharing beritanya ya teman-teman news.xcoid.com, Terima kasih semuanya..

Sumber: www*tribunnews*com/kesehatan/2018/09/14/lakukan+cek+darah+di+lab+hindari+menikah+dengan+penyandang+thalasemia+mayor
Share Berita