Proyektor Interaktif Epson Bikin Siswa Makin Semangat Belajar Di Kelas
Berita dan info lengkap di bulan Sepember tentang "Proyektor Interaktif Epson Bikin Siswa Makin Semangat Belajar Di Kelas-#rfn0eb" :

Seminar Tech Inspired Educations yang digelar _oleh Epson Indonesia di Jakarta, Kaamis (13/9/2018)news.xcoid.com, Jkrta Epson Indonesia berkolaborasi dngn Websis for Edu menggagas program smart classroom atau ruang kelas cerdas. Kelas ini menggunakan perangkat teknologi serta dukungan intrnet untuk membuat kegiatan belajar mengajar lebih menyenangkan bagi siswa sekaligus mengikuti perkembangan zaman.

Epson dalam hal ini turut menghadirkan product yang mendukung kegiatan belajar mengajar di kelas cerdas melalui produknya proyektor interaktif.

Diungkapkan _oleh Head of Product Marketing Visual Instrument Department PT Epson Indonesia, Zanipar Siadari, sejak awal dunia pendidikan ialah salah satu fokus bagi Epson. "Epson berkomitmen pada dunia pendidikan dngn mengintegrasikan teknologi sebagai alat bantu utama dalam kegiatan belajar mengajar," kata Zanipar. Dia mengatakan, dengan beragam product proyektor, printer multifungsi, pemindai dokumen, Epson berharap untuk terus berkontribusi dalam mewujudkan pendidikan abad 21 di tengah perkembangan zaman ini.


"Pendidikan berevolusi, dari yang tadinya kebutuhan proyektor diletakkan pd_ jarak tiga meter dan untuk gambar di kelas, kini berkembang sebab kegiatan belajar butuh perangkat yang interaktif dan kolaboratif. Oleh karenanya dibuat produk yang khusus untuk edukasi," katanya saat ditemui usai seminar Tech-Inspired Education di Jakarta, Kaamis (13/9/2018).

1 dari 4 halamanInovasi di Bidang Pendidikan

Head of Produk Marketing Visual Instrument Department PT Epson Iindonesia Zanipar Siadari mempresentasikan mengenai proyektor interaktif Epson (news.xcoid.com/ Agustin Setyo W)

Sebenarnya, proyektor interaktif Epson mulai hadir di pasaran sejak 2011, namun perusahaan Jepang ini terus melakukan inovasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan pengguna di sektor edukasi. "Pada saat kami bawa satu produk, kami buat lagi dan evaluasi di market, usai sesuai kebutuhan atau belum. Jikalau kurang, kami keluarkan lagi produk baru lagi & mendapat dpat feedback.


Kebetulan yang terakhir, ialah yang paling canggih & sesuai dngn keinginan sekolah-sekolah," katanya. Sekadar diketahui, menurut Zanipar, sudah cukup banyak proyektor interaktif Epson yang digunakan di sekolah. "Ada sebuah sekolah di Tangerang awalnya membeli 20, sesudah tahun kedua beli lagi 20, jadi total 40 unit proyektor interaktif. _ada juga yang membeli satu atau dua kemudian di-review apakah usai sesuai," katanya.

Sejauh ini pada tahun 2017, sudah ada 500-600 unit proyektor interaktif di sektor pendidikan yang terjual.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Jumat , Sepember 2018 )

Kenangan tetap ada tapi jangan terfokus disana. Hidup lo bukan untuk kenangan tapi buat masa depan. Tetap semangat!.

Lantaran pendidikan makin berkembang, Zanipar menargetkan bisa menjual 700-800 unit proyektor interaktif di thn ini. Harga proyektor inipun beragam sesuai tipenya.

"Untuk perangkat dengan fitur paling lengkap dan spesifikasi paling tinggi dibanderol Rp 56 jutaan, sementara untuk proyektor interaktif dngn fitur lebih umum dibanderol Rp 25 jutaan," tuturnya. Uniknya, model yang paling banyak diinginkan konsumen adalah yang mempunyai fitur paling lengkap. Namun semuanya disesuaikan lagi dngn kebutuhan dan biaya yang dimiliki sekolah. "Sebenarnya kita melihat apa yang dibutuhkan _oleh penggunanya, itu yang kita hadirkan.

Jadi kita nggak hanya jual barang, tetapi sampai barang bisa digunakan dan sampai kami dpat feedback seper_ti sebelumnya," katanya.

2 dari 4 halamanBisa Dipakai Mulai dari Sekolah TK

Proyektor Interaktif Epson (news.xcoid.com/ Agustin Setyo W)

Uniknya, penggunaan teknologi dalam kelas tak hanya bisa dilakukan pada siswa sekolah menengah. Start dari TK, siswa SD kelas 1 hingga 3, semuanya bisa menggunakan proyektor interaktif ini. " Seluruh peserta didik bisa pakai, kelas 1-3 bisa, bahkan siswa TK di Jakarta juga usai memakainya. Hal ini karena siswa cepat mengadopsi teknologi, kemampuan kognitifnya bagus jadi sesaat disodorin teknologi baru, siswa coba-coba, guru tinggal mengarahkan," tuturnya.


Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Jumat , Sepember 2018 )

Kenangan tetap ada tapi jangan terfokus disana. Hidup lo bukan untuk kenangan tapi buat masa depan. Tetap semangat!.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Jumat , Sepember 2018 )

Jangan berjalan dimuka bumi dengan penuh kesombongan dan congkak karena sebentar lagi engkau akan masuk kedalam bumi juga.

Aplikasi proyektor interaktif salah satunya dilakukan _oleh siswa siswi SD Muhammadiyah 5 Jakarta. "Saat proses belajar mengajar di kelas menggunakan proyektor interaktif, siswa cenderung lebih antusias, aktif, dan kolaboratif," kata Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 5 Taufik Noor Wibowo.

Bahkan menurut Zanipar, sesaat evaluasi penggunaan proyektor interaktif tersebut, siswa yang merasa usai nyaman menggunakan proyektor ini protes saat proyektor bakal dipindahkan ke kelas lain. "Secara fisik, proyektor interaktif ini besar ukurannya, sehingga idealnya satu unit per kelas.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Jumat , Sepember 2018 )

Segala memiliki awal pasti memiliki akhir.

Bukan karena nggak bisa dipindah, tapi begitu dipindah ke kelas lain, siswa protes krn belajarnya usai enak, mau lagi pakai proyektor interaktif," katanya.

3 dari 4 halamanBelajar Kolaboratif

Epson Anniversary 15 Thn di Hotel Ritz-Carlton, Bali (news.xcoid.com/Jeko Iqbal Reza)

Sekadar diketahui, perangkat proyektor interaktif Epson menawarkan pengalaman belajar mengajar dngn berbagai fitur lebih akraktif.


Misalnya saja siswa & guru bisa mepresentasikan pelajaran tanpa sambungan kabel. Selain itu, proyektor interaktif ini memungkinkan tampilan bbrp layar perangkat sekaligus. Kemampuan anotasi tanpa komputer serta berbagi whiteboard ke 15 perangkat mobile secara bersamaan. Dengan begitu, partisipasi para murid pun bisa lebih luas.

Dalam demo yang dilakukan Kepsek SD Muhammadiyah 5 Taufik Noor Wibowo, dirinya menggunakan proyektor interaktif ini untuk pelajaran matematika pada siswa. Siswa bisa belajar penjumlahan & mencoret-coret papan tulis dngn pen maupun jarinya. Selain itu, kolaborasi bisa dilakukan dengan perangkat lainnya yang dimiliki _oleh siswa. "Hasilnya itupun bisa disimpan, dicetak, setelah dibagikan ke orangtua, biasanya anak senang menunjukkan pekerjaannya di kelas kepada orangtuanya.

Kemudian, layar juga bisa diklik atau di-swipe dengan sapuan jari (seperti tablet)," tutur Taufik. Pengoperasiannya pun menurut Taufik sangatlah mudah. Para guru bisa belajar menggunakan proyektor interaktif hanya dalam satu atau dua hari. Sementara anak-anak bisa lebih cepat mencoba-coba dan membiasakan diri dalam memakainya.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


'
Apple akhirnya resmi mengumumkan ketiga iPhone generasi terbarunya, iPhone XS, iPhone XS Max, & iPhone XR.

Sekian info yang kami sampaikan mengenai Proyektor Interaktif Epson Bikin Siswa Makin Semangat Belajar Di Kelas-#rfn0eb, berita diambil dari berbagai media online lain.. terimakasih

Sumber: s://www*liputan6*com/tekno/read/3643321/proyektor+interaktif+epson+bikin+siswa+makin+semangat+belajar+di+kelas
Share Berita