Cara Membuat Cimol Supaya Tidak Meletus Sesaat Digoreng, Rasanya Enak Pol
Perkembangan teknologi online , menjadikan informasi didapat dengan akurat dan cepat, ayuk baca info lengkap mengenai "Cara Membuat Cimol Supaya Tidak Meletus Sesaat Digoreng, Rasanya Enak Pol-#mckwx6 ( hari Sabtu , Oktober )" :

Ilustrasi Cimol (Sumber:merdeka)news.xcoid.com, Jakarta Bandung memang dikenal sebagai surga jajanan. Sebagian besar camilan dan makanan yang berasal dari kot'a ini sunggulah lezat sehingga sulit utk dilupakan.

Begitu pula dengan cimol Bandung. Cimol ialah makanan ringan yang dibuat dari tepung kanji. Cimol berasal dari kata (Bahasa Sunda aci digemol) yang artinya tepung kanji dibuat bulat-bulat. Cimol yang terbuat dari aci atau kanji ini sebenarnya ialah jajanan sederhana.

Tetapi karena sensasi dimakannya yang seru, maka cimol pny penggemar tersendiri. Apalagi kalau cimol dimakan dengan saus kacang, digoreng dengan telur, hingga ditaburi dngn bumbu bubuk. Untuk memuaskan hasrat utk makan cimol, kamu sebenarnya ngga perlu jauh-jauh pergi ke Bandung. Sebab kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah.

Jajanan buatan rumah ini tentu saja pula aman untuk dikonsumsi setiap hari sebab kamu bisa menggunakan bahan pilihan. Salah satu hal yang paling ditakuti atau paling tak mengenakkan saat menggoreng cimol merupakan minyaknya yang meletus atau meletup. Rasanya jelas tidak nyaman sekali kalau kulit melepuh kena cipratan minyak panas. Selain cimol, ternyata menggoreng cireng atau camilan berbahan kanji lainnya bernasib sama.

Sesaat digoreng, biasanya bakal membuat minyak meletus dan menciprat ke kulit kita. Jikalau seperti ini jadinya malah malas untuk lanjut menggoreng. Dirangkum news.xcoid.com dari berbagai sumer Sabtu (20/10/2018), ada tips yang bisa kita coba utk mengatasi masalah ini. Jadi nggak khawatir kulit terciprat minyak panas nih.

2 dari 4 halamanTahap-Tahapnya

Cara Pertama

Panaskan dulu minyak di wajan.


Setelah panas, kecilkan api (gunakan api sedang). Baru setelah itu, masukkan cimol yang akan digoreng.

Cara Kedua

Siapkan wajan besar, tuang minyak goreng yang masih dingin, masukkan cimol yang akan digoreng. Baru, setelah itu nyalakan api.


Kemudian, masak dan goreng sehingga matang.

Cara Ketiga

Panaskan minyak di wajan. Sementara itu, celupkan dulu cimol yang akan digoreng ke minyak dingin. Ketika minyak di wajan sudah panas, masukkan cireng yang sudah dilumuri dengan minyak dingin tadi.


Lalu goreng hingga matang. Nah usai tahu kan cara menggoreng cimol supaya tidak meletus? Yuk buat cimol yang enak dan sederhana di rumah, berikut resepnya yang dikutip dari Cookpad.

3 dari 4 halamanBahan-bahan:

- 1/4 kg tepung tapioka

- 1 bh bawang putih cincang

- 1 bh bawang daun

- 1/2 bks masako ayam

- 1/2 sdm lada bubuk

- 1/2 gelas air mendidih

-1 sdm tepung terigu

- Minyak utk menggoreng

4 dari 4 halamanCara membuatnya:

1. Masukan tepung tapioka, tepung terigu, bwg pth, lada, masako, daun bawang. 2. Tambahkan air medidih sekedar demi sedikit aduk smpe adonan kalis.


3. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil. 4. Siapkan penggorengan & minyak yang masih dingin. 5. Masukkan adonan cimol ke dalam minyak dingin dalam penggorengan. 6. Sesudah itu baru nyalakan kompor dengan api kecil.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Sabtu , Oktober 2018 )

Perbuatan buruk ini hanya dilakukan oleh dirimu, bukan oleh orang tua-mu, teman-mu atau saudara-mu. oleh karena itu dirimu sendirilah yang akan menuai hasil yang menyakitkan.

7. Lalu aduk-aduk terus supaya cimol tak meletus sehingga masak dan mengembang.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Sabtu , Oktober 2018 )

Semua yang kita capai adalah hasil dari apa yang kita pikir.

Setelah masak, sajikan dngn menambahkan kaldu jamur, garam, bon cabe atau bumbu-bumbu rasa lainnya.


Dibantu sharing beritanya ya teman-teman news.xcoid.com, Terima kasih semuanya..

Sumber: s://www*liputan6*com/lifestyle/read/3671764/cara+membuat+cimol+agar+tidak+meletus+saat+digoreng+rasanya+enak+pol
Share Berita