LBH Jakarta Temukan Kejanggalan Dalam Praktik Bunga Aplikasi Pinjaman Online
Hari Rabu , menginformasikan mengenai "LBH Jakarta Temukan Kejanggalan Dalam Praktik Bunga Aplikasi Pinjaman Online-#y4b1of" :

Laporan Wartawan news.xcoid.com, Reza Deni

news.xcoid.com, JAKARTA Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta menilai sejumlah aplikasi pinjaman online (pinjol) atau fintech yang dilaporkan _para peminjam memiliki kejanggalan dalam hal bunga & administrasi.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Rabu , November 2018 )

jangan pernah berpikir untuk menyerah,karena jika kamu mau berusaha, Tuhan pasti membantu melewatinya.


"Bunganya itu tak jelas, saya harua bilang begitu," ujar pengacara publik LBH, Jeanny Silvia Sari Sirait di Gedung LBH Jakarta, Cikini, Jkrta Pusat, Rabu_ (7/11/2018). Dari sekira 300 aplikasi pinjol di Appstore atau Play Store, Jeanny men-tracking ada beberapa aplikasi pinjol yang bunganya bermacam-macam, _ada yang 12 persen sehingga 20 persen. Akan tetapi, dilanjutkan Jeanny, pada praktiknya itu adalah dua hal yang berbeda, karena penggunaan unga tsb tersebut terkadang ada yang tidak sesuai dengan perkiraan dari peminjam.

"Semisal, bunga 12 persen dari pinjaman sebesar Rp1 juta dngn tenor 14 hari, Nah ini kan bayarnya sekitar Rp1.120.000, namun kalau semisal ketika telat, itu ada aplikasi pinjol yang bunganya ditambahkan dari total bunga itu, bkn dari pinjaman pokok, terus belum lagi denda & segala macan" ujarnya.

Baca: LBH Ujar Korban Pinjaman Online Didominasi Perempuan

Namun, pengacara publik LBH Jakarta, Jeanny Silvia Sari Sirait, tak bisa menyebutkan nama-nama aplikasi pinjol tersebut.


Selain itu, Jeanny melanjutkan, dalam hal administrasi aplikasi pinjol bermasalah tersebut, kejanggalan pula ditemukan.

"Enggak pernah ditentukan biaya administrasinya berapa," ujarnya

Jeanny melanjutkan, _ada satu aplikasi yang menerapkan biaya administrasi sebesar Rp200 ribu per jangka waktu tenor minimal.

"Bahkan _ada satu aplikasi yang menerapkan hampir Rp1 juta," tambahnya

Kembali ngga bisa menyebutkan nama aplikasi pinjol tersebut, Jeamny mengatakan aplikasi pinjol itu tenornya 21 hari dngn pinjaman maksimal Rp3,6 juta. "Ketika kita pinjam Rp3,6 juta misalnya, itu yang kita terima tak segitu, krn sudah terpotong biaya administrasi yang hampir Rp1 juta," kata Jeanny.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Rabu , November 2018 )

Kenangan tetap ada tapi jangan terfokus disana. Hidup lo bukan untuk kenangan tapi buat masa depan. Tetap semangat!.


Namun, meski begitu, kata Jeanny, peminjam tetap dibebankan dengan biaya yang harus dikembalikan besarannya yang tertera di awal mula.

"Belum lagi dendanya dan segala macam lainnya, & itu yang menurut kami sangat parah," pungkasnya

Seperi diketahui, LBH pd_ Rabu (7/11/2018) pukul 12.00 WIB sudah mencatat sebanyak 300 pengaduan dari para peminjam aplikasi pinjol bermasalah. Angka tersebut merupakan angka sata pos pengaduan dibuka pd_ Minggu (4/11/2018).

Ketika pos pengaduan belum dibuka, LBH sudah menampung 283 pengaduan terkait hal serupa.


Sekian info yang kami sampaikan mengenai LBH Jakarta Temukan Kejanggalan Dalam Praktik Bunga Aplikasi Pinjaman Online-#y4b1of, berita diambil dari berbagai media online lain.. terimakasih

Sumber: www*tribunnews*com/bisnis/2018/11/07/lbh+jakarta+temukan+kejanggalan+dalam+praktik+bunga+aplikasi+pinjaman+online
Share Berita