Tanggapan Kemendagri Soal Pengunduran Diri Bupati Indramayu Anna Sophanah
Hari Rabu ,2018 berita diinfokan mengenai "Tanggapan Kemendagri Soal Pengunduran Diri Bupati Indramayu Anna Sophanah-#rbkyqg" : news.xcoid.com Tanggapan Kemendagri soal pengunduran diri Bupati Indramayu. Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri) Bahtiar mengatakan, Kemendagri msh menunggu proses pengunduran diri Bupati Indramayu Anna Sophanah di tingkat DPRD.

Bahtiar menjelaskan, proses administrasi pengunduran diri kepala daerah usai diatur Undang-Undang Pemerintah Daerah. Alur mekanismenya, kata dia, surat pengunduran diri bupati diserahkan ke DPRD.
Berikutnya, Pimpinan DPRD bakal mengadakan rapat paripurna terkait pengunduran diri tersebut.

Baca: Bupati Indramayu Mengajukan Pengunduran Diri Alasannya Ingin Merawat Ayahnya yang Sakit

Itu sesuai dengan Pasal 79 UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.
Namun, Bahtiar mengatakan, rapat paripurna hanya untuk mengumumkan soal mundurnya seorang kepala daerah.


"DPRD nanti buat sidang tapi bukan sidang pengambilan keputusan, sidang paripurna hanya mengumumkan saja," kata Bahtiar sesaat dihubungi, Selasaa (6/11/2018). "Jadi DPRD tak ada hak untuk membatasi berhenti atau ngga berhenti, namun diumumkan saja, DPRD kan representasi masyarakat," lanjutnya. Nantinya, untuk level bupati & wali kota, hasil rapat tersebut diajukan kepada menteri dalam negeri melalui gubernur. Setelah itu, mendagri menerbitkan surat pengesahan pemberhentian dngn hormat atas permintaan sendiri kepala daerah tersebut.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Rabu , November 2018 )

Kau bisa bersembunyi dari kesalahanmu, tapi tidak dari penyesalan. Kau bisa bermain dengan dramamu, tapi tidak dengan karmamu.

Namun, Bahtiar belum bisa memastikan apakah surat pengunduran diri Anna dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai diterima Mendagri Tjahjo Kumolo atau belum.

Baca: Bupati Indramayu Ajukan Surat Pengunduran Diri Setelah Suaminya Bebas Bersyarat

"Saya sedang mencari konfirmasi ke otda (otonomi daerah) dulu, apakah suratnya usai masuk," katanya. "Memang harus dicek dulu, paripurna DPRD sudah atau belum, sesudah ke Pak Ridwan, kemudian ke sini suratnya," terang dia. Bahtiar memastikan, pengunduran diri kepala daerah tidak akan mengganggu roda pemerintahan maupun pelayanan publik.


Diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku telah menerima surat pengunduran diri Anna. Pria yang akrab disapa Emil tersebut menjelaskan, Anna undur dengan alasan ingin lebih banyak waktu bersama keluarga. "Alasannya lebih banyak alasan keluarga ya. Jadi bukan urusan kedinasan, jadi ingin lebih mengurusi keluarga di sisa waktunya yang mungkin selama ini agak terkendala karena kedinasan luar biasa," ungkapnya sesaat ditemui di acara Pameran Buku Juara di Landmark, Jalan Braga, Selasaa (6/11/2018).

Menyikapi hal itu, Emil mengatakan bakal menunggu keputusan dari Kemendagri.
"(Suratnya) Sudah terima, memang namanya orang mengundurkan diri artinya sudah merasa tak memungkinan berada di posisi itu, saya kira tunggu di-follow up. Tunggu di-forward ke Kemendagri. Harap diingat Gubernur itu bkn pengambil keputusan.

Yang ambil keputusan Kemendagri," ujar dia.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Rabu , November 2018 )

Bukan karena harta yang melimpah/apa yang dimilik, orang dihormati. kehormatan adalah penghargaan bagi orang yang telah memberikan sesuatu yang berarti bagi orang yang membutuhkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dngn judul "Bupati Indramayu Mengundurkan Diri, Ini Kata Kemendagri"

Demikiannlah berita hari Rabu mengenai ( Tanggapan Kemendagri Soal Pengunduran Diri Bupati Indramayu Anna Sophanah-#rbkyqg ), info pencarian terkait berita ini, tanggapan,kemendagri,soal,pengunduran,diri,bupati,indramayu,anna,sophanah, bahtiar, keputusan, gubernur, paripurna, mengatakan, suratnya

Sumber: www*tribunnews*com/regional/2018/11/07/tanggapan+kemendagri+soal+pengunduran+diri+bupati+indramayu+anna+sophanah
Share Berita