Kenapa Makin Banyak Anak-anak Dan Remaja Alami Hipertensi? Ini Kebiasaan Yang Jadi Penyebabnya
Hari Kamis , menginformasikan mengenai "Kenapa Makin Banyak Anak-anak Dan Remaja Alami Hipertensi? Ini Kebiasaan Yang Jadi Penyebabnya-#xpyyyi" : news.xcoid.com Hipertensi adalah satu di antr beberapa masalah kesehatan yang semakin umum terjadi pd_ anak-anak & remaja.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , November 2018 )

Ketika amarah memuncak, bersabar adalah pilihan terbaik. Marah tidak akan menyelesaikan masalah dan mengalah bukan berarti kalah.


Sebuah penelitian terbaru yang mengamati 15 ribu remaja menemukan, hampir 1 dari 5 anak mengalami hipertensi. Kenaikan jumlah anak-anak dngn hipertensi primer di Amerika Serikat diperkirakan berkorelasi dngn meningkatnya obesitas. Tidak hanya di Amerika Serikat, jumlah anak-anak dngn hipertensi di Iindonesia pun smkin meningkat.

Hal itu disampaikan lngsg oleh dr. Syarif Rohimi Sp.A(K), Dokter spesialis Anak Konsultan Jantung Anak Rumah Sakit Anak & Bunda Harapan Kita.


"Saat ini, dalam praktik sehari-hari aku sering menemukan anak anak yang hipertensi. Umur 11-12 tahun. Sebagian besar memang sebab pola makan yang tidak benar, seper_ti konsumsi garam yang berlebihan akibat sering konsumsi junk food," ujarnya, sesaat ditemui di Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita, Jkrta Selatan, Rabu (7/11). Hipertensi yang terjadi pada anak-anak sebenarnya mempunyai penyebab yang sama dengan hipertensi pada orang dewasa.

Di mana hipertensi menyebabkan perubahan struktur pembuluh darah dan jantung.

Perubahan ini dpat memengaruhi:

Pembuluh darah, tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah di seluruh tubuh, yang membuat organ lebih sulit bekerja secara efisien. Ginjal, jika pembuluh darah di ginjal rusak, mungkin berhenti membuang sisa dan cairan ekstra dari tubuh. Cairan ekstra ini dapat meningkatkan tekanan darah bahkan lebih.


Organ-organ lain, jika tidak ditangani dngn cepat oleh sebab itu hipertensi mempersulit darah utk mencapai berbagai bagian tubuh, tergolong mata dan otak, & dapat menyebabkan kebutaan dan stroke.

Hipertensi pd_ anak terbagi menjdi dua, tergantung dngn penyebabnya, yaitu:

Hipertensi primer

Kondisi ini terjadi ketika tekanan darah mengalami perubahan akibat pola hidup yang kurang baik.

Mayoritas remaja & anak-anak di atas usia 6 thn yang mengalami hipertensi mempunyai riwayat keluarga hipertensi dan atau atau kelebihan berat badan.

Hipertensi sekunder

Hipertensi sekunder disebabkan _oleh kondisi medis yang mendasarinya. Bbrp diantaranya:

- 80 persen anak-anak mempunyai beberapa jenis penyakit ginjal atau kelainan pembuluh darah
- 5 persen mempunyai gangguan endokrinologis
- 2-5 persen memiliki penyakit jantung
- Bayi prematur memiliki insiden hipertensi yang lebih tinggi.


Anak-anak yang lebih muda pd_ umumnya mengalami hipertensi sekunder dibandingkan hipertensi primer.

Namun di antr anak-anak yang berusia lebih dari 6 hingga 8 tahun, rasio antara hipertensi primer & sekunder mendekati 50:50.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , November 2018 )

Kenangan tetap ada tapi jangan terfokus disana. Hidup lo bukan untuk kenangan tapi buat masa depan. Tetap semangat!.

Tanda dan gejala hipertensi sering kali tak diketahui.

Namun secara umum tanda dan gejala hipertensi dpat dilihat dari:

- Sakit kepala
- Kehilangan penglihatan
- Penglihatan ganda
- Sakit dada
- Sakit perut
- Masalah pernapasan
- Pusing
- Gampang merasa lelah

Pada bayi dengan hipertensi tahap dua mungkin rewel, tidak makan dengan benar, atau muntah, dan kadang-kadang memiliki masalah pertumbuhan.()

- Sakit kepala
- Kehilangan penglihatan
- Penglihatan ganda
- Sakit dada
- Sakit perut
- Masalah pernapasan
- Pusing
- Gampang merasa lelah

Pada bayi dngn hipertensi tahap dua mungkin rewel, tidak makan dengan benar, atau muntah, & kadang-kadang mempunyai masalah pertumbuhan.()

Banyak info dan berita menarik, terus kunjungi news.xcoid.com, update berita mengenai ( Kenapa Makin Banyak Anak-anak Dan Remaja Alami Hipertensi? Ini Kebiasaan Yang Jadi Penyebabnya-#xpyyyi )( Kamis /November )

Sumber: www*tribunnews*com/kesehatan/2018/11/07/kenapa+makin+banyak+anak+anak+dan+remaja+alami+hipertensi+ini+kebiasaan+yang+jadi+penyebabnya
Share Berita