Posisi Yang Tepat Dan Nyaman Menyusui Bayi Baru Lahir
news.xcoid.com, 05 Desember 2018, menurut informasi mengenai berita "Posisi Yang Tepat Dan Nyaman Menyusui Bayi Baru Lahir-#lav5fa", yuk baca berita selengkapnya : news.xcoid.com Seorang ibu baru sering mengalami kebingungan saat harus menyusui bayinya. Sebab, mereka mesti mencari posisi menyusui yang tepat supaya ia & bayinya nyaman.

Bukan sekadar nyaman, ternyata posisi menyusui pun bisa berpengaruh pada kesuksesan bayi menyusui. Jikalau salah memosisikannya, bisa jadi bayi tidak ingin menyusu. Pada dasarnya, menentukan posisi menyusui yang tepat usai bisa dipelajari sejak Anda msh hamil. Jadi, ketika bayi sudah lahir, Anda tidak lagi kebingungan.

Baca: Tips Meningkatkan Produksi ASI

"Karena bila baru dipelajari sesudah bayinya sudah lahir, malah jadi panik, sebab bayi usai keburu nangis.


Nanti ibunya juga jadi baper duluan," ujar dr. Wiyarni Pambudi, Sp.A, IBCLC. Menurut Wiyarni, posisi menyusui yang paling baik merupakan posisi yang nyaman menyesuaikan kondisi masing-masing ibu & bayi. "Kalau ibu dalam kondisi fit, mungkin ia nyaman duduk, bayinya digendong nempel ke badan. Tapi, kalau pada saat malam atau ibu ingin lebih rileks, posisi berbaring sebenarnya paling disarankan," jelas Wiyarni beberapa waktu lalu.

Biasanya para ibu baru sering melihat contoh gambar-gambar posisi menyusui yang banyak beredar dan mereka jadikan contoh, sayangnya posisi yang sering ada di gambar itu kurang tepat. "Contoh banyak posisi ibu duduk terus bayinya dipangku.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Rabu , Desember 2018 )

Bukan karena harta yang melimpah/apa yang dimilik, orang dihormati. kehormatan adalah penghargaan bagi orang yang telah memberikan sesuatu yang berarti bagi orang yang membutuhkan.

Mangkunya aja usai beda.

Pose mangkunya mesti bayi menghadap ke badan ibu. Harus lurus tegak, jadi minumnya enak," kata Wiyarni. Salah satu posisi menyusui yang harus dipopulerkan ke-pada para ibu menyusui adalah laid back position atau biological nurturing, yaitu posisi ibu sambil bersandar nyaman sesaat menyusui bayi. "Ibu menyusui sambil posisinya rebahan, namun tidak benar-benar tidur, ada penyangga.

Tujuannya supaya dia bisa nyaman lihat bayinya. Otot rileks & bayi nyaman. Ini bisa dikerjakan dalam kondisi apapun, saat lelah maupun setelah operasi sesar," imbuh Wiyarni bbrp waktu lalu.

Apabila posisi menyusui itu nyaman, maka peletakan mulut bayi pd_ payudara Moms pun lebih tepat, artinya bayi mengambil bagian payudara sebanyak-banyaknya. "Kalau bayi tidak bisa mengambil payudara sebanyak-banyaknya, ia hanya di ujung putingnya, ini tak bisa memerah kelenjar ASI," tutur Wiyarni saat ditemui di Fakultas Kedokteran, Universitas Tarumanegara, Jakarta.


Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Rabu , Desember 2018 )

Dengan keyakinan kita dapat memindahkan gunung, akan tapi tanpa persiapan kita dapat tersandung oleh kerikil.

"Kalau bayi mengambil banyak payudara, kelenjar ASI di bawahnya akan diperah, alhasil ASI yang keluar pun akan lebih banyak karena kantongnya yang diperah," tambahnya menjelaskan. Selain itu, apabila posisi menyusui tak tepat pun rupanya bisa meningkatkan kemungkinan puting lecet pada Moms, akibat dari cara mengisap yang tidak benar dilakukan oleh bayi. "Kalau peletakannya ngga benar, bila bayi mengisapnya hanya di ujung, terus lidanya bisa kena puting, walaupun puting itu sangat sensitif," tutur Wiyarni saat diwawancarai Nakita.id.

Sedangkan apabila bayi bisa meletakan mulut dengan benar di payudara, otomatis lidanya tidak akan terkena puting, melainkan tentang kulit payudara ibu. Maka dari itu, posisi menyusui yang tepat dan nyaman memang sangat berpengaruh pd_ bayi agar lebih cepat kenyang sebab lebih banyak mendapatkan ASI, serta mencegah terjadinya puting lecet.

Frekuensi Bayi Menyusu

Hal yang patut orangtua ketahui tentang kebiasaan menyusu pada bayi baru lahir adalah frekuensi bayi menyusu setiap harinya.

Anda mesti tahu bila bayi baru lahir mempunyai frekuensi menyusu yang berbeda-beda menyesuaikan dengan usia mereka, misalnya yaitu bayi baru lahir di hari pertama mereka hanya menyusu 4 sampai 6 kali.

"Bayi baru lahir di hari pertama ia masih bakal banyak tidur, ini jika tidak disampaikan pd_ ibu, ibunya bisa cemas.


Karena dia ngga tahu, kok bayi tidur terus ya. Akhirnya bayi dibangun-bangunin supaya menyusu," ungkap yang akrab disapa dokter Oei. Setelah masuk hari kedua pascapersalinan, bayi akan mengalami peningkatan bertahap dalam menyusu, mulai dari 7 sehingga 10 kali. Begitu pun di hari-hari selanjutnya, frekuensi menyusu bayi baru lahir bakal terus meningkat & sering, yang terkadang memunculkan anggapan jikalau bayi lapar terus-menerus.

"Kalau keluarga tidak tahu, pasti bakal beranggapan bayinya kok lapar terus, jangan-jangan ASI nya sedikit.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Rabu , Desember 2018 )

Anda akan menjadi orang yang tersisihkan jika tidak siap menghadapi perubahan.

Sedangkan itu adalah hal yang normal yang semua bayi bakal minta seperti itu," jelas dokter Oei. Hal ini dikarenakan volume ASI yang dapat masuk ke perut bayi baru lahir ngga banyak & ASI tsb sangat mudah diserap oleh tubuh bayi.

Namun, ketika bayi berusia satu bulan, frekuensi menyusunya mulai berkurang, biasanya ckup 8 kali dalam sehari. "Kemudian 3 bulan juga berkurang, apalagi jika sudah 6 bulan, di mana bayi usai mendapatkan makan. Berkurangnya ini bukan hanya frekuensi, namun juga durasi menyusu, krn dia makin cerdas jadi makin ngerti nyusunya," ungkap Wiyarni.() Demikian informasi mengenai "Posisi Yang Tepat Dan Nyaman Menyusui Bayi Baru Lahir-#lav5fa", info kata kunci berita ini (Rabu /Desember ) : ( posisi,yang,tepat,dan,nyaman,menyusui,bayi,baru,lahir, menyusu, wiyarni, bayinya, frekuensi, payudara, "kalau )

Sumber: www*tribunnews*com/lifestyle/2018/12/04/posisi+yang+tepat+dan+nyaman+menyusui+bayi+baru+lahir
Share Berita