Tanggapi Pernyataan Cak Imin, Peneliti ICW: Pilkada Ngga Langsung Pula Rawan Politik Uang
Berita pada hari Kamis ,Desember mengenai "Tanggapi Pernyataan Cak Imin, Peneliti ICW: Pilkada Ngga Langsung Pula Rawan Politik Uang-#jdi7rc",yuk ikuti beritanya : news.xcoid.com, JAKARTA Peneliti Indonesia Corruption Watch ( ICW) Divisi Korupsi Politik Almas Syafrina mengkritik pernyataan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar soal pemilihan tidak langsung. Saat menghadiri acara Hari Anti Korupsi Dunia 2018, Muhaimin, yang biasa disapa Cak Imin, berpendapat, sistem pemilihan lngsg memiliki andil dalam praktik politic uang di dalam partai politik.

Almas menyayangkan pernyataan tersebut keluar dari sosok Cak Imin yang pernah menentang pilkada tidak langsung. "Perlu dicatat, Cak Imin itu thn 2014 ketika pro kontra pilkada langsung dan ngga langsung, Cak Imin ialah orang yang mengatakan bahwa pilkada _oleh DPRD merupakan kemunduran. Itu di pemberitaan banyak sekali," ungkap Almas kepada Kompas.com, Rabu (5/12/2018).
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Desember 2018 )

Impian tidak akan menggerakan seseorang untuk maju, alasan kuat dibalik impian itulah yang menggerakannya.


Almas mengatakan, ketika itu PKB dalam posisi mendukung pilkada langsung. Terkait pandangan Cak Imin saat ini, Almas ngga setuju bila pemilu lngsg dinilai membuka celah politic uang yang besar.

Baca: Empat Masyarakat Binaan Lapas Kelas IIB Sekayu Kepergok Pesta Sabu di Dalam Sel

Menurut dia, pemilu tak langsung khususnya pemilihan kepala daerah sama rentannya terhadap praktik politic uang. "Politik uang tentu msh ada, hanya saja berbeda penerimanya. Sekarang antara peserta pemilu dngn pemilih, nanti bergeser antara peserta pemilu dengan pemilih di DPRD," ungkap Almas.


Selain itu, lanjut Almas, peluang kecurangan juga sama. Saat ini, calon kepala daerah tak mendapat jaminan memperoleh suara dari masyarakat yang usai diberikan uang. Pengawasannya sulit karena melibatkan lebih dari satu orang.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Desember 2018 )

Semakin baik kamu menata perilaku, semakin banyak kebaikan yang kamu kemas ke dalam hidup.


Namun, ketika pemilihan kepala daerah dikembalikan ke DPRD, maka orang yang akan disuap lebih sedikit dan mudah dikontrol. "Kalau anggota DPRD yang sudah disuap tidak memilih, menagihnya gampang," ungkap Almas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dngn judul Kritik Cak Imin, ICW Bilang Pilkada Tidak Langsung Pula Buka Celah Politic Uang

( info meta data berita ini, tanggapi,pernyataan,cak,imin,,peneliti,icw:,pilkada,ngga,langsung,pula,rawan,politik,uang, politic, pemilihan )

Sumber: www*tribunnews*com/nasional/2018/12/06/tanggapi+pernyataan+cak+imin+peneliti+icw+pilkada+tak+langsung+juga+rawan+politik+uang
Share Berita