Selamat Hari Ibu, Sudahkah Bunda Sajikan Makanan Aman Utk Keluarga? Ini Trik Dari Ahli Gizi
Berita nasional mengenai politik, kriminal, daerah diseluruh indonesia, dapat dibaca di kanal berita nasional news.xcoid.com, silahkan lanjut berita tentang "Selamat Hari Ibu, Sudahkah Bunda Sajikan Makanan Aman Utk Keluarga? Ini Trik Dari Ahli Gizi-#pqlhio" : news.xcoid.com Hari ini 22 Desember kerap diperingati sebagai hari ibu untuk menghormati jasa dan peran seorang ibu. Ya, bunda mempunyai peran penting dalam keluarga termasuk saat menyajikan makanan yang aman utk keluarga.

"Ketelitian ibu dalam mempersiapkan bahan makanan dengan baik bakal bermanfaat utk menjaga kandungan gizi yang optimal dari makanan yang disajikan, krn dapat memengaruhi kesehatan dan masa depan keluarga," tutur dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK, Dokter Spesialis Gizi Klinis.

Lantas, apa yang perlu ibu lakukan agar gizi keluarga maksimal saat tersaji & disantap seisi rumah?

Juwita mengatakan _ada 3 tahap yang perlu diperhatikan ibu dalam menjaga keamanan pangan. 1. Pemilihan bahan pangan segar dan kemasan. 2. Penyimpanan pangan.


3. Proses pengolahan & penyajiannya.



Ilustrasi memasak (net)

"Selain keamanan pangan, kombinasi dari berbagai bahan pangan juga bisa menjadi salah satu upaya memenuhi kebutuhan gizi keluarga," tegasnya.

Trik Simpan di Kulkas
Cara menyimpan makanan di kulkas menjdi salah satu faktor penting aman tidaknya makanan utk keluarga.

Makanan yang aman dan bernutrisi adalah salah satu unsur utama utk mendukung anak dan keluarga yang sehat. Sayangnya, menurut data WHO, 1 dari 10 org di dunia jatuh sakit setiap tahun karena mengonsumsi makanan yang terkontaminasi. Tidak hanya sakit, 420.000 org bahkan meninggal karenanya.


Makanan yang tidak aman membawa bakteri, virus, dan parasit berbahaya yang dapat menyebabkan 200 jenis penyakit. Salah satunya yakni penyakit diare yang kerap menyerang anak-anak. Oleh sebab itu, membagikan cara menyimpan makanan di kulkas yang tepat. Menurut Juwalita, _ada tiga cara menyimpan makanan di kulkas yang tepat.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Sabtu , Desember 2018 )

Bukan hanya banyak harta yang membuat orang merasa gembira, saat memberi dengan hati iklas dan rela juga sumber bahagia.

Pertama, sayuran dan buah disimpan di lemari pendingin dalam wadah terpisah. "Penting utk memisahkan penyimpanan sayuran dan buah di dalam lemari pendingin. Sebab buah bisa cepat busuk karena efek sayuran yang ada disekelilingnya.

Oleh karena itu baiknya dipisah," ujarnya dalam acara Menu Aman Pilihan Ibu, Inspirasi Hidup Sehat Keluarga yang diadakan _oleh Nutricia Sarihusada di Kaum Resto, Jakarta, Rabu_ (19/12/2018).

Kedua, cuci sayuran hanya ketika akan dimasak. Beberapa org mungkin mencuci sayuran sebelum menyimpannya ke dalam lemari pendingin. Namun sayangnya, hal tsb justru dpat membuat sayuran menjdi lembab & busuk.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Sabtu , Desember 2018 )

Anda akan menjadi orang yang tersisihkan jika tidak siap menghadapi perubahan.


"Saat hendak menyimpan sayuran di dalam lemari pendingin sebaiknya ngga dicuci terlebih dahulu. Hal itu bisa mmbuat sayuran menjadi lembab & cepat busuk. Jadi, cuci sayuran hanya ketika akan dimasak," jelasnya. Ketiga, segera simpan daging, ikan, ayam, & produk susu ke lemari pendingin dalam wa_ktu 1-2 jam.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Sabtu , Desember 2018 )

Kesempatan terbaik adalah melakukan hal yang baik untuk orang lain.

"Makanan yang cepat busuk seper_ti daging, ikan, ayam, dan produk susu ketika baru di beli & sudah sampai di rumah langsung dimasukan ke dalam lemari pendingin. Batasnya hanya 1-2 jam. Makanya jika belanja bulanan sebaiknya tak perlu jauh-jauh.

Di dekat rumah saja supaya bahan makanan lebih cepat masuk kulkas," ujar Juwalita. Selain cara penyimpanan, penting pula untuk mengetahui lama penyimpanan bahan makanan di dalam lemari pendingin atau kulkas.

Bahan Makanan Lemari Pendingin (40degF atau 4,5degC ke bawah) Freezer (0degF atau 17,8degC ke bawah)

Daging Potong 3-5 hari 4-6 bulan

Daging Cincang 1-2 hari 4 bulan
Ayam Utuh 1-2 hari 1 tahun
Ayam Potong 1-2 hari 9 bulan
Ayam Cincang 1-2 hari 2-3 bulan
Telur Utuh 3-5 minggu Jangan dibekukan
Keju (sudah di buka) 3-4 minggu 6 bulan

Bahan Makanan Lemari Pendingin (40degF atau 4,5degC ke bawah) Freezer (0degF atau 17,8degC ke bawah)

Daging Potong 3-5 hari 4-6 bulan

Daging Cincang 1-2 hari 4 bulan
Ayam Utuh 1-2 hari 1 tahun
Ayam Potong 1-2 hari 9 bulan
Ayam Cincang 1-2 hari 2-3 bulan
Telur Utuh 3-5 minggu Jangan dibekukan
Keju (sudah di buka) 3-4 miinggu 6 bulan

Sekian info yang kami sampaikan, update terus info menarik disini news.xcoid.com ( arsip berita Sabtu /Desember )

Sumber: www*tribunnews*com/kesehatan/2018/12/22/selamat+hari+ibu+sudahkah+bunda+sajikan+makanan+aman+untuk+keluarga+ini+trik+dari+ahli+gizi
Share Berita