Ketumbar Punya Manfaat Kesehatan, Tapi Bisa Berdampak Buruk Untuk Orang Dengan Kondisi Tertentu
Hari Jumat ,2019 berita diinfokan mengenai "Ketumbar Punya Manfaat Kesehatan, Tapi Bisa Berdampak Buruk Untuk Orang Dengan Kondisi Tertentu-#7r8pmi" : news.xcoid.com Ketumbar ialah salah satu bumbu pokok yang kerap ditemukan di dapur. Selain utk kepentingan memasak, rupanya ketumbar juga memberikan lebih dari satu manfaat kesehatan.

Biji ketumbar dpat mengatasi serta mencegah beberapa gangguan kesehatan, dari yang ringan sehingga penyakit serius. Di antaranya mencegah dan mengobati diabetes, osteoporosis, menyembuhkan gangguan pencernaan, menurunkan berat badan, menurunkan kadar kolesterol, mengatasi masalah tiroid, mengatasi gangguan menstruasi, meningkatkan kesehatan mata, pula mengatasi gangguan & peradangan kulit. Namun, meski mempunyai banyak manfaat, ketumbar ternyata juga bisa berdampak buruk. Bagi org dengan 10 kondisi ini, sebaiknya berhati-hati bila ingin menggunakan ketumbar sebagai obat.

Masalah hati

Penggunaan biji ketumbar yang berlebihan dan berkepanjangan dapat menyebabkan masalah hati.

Baca: Jus Nanas, Bisa Obati Asam Urat Hingga Diabetes

Komponen minyak dalam biji ketumbar biasanya membantu dalam mengobati masalah hati, tapi penggunaan berlebihan dpat menyebabkan sekresi empedu dan menyebabkan kondisi abnormal.

Alergi

Beberapa orang mungkin memperoleh reaksi alergi seper_ti ruam, kesulitan bernapas, gatal, bengkak di wajah/ tenggorokan, pusing, & lain-lain sebab penggunaan ketumbar.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Jumat , Januari 2019 )

Segala memiliki awal pasti memiliki akhir.

Jika Anda rentan dngn alergi, sebaiknya konsultasi dulu jikalau ingin menggunakan ketumbar sebagai obat.

Kehamilan & menyusui

Perempuan hamil & menyusui mesti menggunakan biji ketumbar dalam jumlah terbatas sebab efeknya pada sekresi kelenjar dpat menyebabkan kerusakan pada ibu, janin, serta kelenjar reproduksi.

Baca: 17 Manfaat Stroberi bagi Kesehatan, Mencegah Jerawat sehingga Mengurangi Risiko Diabetes

Masalah pernapasan

Penggunaan biji ketumbar berkepanjangan & berlebihan dapat menyebabkan masalah pernapasan disertai dengan nyeri dada, tenggorokan kering, & penyempitan tenggorokan.


Kulit sensitif

Kadang-kadang, penggunaan biji ketumbar dapat meingkatkan sensitivitas matahari, risiko kulit terbakar & kanker kulit.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Jumat , Januari 2019 )

Sekedar menyesali kesalahan saja tidak lah cukup, namun juga harus disertai tekat agar kesalahn yang sama tidak dilakukan lagi.

Jika Anda menderita alergi atau mempunyai kulit yang sensitif terhadap sinar matahari, disarankan utk menggunakannya sesedikit mungkin & harus berkonsultasi dulu dengan dokter.

Masalah kulit

Beberapa org mungkin mengalami masalah kulit seper_ti peradangan, gatal, iritasi, dermatitis & penggelapan kulit sesudah menggunakan biji ketumbar.


Jika muncul tanda-tanda tersebut, segera hentikan penggunaan biji ketumbar.

Masalah pencernaan

Penggunaan biji ketumbar berkepanjangan atau berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti diare, sakit perut, kehilangan nafsu makan, & dehidrasi. Jika Anda telah mengalami gangguan pencernaan, sebaiknya hindari mengonsumsi ketumbar.

Menstruasi

Umumnya, biji ketumbar digunakan untuk mengobati gangguan menstruasi, tetapi beberapa wanita mungkin mengalami penyimpangan menstruasi sebagai akibat dari penggunaannya.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Jumat , Januari 2019 )

Kenangan tetap ada tapi jangan terfokus disana. Hidup lo bukan untuk kenangan tapi buat masa depan. Tetap semangat!.


Jika mengalami masalah seperti itu, Anda perlu memeriksa dosis ketumbar yang dikonsumsi.

Hipoglikemia (gula darah rendah)

Biji ketumbar telah digunakan dalam perawatan diabetes karena mereka mempunyai kemampuan utk menurunkan tingkat gula darah. Jika Anda menjalani perawatan diabetes, Anda mesti memantau kadar gula darah sebelum menggunakan ketumbar sebagai obat sebab ketumbar dpat menurunkan kadar gula darah se_cara drastis.

Efek samping lain

Beberapa efek samping laiin yang mungkin terjadi sebab mengonsumsi biji ketumbar adalah sakit gigi, nyeri sendi, mual, sehingga hernia.


Meskipun masalah ini tak terlalu umum, tetapi Anda mesti berhati-hati dan berkonsultasi dngn dokter dalam hal apa pun.

Sebenarnya penggunaan biji ketumbar aman selama kita ngga berlebihan dalam mengonsumsinya.()

Berita ini sebelumnya sudah dimuat di nakita.grid.id dengan judul Pny Banyak Manfaat Kesehatan, Biji Ketumbar Bisa Berbahaya utk Orang dengan 10 Kondisi Ini

Sekilas berita yang kami sharing, jika suka bantu sharing ya...

Sumber: www*tribunnews*com/kesehatan/2019/01/03/ketumbar+punya+manfaat+kesehatan+tapi+bisa+berdampak+buruk+untuk+orang+dengan+kondisi+tertentu
Share Berita