Menkominfo Fasilitasi Inovasi Drone Bukalapak
Berita dan info lengkap di bulan Januari tentang "Menkominfo Fasilitasi Inovasi Drone Bukalapak-#ttcwof" :

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Perayaan HUT Bukalapak ke-9 di JCC, Senayan, Jakarta, (Kamis (10/1/2019). (Ilyas/news.xcoid.com)news.xcoid.com, Jakarta Menteri Komunikasi & Informatika (Menkominfo) Rudiantara turut hadir dalam ulang tahun Bukalapak yang ke-9 di JCC Senayan Jakarta, Jumat, 10 Januari 2019. Dalam keterangan resmi Kemkominfo, Juumat (11/1/2019), Rudiantara menyebutkan keyakinannya bakal perkembangan startup digital Iindonesia di masa depan.

Pemerintah, kata Rudiantara, mendukung perkembangan startup digital yang diwujudkan dengan upaya mempercepat perkembangan ekosistem ekonomic digital bersama _para pemangku kepentingan.

Dalam ulang thn yang ke-9, CEO Bukalapak Achmad Zaky menyebut inovasinya untuk mengembangkan drone canggih untuk proses pengiriman barang. Pemerintah pun, kata Rudiantara, turut mendukung ekosistem inovasi di sektor digital ini. Berkaitan dengan upaya Bukalapak untuk memanfaatkan platform online agar lebih kreatif dalam memasarkan produk-produk UMKM & menghubungkan UMKM dengan calon pembeli, Rudiantara menegaskan bakal melakukan fasilitasi.


Contoh fasilitasi yang dikembangkan Kemkominfo merupakan dengan uji coba frekuensi. "Inovasi yang dikembangkan Bukalapak itu dapat difasilitasi dengan adanya uji coba. Bahkan jikalau uji coba menggunakan frekuensi (uji coba teknologi), uji coba tak komersil, yang berjangka satu thn bisa diperpanjang satu thn misalnya," kata pria yang karib disapa Chief RA ini. Dia menambahkan, dukungan fasilitasi itu dilakukan untuk mendorong agar semua orang berinovasi.

Menurut Rudiantara, pola yang sama dpat diterapkan utk inovasi dalam startup digital. Dia juga menegaskan, peraturan harus bisa memfasilitasi pengembangan bisnis. "Aturan itu dibuat ngga boleh mengkerdilkan pengembangan bisnis, justru dengan adanya Peraturan Menteri, kita harus memfasilitasi pengembangan bisnis, karenanya Kominfo melihatnya dngn memfasilitasi jikalau pakai frekuensi biayanya nol, supaya semuanya tertarik membuat ujicoba," ujarnya. "Kita ajak interaksi terus, kita bareng terus, & baru kita tata lagi yang penting nomor satu dari awal mesti ada perlindungan bagi warga contohnya fintech," ujar Rudiantara.

2 dari 3 halamanApresiasi Bukalapak

Founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky memberikan keterangan kepada awak media saat merayakan HUT ke-9 Bukalapak (news.xcoid.com/Agustinus M.Damar)

Dalam Peringatan HUT ke-9 Bukalapak, Rudiantara menilai peran Bukalapak bisa mengembangkan ekonomic masyarakat kelas UMKM. Total, Bukalapak mempunyai lebih dari 4 juta pelapak UMKM yang kini lebih efisien dngn platform-nya. "Semuanya menggunakan aplikasi-aplikasi yang dikembangkan Bukalapak. Aku mengapresiasi upaya Bukalapak yang telah mendorong perubahan yang terjadi di Indonesia menjadi ke arah ekonomi digital yang lebih besar lagi," tuturnya.


Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Jumat , Januari 2019 )

Perbuatan buruk ini hanya dilakukan oleh dirimu, bukan oleh orang tua-mu, teman-mu atau saudara-mu. oleh karena itu dirimu sendirilah yang akan menuai hasil yang menyakitkan.

Pria yang menjabat sebagai Ketua Majelis Wali Amanat Unpad ini mengharapkan Bukalapak bisa terus berkembang di Indonesia. "Kita membutuhkan platform-platform seperti Bukalapak di Indonesia. Alasannya krn dengan platform seper_ti Bukalapak, teknologi digital membuat lapangan pekerjaan tambah mudah terutama bagi UMKM, sharing ekonomic dan inklusi keuangan.

Selamat Ulang Tahun, Dirgahayu Bukalapak," tutur Rudiantara.

3 dari 3 halamanInovasi Bukalapak: Drone hingga Toko Tanpa Kasir

Founder & CEO Bukalapak Achmad Zaky memberikan keterangan ke-pada awak media sesaat merayakan HUT ke-9 Bukalapak (news.xcoid.com/Agustinus M.Damar)

Beberapa inovasi teknologi yang bakal dikembangkan di pusat riset ini adalah drone hingga kecerdasan buatan.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Jumat , Januari 2019 )

cermin akan memantulkan apa yang ada di hadapannya, demikian juga hasil perbuatan kita, baik atau buruk itulah yang akan kita terima.

Menurut Co-founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky, saat ini inovasi drone yang dikembangkan Bukalapak msh dalam tahap uji coba.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Jumat , Januari 2019 )

Bukan karena harta yang melimpah/apa yang dimilik, orang dihormati. kehormatan adalah penghargaan bagi orang yang telah memberikan sesuatu yang berarti bagi orang yang membutuhkan.


"Untuk drone, kami sdng eksperimen dalam skala kecil. Kami ingin mmbuat drone yang lebih canggih utk masyarakat Indonesia, yang bisa menghindari lemparan ketapel," tuturnya sesaat konferensi pers ulang thn ke-9 Bukalapak di Jakarta, Kamis (10/1/2019). Adapun drone itu bakal digunakan utk proses pengiriman. Selain itu, Zaky juga menuturkan dirinya memiliki ide untuk mengembangkan toko ritel tanpa pramuniaga (unmanned retail).

Sekadar informasi, unmanned retail ialah toko tanpa kasir yang seluruh proses pembeliannya dilakukan sendiri ngga dengan bantuan manusia. "Denngan sistem ritel yang terintegrasi, kami memimpikan bahwa penjualan ritel itu mempunyai sistem yang simpel dan nyaman, sehingga tidak perlu ada manusia. Produknya pun bagus & baik," ujarnya menjelaskan. Kendati demikian, Zaky belum bisa memastikan kapan inovasi tsb dapat diwujudkan.

Menurutnya, Bukalapak mempunyai nilai bahwa mesti mencoba, meski selalu gagal. Hal itu, menurut Zaky, adalah keniscayaan di dunia teknologi. "Di era teknologi ini, 99 persen kegagalan itu diperlukan. Jadi, kami harus selalu mencoba.

Perkara gagal itu dpat terjadi, yang penting terus dicoba," ungkap pria lulusan Institut Teknologi Bandung tersebut. Salah satu percobaan yang terus dilakukan Bukalapak & akhirnya berhasil adalah Mitra Bukalapak. Zaky menuturkan, Bukalapak harus berjibaku sebelum program yang ditujukan untuk memudahkan pemilik warung berjualan itu menuai hasil positif.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


'
Presiden Jokowi berharap Bukalapak bisa membimbing UMKM naik kelas.


( info meta data berita ini, menkominfo,fasilitasi,inovasi,drone,bukalapak, rudiantara, digital, teknologi, dikembangkan, indonesia, jakarta, startup, frekuensi, mempunyai, mengembangkan )

Sumber: s://www*liputan6*com/tekno/read/3868636/menkominfo+fasilitasi+inovasi+drone+bukalapak
Share Berita