Ombudsman RI Bakal Lapor Presiden Bila Ada Terlapor Ngga Patuhi LAHP
Hari Jumat bulan Januari ,ini mengenai "Ombudsman RI Bakal Lapor Presiden Bila Ada Terlapor Ngga Patuhi LAHP-#tgrqa8" silahkan lanjut baca beritanya :

Laporan wartawan news.xcoid.com, Danang Triatmojo

news.xcoid.com, JKRTA Ombudsman RI memaparkan tahap resolusi & monitoring yang dimulai kemudian dikeluarkannya Laporan Hasil Akhir Pemeriksaan (LAHP).

Beberapa dari laporan yang dikeluarkan Ombudsman RI ngga ditindaklanjuti terlapor.

Baca: Catatan Monitoring Awal Tahun, Ombudsman RI Soroti Penanggulangan Bencana di Tahun 2018

Di antaranya menyangkut lembaga atau kementerian yang menjadi terlapor didapati kurang kooperatif melaksanakan LAHP.


Pejabat terlapor pun ngga mematuhi rekomendasi yang dikeluarkan Ombudsman RI.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Jumat , Januari 2019 )

Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang atau belum dikerjakan oleh orang lain. tetapi perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh diri sendiri.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Jumat , Januari 2019 )

Apa yang telah kita tabur, entah yang disengaja atau tidak, diingat atau dilupakan, sekarang atau suatu saat nanti, pasti akan kita petik hasilnya. maka, ketika kita menanamkan kebaikian, apapun bentuknya, suatu saat pasti kebaikan itu akan kembali kepada kita kita juga.

Padahal, pihak Ombudsman RI masih cukup toleran & persuasif menanggapi alasan mereka menunda pelaksanaan hasil rekomendasi tersebut.

"Meskipun Ombudsman RI telah melakukan upaya yang optimal dalam rangka mendorong pelaksanaan rekomendasi, tapi angka pelaksanaan rekomendasi belum menggembirakan," kata Anggota Ombudsman RI Ninik Rahayu di kantornya, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (10/1/2019). Namun, untuk tahun 2019, bagi terlapor yang tidak patuh LAHP, Ombudsman RI akan tegas menghadapi mereka yang masih membandel. Slh satunya dengan melaporkannya kepada Presiden ataupun DPR. "Ombudsman RI akan secara tegas melakukan langkah-langkah sesuai Undang-Undang Ombudsman, dengan mengefektifkan pelaporan kepada Presiden/DPR, dan mengoptimalkan publikasi," terang Ninik.

Permasalahan lainnya yang menjadi perhatian Ombudsman RI ialah cara penyelesaian konflik lewat pihak ketiga dengan membuat keputusan yang sifatnya mengikat (ajudikasi) masih belum terlaksana, khususnya soal ganti rugi.

Namun terbitnya peraturan Ombudsman RI Nomor 31 Tahun 2018 mengenai Mekanisme dan Tata Cara Ajudikasi, disebut Nanik sudah menjadi langkah baik. Tapi Sayangnya, Perpres ganti rugi yang diamanatkan Undang- Undang Pelayanan Publik belum juga terbit.

Untuk itu, di tahun 2019, pengawalan terhadap Kementerian/Lembaga yang bertanggung jawab Rancangan Perpres Ganti Rugi menjadi agenda yang penting untuk dirampungkan.

Baca: Rektor UGM Penuhi Undangan Ombudsman terkait Kasus Dugaan Pelecehan Seksual Mahasiswi

Ombudsman RI menargetkan pilot project peraturan ajudikasi tsb dapat diselesaikan thn ini.

"Pilot project Ajudikasi juga ditargetkan dilaksanakan pd_ tahun ini," katanya.


Terus baca berita di hari Jumat ini banyak berita yang akan kami update lagi!! semoga menambah wawasan anda

Sumber: www*tribunnews*com/nasional/2019/01/10/ombudsman+ri+bakal+lapor+presiden+bila+ada+terlapor+tak+patuhi+lahp
Share Berita