Mengajarkan Anak Sopan-santun Sejak Dini
news.xcoid.com, berita di Minggu , 20 Januari 2016, mengenai "Mengajarkan Anak Sopan-santun Sejak Dini-#aofktf" ikuti beritanya : news.xcoid.com Tak pernah _ada kata terlalu awal untuk mengajarkan sopan-santun pada si kecil. Namun, memang butuh waktu sampai si kecil dapat menerapkan sopan-santun & berperilaku baik.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Minggu , Januari 2019 )

Segala memiliki awal pasti memiliki akhir.

Dikutip Babycentre.co.uk, mengajarkan sopan-santun pada si kecil memang bukan pekerjaan yang akan selesai dalam semalam. Si kecil baru mengerti konsep berbagi pada usia 3 tahun. Sedangkan, dia memahami menunggu giliran dan sopan santun lainnya kira-kira ketika usianya 4 atau 5 tahun.

Supaya si kecil segera mengerti konsep sopan-santun, Anda perlu mengajarkannya lebih awal dan dilakukan sesering mungkin.

Dengan begitu si kecil bakal memahami dasar-dasarnya & mudah utk mengembangkannya seiring bertambahnya usia anak.

Baca: Dongeng Bisa Mempererat Hubungan Ibu dan Anak

Ada beberapa cara mengajarkan sopan-santun pd_ si kecil.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Minggu , Januari 2019 )

Sekedar menyesali kesalahan saja tidak lah cukup, namun juga harus disertai tekat agar kesalahn yang sama tidak dilakukan lagi.

Simak 5 langkah mudah ini.

1. Mulai dengan dasar

Mengajarkan utk berterima kasih dan meminta tolong merupakan langkah awal paling baik mengenalkan sopan-santun pada si kecil. Sejak ia mulai bisa bicara, Anda boleh mengajarkan si kecil untuk mengucapkan terima kasih dan berkata lsquotolongrsquo bila butuh sesuatu.

Akan butuh bbrp lama smpai si kecil ingat dngn sendirinya menggunakan kata-kata itu setiap waktu.

Baca: Sempat Photo Keluarga Sebelum Tsunami, Istri Kembaran Ifan Seventeen Ceritakan Perilaku Dylan Sahara

Namun Anda jangan terlalu memaksakan, jadikan kebiasaan ini sesuatu yang menyenangkan utk diingat.

2. Jadilah contoh yang baik

Jika Anda ingin si kecil bertingkah sopan, maka Anda pun perlu mencontohkannya.


Ingat Anda orangtua merupakan panutan pertama seorang anak. Oleh Sebab Itu Anda perlu memperlihatkan seper_ti apa sopan-santun pd_ kehidupan sehari-hari.

3. Meminta si kecil utk duduk tenang

Belajar duduk tenang dalam wa_ktu lama adalah hal luar biasa utk seorang balita. Maka Anda jgn langsung mengharapkan si kecil bisa duduk tenang berjam-jam sesudah Anda memerintahkan.


Jika Anda dan si kecil pergi makan di tempat umum atau menghadiri undangan makan bersama, agar si kecil mau duduk tenang _ada trik yang bisa Anda lakukan. Katakan bila ini adalah kesempatan supaya si kecil dpat memperlihatkan jikalau ia bisa duduk tenang & menjadi anak pintar. Berikan apresiasi bila si kecil berhasil duduk tenang walau tak sepanjang waktu yang Anda inginkan. Anda sebaiknya tetap memahami jikalau si kecil pun belum bisa sepenuhnya menerapkan sopan-santun.

4. Mengajarkan mengucapkan salam

Pada usia 2 tahun si kecil start bisa mengucapkan kata-kata sederhana seperti lsquohalorsquo.


Jadikan hal itu cara untuk mengenalkan sopan santun pada si kecil. Misalnya setiap bertemu kerabat, ajarkan si kecil utk mengucapkan lsquohalorsquo. Memang kadang anak-anak bakal merasa malu utk mengucapkan salam lebih dulu. Tak apa-apa, jika si kecil menolak, jgn dipaksa ya.

5. Mengajarkan bermain dengan sopan

Setiap si kecil bermain dengan temannya, Anda bisa mulai memberikan bbrp peraturan agar ia memahami dasar-dasar sopan santun. Berikan arahan utk tak boleh berlaku kasar, tak boleh merebut mainan, & jangan merusak mainan. Selanjutnya, ingatkan jika ada yang melanggar aturan itu, maka waktu bermain akan selesai.()


Sumber: www*tribunnews*com/lifestyle/2019/01/19/mengajarkan+anak+sopan+santun+sejak+dini
Share Berita