Ketahui Yang Terjadi Pd_ Tubuh Kalau Menahan Buang Air Kecil
Hari Sabtu bulan Februari ,ini mengenai "Ketahui Yang Terjadi Pd_ Tubuh Kalau Menahan Buang Air Kecil-#dvethz" silahkan lanjut baca beritanya : news.xcoid.com, JKRTA Kemudian minum lebih dari satu air, kita pasti akan merasa ingin buang air kecil untuk mengeluarkan cairan yang sudah kita minum tadi. Tapi kadang-kadang _ada saja yang suka menunda buang air kecil dngn berbagai alasan, nih.

Misalnya saat merasa ingin buang air kecil tapi kita sedang menonton acara televisi kesukaan, maka kita bakal menunda buang air kecil sampai ada iklan atau justru sesaat acara kesukaan ktia sudah selesai. Wah, kalau Anda masih suka melakukan kebiasaan ini, sebaiknya mulai sekarang hentikan kebiasaan menahan buang air kecil, ya.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Sabtu , Februari 2019 )

Aku tak berharap kesempurnaanmu.. Kerana aku ingin melengkapinya dengan kekuranganku...

Terlalu sering dan terlalu lama menahan buang air kecil bisa menyebabkan munculnya masalah pada tubuh kita, lo.

Memangnya apa yang terjadi pd_ tubuh kita sesaat kita terlalu sering menahan buang air kecil, & kenapa menahan buang air kecil berbahaya bagi tubuh, ya?

Urin Ditampung di Kandung Kemih

Urin atau air buang air kecil ditampung terlebih duluan sebelum kita keluarkan sesaat buang air kecil. Nah, saat kita usai merasa ingin buang air kecil, itu artinya kandung kemih sudah penuh dan mengirimkan sinyal ke otak yang membuat kita merasa ingin buang air kecil.

Kapasitas urin yang bisa ditampung _oleh kandung kemih berbeda pada orang dewasa dan anak-anak, lo.

Kandung kemih org deasa dapat menampung sekitar 450 mililiter urin, sedangkan kandung kemih anak-anak bisa menampung sehingga 0,4 liter. Kemampuan kandung kemih menampung urin semakin tinggi sesaat kita smkin dewasa.


Apa yang Terjadi Pada Tubuh Saat Menahan buang air kecil, ya?

Saat kita merasa ingin buang air kecil, itu artinya kandung kemih kita sudah penuh & cairan yang ditampungnya mesti dikeluarkan.

Baca: Kini Jadi Penyanyi Populer, Syahrini Ujar Pernah Pipis di Celana Sesaat Manggung Pertama Kali

Respons yang kita rasakan ini melibatkan lebih dari satu otot, organ, & sistem saraf yang bekerja utk memberitahu kita bahwa sudah saatnya utk buang air kecil, lo. Sebenarnya, sesaat kandung kemih masih setengah penuh pun kandung kemih usai mengaktifkan saraf di sekitarnya utk mengirimkan sinyal ke otak. Nah, sesaat otak mendapatkan sinyal bahwa penampungan urin mulai penuh, oleh sebab itu otak pula mengirimkan sinyal utk buang air kecil.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Sabtu , Februari 2019 )

jangan pernah berpikir untuk menyerah,karena jika kamu mau berusaha, Tuhan pasti membantu melewatinya.


Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Sabtu , Februari 2019 )

Kenangan tetap ada tapi jangan terfokus disana. Hidup lo bukan untuk kenangan tapi buat masa depan. Tetap semangat!.

Selain itu, sistem saraf pusat secara refleks juga akan mengirimkan sinyal lainnya ke saraf di sekitar kandung kemih utuk menahan pergerakannya. Hal ini membuat kita bisa menahan supaya tidak mengeluarkan buang air kecil terlebih dahulu sebelum sampai di toilet.

Saat kita menahan buang air kecil untuk waktu yang lama, itu artinya kita melawan sinyal yang diberikan kandung kemih utk segera buang air kecil.

Menahan buang air kecil membuat kandung kemih kita meregang atau membesar.


Nah, hal inilah yang membuat kita menjadi merasa tidak nyaman sesaat menahan buang air kecil terlalu lama.

Buang air kecil Setiap 3 Jam Sekali

Meskipun kandung kemih pny kapasitas maksimal utk menampung urin hingga 1 liter, kita sebaiknya memang tak terlalu sering & terlalu lama menahan buang air kecil. Sebaiknya, kita buang air kecil se_cara teratur setiap 3 jam sekali, lo, meskipun kita tak merasa kebelet buang air kecil. Kalau kita menahan buang air kecil terlalu lama, oleh sebab itu urin bakal dipaksakan untuk keluar dengan sangat cepat atau buang air kecil dalam posisi yang tidak benar.


Hal ini bisa membuat otot dasar panggul jadi terlalu aktif sehingga kandung kemih mengalami nyeri. Menahan buang air kecil terlalu lama pula bisa menyebabkan terjadinya risiko infeksi saluran kemih. Kalau kandung kemih yang sudah ter-lalu penuh ngga segera dikosongkan, maka kandung kemih kita akan penuh dengan bakteri.

Nah, kondisi ini bakal membuat semakin banyak bakteri yang menetap & berkembang biak di dalam tempat penampungan urin, lo.

Inilah sebabnya org yang terlalu sering menahan buang air kecil dalam waktu lama akan lebih mudah terserang infeksi saluran kemih.


Baca Juga : Jika Mempunyai Panci Jenis Ini, Hati-hati Jgn Sampai Bersentuhan dengan Beberapa Bahan Makanan

Jika infeksi ini usai parah, oleh sebab itu bakteri bisa menyebar ke ginjal & menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada tubuh. Yuk, start sekarang kita ngga lagi menahan untuk buang air kecil supaya tubuh kita tidak terserang penyakit dari bakteri yang tertampung terlalu lama di kandung kemih. (Tyas Wening/Bobo.id)

Artikel ini pernah tayang di bobo.id dngn judul Apa yang Terjadi pd_ Tubuh Saat Terlalu Sering Menahan Pipis?


Demikian informasi mengenai "Ketahui Yang Terjadi Pd_ Tubuh Kalau Menahan Buang Air Kecil-#dvethz", info kata kunci berita ini (Sabtu /Februari ) : ( ketahui,yang,terjadi,pd_,tubuh,kalau,menahan,buang,air,kecil, kandung, terlalu, membuat, menampung, bakteri )

Sumber: www*tribunnews*com/kesehatan/2019/02/09/ketahui+yang+terjadi+pada+tubuh+bila+menahan+buang+air+kecil
Share Berita