Siswa Vokasi Bogasari Magang Di UKM
Yuk update terus informasi anda dengan membaca berita di news.xcoid.com, info mengenai "Siswa Vokasi Bogasari Magang Di UKM-#gprt7d" yang dikutip dari media online, baca selengkapnya : news.xcoid.com Start bulan Maret 2019, siswa SMK yang mengikuti Program Vokasi Bogasari 2019 mengikuti praktik kerja di UKM. Praktik kerja di UKM mitra Bogasari ini sebagai rangkaian kurikulum vokasi yang ditetapkan Bogasari dngn pihak sekolah.

Para siswa SMK kelas XI jurusan tata boga ini bakal mengikuti praktik kerja di UKM selama 2 bulan, yakni di UKM Evalia Bakery dan UKM Sari Utami Bakery. Keduanya ialah UKM mitra binaan Bogasari yang tergabung dalam Bogasari Mitra Card dngn lokasi usaha di Jakarta Utara.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Rabu , Maret 2019 )

Dengan keyakinan kita dapat memindahkan gunung, akan tapi tanpa persiapan kita dapat tersandung oleh kerikil.

Demikian disampaikan Vice President People amp Organization Development PT Indofood Tbk Divisi Bogasari, Anwar Agus dalam siaran pers kepada wartawan, Seniin (4/3/2019).

"Dengan terjun lngsg di UKM, oleh sebab itu para siswa bakal semakin siap terjun di dunia kerja kemudian lulus SMK. Karena selama praktik di UKM _para siswa akan belajar lebih dari satu hal start dari proses pengadaan bahan sampai ke pemasaran. Bahkan targetnya para siswa SMK ini juga siap menjdi start up milenial," ucap Anwar. Program Vokasi Bogasari 2019 ini ialah yang pertama kali.

Tetapi sudah hampir 20 tahun, Bogasari menjalankan program pemagangan rutin atau praktik kerja lapangan untuk siswa SMK & mahasiswa. Walaupun program vokasi ini ialah bukti dukungan Bogasari kepada Pemerintah dalam pelaksanaan Program Vokasi yang dicanangkan Kementerian Perindustrian. Sebagai pilot project, ada 2 SMK yang kerja sama vokasi dengan Bogasari yakni SMKN 33 Jakarta Utara dan SMK Santa Maria. Utk tahap awal, baru 6 siswa atau masing-masing 3 siswa dari SMK jurusan tata boga yang dikirimkan.

Mereka ialah Desy Fazjrianti, Atisa Salsabillah dan Subhanna dari SMKN 33 Jakarta Utara, yang juga ialah satu-satunya SMKN di Jakarta Utara yang memiliki jurusan tata boga. Tiga siswa lainnya ialah Bryan Putra Andika, Viky Marcella, dan Abigail Kiarra dari SMK Santa Maria. Sebagai catatan, baru kali ini SMK Santa Maria mengirimkan siswanya praktik di industri sebab selama ini mereka hanya magang di hotel-hotel. Keenam siswa SMK mengikuti Program Vokasi Bogasari 2019 sejak bulan Januari lalu.

Diawali dengan orientasi pengenalan alur proses produksi tepung terigu di pabrik Bogasari selama kurang lebih seminggu. Mulai dari pengadaan bahan baku, proses penggilingan, laboratorium, pengemasan, hingga tahapan pengiriman. "Tujuannya, utk mengedukasi para siswa SMK bakal alur proses produksi secara menyeluruh dan saling keterkaitan antar rangkaian proses. Dengan demikian _para siswa vokasi mempunyai pengetahuan yang lebih luas & mendalam hingga memiliki nilai lebih dibanding _para lulusan SMK tata boga lainnya sesaat mereka terjun ke dunia kerja," jelas Anwar.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Rabu , Maret 2019 )

jangan pernah berpikir untuk menyerah,karena jika kamu mau berusaha, Tuhan pasti membantu melewatinya.

Setelah orientasi proses produksi, para siswa mengikuti kelas in house training di Bogasari Baking Center (BBC) selama 14 hari. BBC ialah unit pelatihan pengolahan makanan berbasis terigu yang sudah ada sejak tahun 1981 & ditujukan utk menghasilkan pekerja bahkan pelaku usaha di sektor makanan berbasis terigu.

Selama 14 hari sejak awal Februari, _para siswa belajar 6 paket utama pelatihan yang ada di BBC, start dari Bread Making, Cake Making, Noodle Making, Pastry, Cookies & Jajan Pasar. Pelatihan di BBC mengggunakan metode 80 praktik dan 20 teori.


"Kami sangat bangga bisa ikut vokasi di BBC. Terutama krn selama ini kami belum pernah sama sekali belajar khusus ilmu pastry di sekolah," ucap Bryan, siswa SMK Santa Maria dalam evaluasi tahap pertama. Setelah in house training di BBC, siswa SMK langsung mendampingi para baker BBC dalam melatih _para peserta pelatihan umum kurang lebih selama 2 minggu di bulan Februari. Dengan bekal pelatihan & pendampingan di atas, oleh sebab itu para siswa vokasi diterjunkan ke UKM untuk praktik langsung.


"Mereka praktik secara nyata dalam dunia usaha UKM selama 2 bulan. Selama itu mereka akan dinilai yang meliputi aspek, Keterampilan/Skill (40) Kreativitas (20), Disiplin Kehadiran (10), Kerja Sama (10), Kerapian (10), & Tata Krama (10)," papar Anwar. Setelah praktik kerja selama 2 bulan di UKM, para siswa akan mengikuti kembali vokasi di Bogasari sekaligus untuk evaluasi sekaligus pendalaman. Pimpinan Human Resources Bogasari ini pula berterima kasih kepada UKM Evalia Bakery dan Sari Utami Bakery karena sudah memberikan kesempatan ke-pada para siswa vokasi untuk belajar terjun langsung ke dunia usaha.

"Kami sangat senang bisa ikut berperan dalam program vokasi ini. Selain bentuk kepedulian, pula menjadi ajang seleksi bagi kami para UKM jika kelak membutuhkan tenaga kerja," ucap Sutrisno, pemilik Evalia Bakery.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Rabu , Maret 2019 )

Kecantikan hakiki bukan dari wajah, melainkan terpancar dari hati.

Selain siswa, dalam Program Vokasi Bogasari 2019 ini perwakilan tenaga pengajar dari kedua SMK pula akan menjalani in house training di BBC sesuai kebutuhan.

Waktu pelaksanaan fleksibel sesuai ketersediaan waktu guru & trainer dari BBC. "Pelatihan khusus guru ini juga penting utk menjaga keseimbangan muatan kurikulum antr siswa & guru," tambah Anwar. Sekian info yang kami sampaikan, update terus info menarik disini news.xcoid.com ( arsip berita Rabu /Maret )

Sumber: www*tribunnews*com/bisnis/2019/03/06/siswa+vokasi+bogasari+magang+di+ukm
Share Berita