Pemerintah Harap Warga Makin Sadar Bayar Pajak
Berita lengkap di hari Kamis , yuk ikuti info mengenai "Pemerintah Harap Warga Makin Sadar Bayar Pajak-#krsv0m", berikut selengkapnya :

Ilustrasi Photo Pajak (iStockphoto)news.xcoid.com, Jakarta Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengawasan Perpajakan, Puspita Wulandari menegaskan, pajak ialah instrumen fiskal yang digunakan pemerintah utk menjalankan program pembangunan. "Ada yang bilang tanpa pajak negara ambruk.

Setuju yah," kata dia, dalam Seminar di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Kaamis (14/3/2019). Penerimaan dari perpajakan, kata dia, telah memberikan kontribusi yang besar terhadap negara, tergolong untuk membiayai berbagai proyek pembangunan infrastruktur di Indonesia. "Untuk ketahanan air & pangan 55 bendungan telah di bangun. Konektivitas 782 kilometer jalan tol, 2.287 kilometer pembangunan jalan baru & sebagainya.

Ini hasil dari pajak," kata dia.

"Pajak tentu bagian dari APBN fungsi APBN perencanaan, pengawasan, alokasi, distribusi, dan stabilisasi. Pajak sumbang Rp 1.315 triliun dari total pendapatan negara," tutur dia. Pemerintah, melalui Kementerian Keuangan tentu akan terus berupaya mengedukasi warga agar semakin sadar membayar pajak.


Diketahui Indonesia menerapkan sistem perpajakan secara sukarela (self assesment), artinya pelaporan msh dilakukan dari masing-masing indvidu. "Yang diharapkan itu comply sukarela & berkesinambungan. Untuk itu berkaca terhadap diri sendiri," kata dia.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halamanKemenkeu: Uang Pajak Bakal Kembali Dinikmati Rakyat

Ilustrasi Foto Pajak (iStockphoto)

Sebelumnya, Kementerian Keuangan kembali menyindir tax ratio Iindonesia yang termasuk kecil di dunia.


Padahal, uang pajak dibutuhkan ke dalam anggaran negara agar negara dapat memutar uang tsb lewat investasi. "Penting utk meraih pertumbuhan ekonomic melalui investasi," tegas Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara dalam acara Maybank Economic Outlook 2019 pd_ Senin 3 Januari 2019 di Jakarta.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Maret 2019 )

Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang!.

Ia menyebut pajak yang optimal dpat menghasilkan anggaran yang sehat, hingga bisa membangun infrastruktur.

Tetapi, Suahasil menyebut pajak ngga sebatas membangun infrastruktur saja. Beberapa fungsi pajak yang dimaksud adalah untuk perlindungan sosial, daya beli, hingga membayar gaji pegawai pemerintah. Sayangnya, tax ratio di Iindonesia masih di kisaran 11 persen, malah pada tahun 2017 lebih kecil lagi.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Maret 2019 )

Anda akan menjadi orang yang tersisihkan jika tidak siap menghadapi perubahan.


"Salah satu yang terendah merupakan pada tahun 2017. Itu sesuatu yang tidak membahagiakan bagi kami," ujar Suahasil. Meski demikian, Suahasil menegaskan pemerintah pula tak hanya mencari pajak, melainkan memberikan beragam insentif pajak. Pada tahun 2016 dan 2017,total estimasi insentif pajak pemerintah mencapai Rp 143,4 triliun dan Rp 154,4 triliun. Tentunya pajak dikumpulan pemerintah.

Namun tidak itu saja. Pemerintah tak hanya mengumpulkan pajak, pemerintah pula menyediakan insentif pajak," tegas Suahasil.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


'
Pesan Sri Mulyani di Penghargaan Pajak


Sumber: s://www*liputan6*com/bisnis/read/3916756/pemerintah+harap+masyarakat+makin+sadar+bayar+pajak
Share Berita