Menkominfo Berharap Semua Operator Buka Jaringan Di Rute MRT Jakarta
Judul "Menkominfo Berharap Semua Operator Buka Jaringan Di Rute MRT Jakarta-#zoad5f(berita Maret 2019)", terus baca :

Menkominfo Rudiantara. News.xcoid.com/Andina Libriantynews.xcoid.com, Jakarta Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengharapkan semua operator seluler memberikan layanan di semua rute Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta.

"Idealnya smua operator harus membuka jaringan di rute dan stasiun MRT Jakarta, baik itu di tunnel (terowongan bawah tanah) atau di atas tanah. Kita maunya seperti di Singapura, di mana orang bisa berkomunikasi di mana saja saat naik MRT," kata Rudiantara usai membuka acara Future Digital Economy Lab di Jakarta, Senin (18/3/2019). Ia berujar, warga tentunya berharap _ada jaringan internet di jalur MRT sehingga mereka bisa berkomunikasi di bawah tanah atau stasiun-stasiun. Rudiantara menjelaskan, pada dasarnya itu ialah business to business (B2B) antara pengelola MRT dngn operator seluler.

"Jadi, apakah pihak MRT ingin ada coverage atau enggak di dalamnya. Tentunya, mesti ada pemikiran strategi, harus duduk sama-sama, dan seperti apa penerapannya nanti," ucap pria yang akrab disapa Chief RA tersebut.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Senin , Maret 2019 )

Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang!.

Namun, jikalau kedua belah pihak ditambah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jkrta merasa perlu _ada fasilitator dalam negosiasi, Kementerian Komunikasi & Informatika (Kemkominfo) siiap menjembatani.

Rudiantara menuturkan, kondisi industri seluler hari ini ada operator yang mampu menggelontorkan investasi besar, tetapi juga _ada yang tak bisa bekerjasama atau memiliki modal terbatas. "Semua operator pasti ingin melayani masyarakat. Oleh Sebab Itu dari itu, jangan jadikan fasilitas telekomunikasi sebagai alat untuk membatasi operator yang modalnya terbatas. Semua bisa masuk, tergantung besaran komposisinya.

Itu terserah mekanisme pasar (antara MRT Jakarta dengan operator)," ujarnya.2 dari 3 halamanKesiapan Jaringan Operator di Sepanjang Jalur MRT

Warga mengikuti uji coba publik pengoperasian MRT (Moda Raya Terpadu) di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/3). Uji coba MRT dilakukan mulai pukul 08.00-16.00 dngn total 98 perjalanan dalam sehari. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)PT Moda Raya Terpadu mulai membuka uji coba mass rapid transit (MRT) dari 12-24 Maret 2019 untuk warga Jakarta. Uji coba dilakukan pukul 08.00-16.00 dengan total 98 perjalanan dalam sehari.

Pantauan Tekno news.xcoid.com di media sosial, Juumat (15/3/2019), banyak warganet yang mengabadikan momen bersejarah ini. Bahkan di platform berbagi video YouTube, lebih dari satu warga yang membuat vlog tentang pengalaman mereka ketika menjajal MRT. Namun sayangnya, tak sedikit dari mereka yang mengeluh kehilangan sinyal sesaat MRT memasuki jalur bawah tanah. Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin mengaku pihaknya kebanyakan menerima keluhan sinyal seluler pada saat Ratangga (sebutan MRT Jakarta) melintas rel bawah tanah.

"Jadi, untuk evaluasi kebanyakan tentang sinyal seluler di bawah masih belum stabil," tutur Kamaluddin.

Lalu, bagaimana kesiapan operator seluler dalam menyediakan fasilitas internet di sepanjang jalur MRT?

Direktur Jaringan Telkomsel Bob Apriawan menyatakan sejauh ini hanya Telkomsel yang sudah memasang 48 BTS di 13 stasiun yang dilewati MRT Jakarta. "Total _ada 74 sektor dengan 222 NE BTS mixed 2G, 3G, & 4G. Untuk 4G, kami pakai carrier aggregation LTE FDD 1800 dan LTE TDD 2300 dikombinasikan," tuturnya.


Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Senin , Maret 2019 )

Segala memiliki awal pasti memiliki akhir.

Manager External Media Relations Telkomsel Singue Kilatmaka menambahkan, pihaknya serius melayani kebutuhan warga yang akan menggunakan MRT sebab moda tsb diperkirakan bakal menjadi primadona baru transportasi masyarakat metropolitan. "Di Jakarta, Telkomsel mengantongi 7,8 jutaan pelanggan. Perkiraan kami tunggu load trafik akan tinggi saat pagi dan sore jelang malam.

Layaknya di Singapura atau Hong Kong, pengguna MRT tentunya tetap mau eksis selama di jalan," katanya.

3 dari 3 halamanBagaimana dengan Operator Lainnya?

Petugas keamanan memeriksa calon penumpang saat akan mengikuti uji coba publik Mass Rapid Transit (MRT) di Jakarta, Selasaa (12/3). Uji coba publik berlngsg pada 12-23 Maret 2019. (merdeka.com/Imam Buhori)Adapun dua operator seluler besar Indosat Ooredoo & XL Axiata mengiyakan berkomitmen mendukung tersedianya layanan telekomunikasi di jalur MRT.

"Kami berkomitmen mendukung tersedianya layanan telekomunikasi di sepanjang jalur MRT. Sesaat ini kami msh dalam proses finalisasi utk kerjasama ini," kata Turina Farouk, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo via pesan singkat. Sementara Head of External Communication XL Axiata Henry Wijayanto menuturkan pihaknya tentu akan mendukung penyelenggaraan layanan telekomunikasi untuk membantu kelancaran warga dalam berkomunikasi, termasuk di jalur MRT.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Senin , Maret 2019 )

Impian tidak akan menggerakan seseorang untuk maju, alasan kuat dibalik impian itulah yang menggerakannya.


"XL Axiata bakal berkoordinasi dngn pihak terkait, termasuk penyedia layanan dan fasilitas MRT. Sesaat ini masih dalam tahap diskusi dngn pihak penyelenggara fasilitas di layanan MRT," ujarnya.

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini


'
Moda transportasi MRT Jakarta bersiap angkut penumpang umum gratis alias tanpa dipungut biaya. Berikut syarat-syaratnya.

Sekilas berita yang kami sharing, jika suka bantu sharing ya...

Sumber: s://www*liputan6*com/tekno/read/3919820/menkominfo+berharap+semua+operator+buka+jaringan+di+rute+mrt+jakarta
Share Berita