Makam Raja-raja Yogyakarta Longsor, Begini Kondisinya
Info-info hari Selasa , seputar "Makam Raja-raja Yogyakarta Longsor, Begini Kondisinya-#cwbkgh", news.xcoid.com, BANTUL Hujan yang melanda wilayah Bantul seharian Miinggu (17/3/2019( kemarin mengakibatkan longsor di kompleks pemakaman raja-rajaYogyakarta di Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta. Menurut saksi mata sekaligus abdi malem makam raja Imogiri, Joko Nugroho longsor terjadi pd_ Minggu (17/3/2019) petang.

"Tanah longsor berada di sisi barat area bangunan calon makam HB X dengan lebar areal sekitar 50 meter dan kedalaman lebih dari 100 meter," ucapnya saat ditemui TribunJogja.com (news.xcoid.com Network) Senin (18/3/2019). Penyebab longsor, kata Joko, diduga fondasi tak mampu menahan gerusan air & tanah secara terus menerus. "Kejadian longsor waktu malam & berdampak pd_ bangunan warga di bawahnya," tambahnya. Joko menduga longsor di area tsb lantaran adanya retakan akibat gempa pd_ 2006 lalu.

Kondisi ini, kata Joko yang menyebabkan air masuk dan membuat kekuatan tanah di bawahnya berkurang. Namun kendati demikian, longsor yang terjadi justru ada pada bangunan baru.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Selasa , Maret 2019 )

Menyandari kekurangan diri lebih baik, daripada mengada-ngadakan apa yang tidak di miliki.

"Memang bangunan tsb masuk kategori bangunan baru," pungkasnya.

Baca: Dua Org Terjebak Longsor Kedung Buweng Imogiri Bantul, Salah Satunya Bocah 9 Tahun

Tak hanya menyebabkan longsor di sisi barat bangunan, dari pengamatan tribunjogja.com, retakan tanah juga tampak di bagian depan pintu makam Hamengkubuwono ke IX.

Longsor yang terjadi di kompleks makam raja-raja Imogiri perlu ada tindakan segera.


Hal tersebut dikatakan _oleh Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Aris Eko Nugroho.

Namun sebelum dilakukan tindakan, Aris mengatakan masih perlu koordinasi terkait teknis dan anggaran utk melakukan perbaikan.



Hujan yang mengguyur seharian semalam mengakibatkan longsor di kompleks pemakaman raja-raja di Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta (Tribun Jogja/Wahyu Setiawan N)

"Melihat situasi di lapangan dulu kondisinya seper_ti apa, baru setelah itu kita diskusikan. Belum _ada tindakan apa-apa," kata Aris sesaat ditemui Tribunjogja.com sewaktu meninjau langsung lokasi makam yang longsor, Senin (18/3/2019) sore. Bagian yang longsor ini, kata Aris ialah bangunan lama sehingga perlu didiskusikan soal kebutuhan perbaikannya.


"Yang longsor ini bangunan lama, bkn bangunan yang baru. Ini yang perlu kami diskusikan kebutuhannya," jelasnya.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Selasa , Maret 2019 )

Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang atau belum dikerjakan oleh orang lain. tetapi perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh diri sendiri.

"Sebelum kesana perlu koordinasi dngn teman-teman di tingkat teknis & anggaran," paparnya.

Disinggung soal kemungkinan perbaikan menggunakan Danais, Aris mengatakan terbentur waktu yang lama untuk merevisi anggaran.

"Ini perlu cepat ya, jadi ini harus ada tindakan segera," ujarnya.

Baca: Dua Masyarakat Bantul Meninggal Dunia Akibat Banjir & Tanah Longsor

Berdasar pantauan Tribunjogja.com, lokasi yang longsor ini berdampak ke bawah yakni ke permukiman di Dusun Kedung Buweng, Wukirsari, Imogiri.

Tampak dari makam raja-raja Imogiri, longsoran tanah mengakibatkan jurang yang cukup dalam ke arah Dusun Kedung Buweng.

Sementara di bawah, dari kejauhan tampak ekskavator masih beroperasi untuk menyingkirkan material dan longsoran tanah.()

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Kompleks Makam Raja-raja di Imogiri, Bantul Longsor, http://jogja.news.xcoid.com/2019/03/18/kompleks-makam-raja-raja-di-imogiri-bantul-longsor.


Semoga info/tips/berita yang kami sampaikan dapat memperkaya wawasan anda ( news.xcoid.com berita Selasa /Maret /2019 )

Sumber: www*tribunnews*com/regional/2019/03/19/makam+raja+raja+yogyakarta+longsor+begini+kondisinya
Share Berita