Anak Muda Juga Rentan Terpapar Penyakit Jantung, Ini Penyebabnya
Arsip berita hari Minggu , mengenai "Anak Muda Juga Rentan Terpapar Penyakit Jantung, Ini Penyebabnya-#br4pav" selengkapnya :

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

news.xcoid.com, TANGERANG Pasien penyakit Kardiovaskular di Iindonesia semakin bertambah banyak tiap tahunnya bahkan, tak mengenal usia.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Minggu , April 2019 )

Tiap-tiap tempat ada kata-katanya yang tepat, dan pada setiap kata ada tempatnya yang tepat.


Penyakit jantung atau kardiovaskular pun kini lebih dari satu menyerang _para anak-anak muda bkn hanya orang tua saja dan makin bertambah setiap tahunnya. Kardiovaskular sendiri adalah gangguan pd_ jantung & pembuluh darah, tergolong diantaranya penyakit jantung koroner (PJK), gangguan irama jantung atau aritmia, gagal jantung, hipertensi & stroke. "Indonesia soal penyakit jantung sangat memprihatinkan. Dari data WHO, sekitar 17,9 juta atau 31 persen dari angka kematian global, disebabkan karena penyakit ini," ungkap dokter Sunanto, seorang dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Siloam Hospital, Sa-btu (6/4/2019).

Baca: Khasiat Putih Telur Bagi Kesehatan Tubuh, Turunkan Risiko Jantung hingga Perkuat Otot

Dari data yang ia punya, tahun 2003 pengidap penyakit kardiovaskular di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta Barat mayoritas berusia 40-50 dan paling muda 30 tahun.


Namun, menurutnya, sekarang pengidap penyakit mematikan tersebut bisa berumur 25 thn bahkan lebuh muda. "Sekarang berbeda, kemarin banget kami baru menangani pasien usia 25 tahun karena serangan jantung. Jam dua subuh lngsg masuk kamar operasi utk penanganan PCI atau pemasangan ring," jelas Sunanto. Ia menekankan, kardiovaskular menyerang muda mudi Indonesia bukan tanpa karena melainkan krn gaya hidup yang tidak sehat dikalangan remaja.

Seperti merokok bisa menghabiskan satu bungkus per harinya, sehingga gemar memakan makanan cepat saji yang mengandung kolesterol tinggi.

"Kalau resiko yang bisa dihindari seper_ti stop merokok & hidup sehat dngn olahraga, itu akan menghindari usia muda terkena kardiovaskular," tutur Sunanto. Walau terkadang penyakit jantung atau kardiovaskular bisa sebab keturunan, tetapi ada bbrp ciri-ciri kita terserang penyakit mematikan itu.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Minggu , April 2019 )

iri hati, selain membawa penderitaan, juga menjerumuskan manusia ke jurang permusuhan bahkan peperangan.

Seperti sakit dada seperti berat tertimpa benda, pd_ bagian dada depan terus ke kiri, menjalar ke leher punggung yang disertai keringat dingin.

Bila merasakan hal seper_ti itu, Sunanto menganjurkan untuk segera menuju rumah sakit terdekat untuk diperiksa. "Karena serangan jantung pun bisa terjadi di mna dan kapan saja, bisa sdng tidur, tengah duduk, atau habis main futsal. Ngga ada apapun yang bisa memicunya," jelas dia. Bila menderita penyakit jantung, pasien dapat ditangani menggunakan teknik pemasangan ring atau operasi bedah bypass.

Menurut dokter Dicky Aligheri yang juga merupakan dokter spesialis bedah toraks & kardiovaskular Siloam Hospital, penanganan bakal diambil dari tingkat keparahan sumbatan di pembuluh darah menuju jantung. "Misalnya sumbatan hanya di satu titik pembuluh dan memungkinkan untuk PCI, oleh sebab itu akan dilakukan langkah tersebut. Namun bila sumbatan pembuluh darahnya di lebih dari satu tempat, lebih dari tiga titik, pengapuran keras, ya mesti di bypass," jelas Dicky. Operasi bypass ialah upaya mengambil jalan pintas bagian pembuluh darah koroner yang mengalami penyumbatan akibat penumpulkan lemak, kolesterol & kotoran sel.

"Dengan cara menggunakan pembuluh darah arteri atau vena dari tubuh pasien sendiri. Bisa mengambil dari pembuluh darah di kaki atau belakang dinding dada. Alternatifnya dari tangan atau perut," tutur Dicky. Terus baca berita di hari Minggu ini banyak berita yang akan kami update lagi!! semoga menambah wawasan anda

Sumber: www*tribunnews*com/kesehatan/2019/04/07/anak+muda+juga+rentan+terpapar+penyakit+jantung+ini+penyebabnya
Share Berita