Pengamat Ini Bilang Wacana People Power Amien Rais Hadapi Kecurangan, Sembrono
Berita nasional mengenai politik, kriminal, daerah diseluruh indonesia, dapat dibaca di kanal berita nasional news.xcoid.com, silahkan lanjut berita tentang "Pengamat Ini Bilang Wacana People Power Amien Rais Hadapi Kecurangan, Sembrono-#eyhsap" :

Laporan Wartawan news.xcoid.com, Glery Lazuardi

news.xcoid.com, JAKARTA Direktur Pusat Pengkajian Pancasila dan Konstitusi (Puskapsi) Fakultas Hukum Universitas Jember, Bayu Dwi Anggono, menilai pernyataan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais tentang people power berpotensi membahayakan. Bayu beralasan usai ada mekanisme mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai lembaga yang berperan menerima pengajuan gugatan sengketa pemilu untuk pihak-pihak yang keberatan terhadap hasil pemilu.


"Ini pernyataan yang sembrono, gegabah, berbahaya & mengancam keberlanjutan negara hukum demokratis kita," tutur Bayu dalam sesi diskusi Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara (APHTN-HAN) di Skolah Tinggi Hukum Indonesia (STHI) Jentera, Seniin (15/4/2019). Dia menyatakan, keberadaan KPU, selaku lembaga independen yang menyelenggarakan pemilu ditambah keberadaan MK yang menjalankan fungsi check and balances, merupakan desain bagus untuk demokrasi dan hukum di Indonesia. "Telah kita adopsi sejak 2001 pd_ saat perubahan ke-3 (Undang-Undang Dasar 1945,-red), lahir pasal 24 c ayat 1 yang memberikan kewenangan kepada Mahkamah Konstitusi.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Selasa , April 2019 )

cermin akan memantulkan apa yang ada di hadapannya, demikian juga hasil perbuatan kita, baik atau buruk itulah yang akan kita terima.


Slh satunya merupakan perselisihan hasil pemilihan umum," kata dia.

Baca: Manfaatkan Dua Fitur untuk Hentikan Video Berkonten Negatif Supaya Tidak Terpapar ke Anak

Sehingga, kata dia, akan menjadi anomali apabila Amien Rais, yang pada sesaat itu menjabat sebagai Ktua MPR RI & orang yang berperan melahirkan perubahan pasal 24 C ayat 1 UUD 1945, justru mewacanakan people power. "Menjadi anomali, justru menganggap keberadaan Mahkamah Konstitusi tak berguna," kata Bayu.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Selasa , April 2019 )

iri hati, selain membawa penderitaan, juga menjerumuskan manusia ke jurang permusuhan bahkan peperangan.

People Power

Sebelumnya, Ktua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengatakan, pihaknya bakal menyiapkan aksi massa besar jikalau sampai muncul dugaan kecurangan dalam pelaksanaan Pilpres 2019.

"Kalau tunggu terjadi kecurangan, kita enggak bakal ke MK (Mahkamah Konstitusi).


Enggak _ada gunannya, tetapi kita pilih people power, sebab itu sah," kata Amien Rais, Miinggu (31/3/2019).

Baca: Isi Miinggu Tenang, Saat Ini Capres Prabowo Hadiri Wisuda Mahasiswa Universitas Kebangsaan

Saat menjadi juru kampanye dalam kampanye terbuka Capres 02 Prabowo Subianto di Stadion Kridosono Yogyakarta, Seniin (8/4/2019) Amien Rais menyampaikan lagi peringatannya ke KPU.

"Kalau KPU curang, kita punya bukti telak maka kita bakal menggerakkan kekuatan rakyat, people power tanpa _ada setetes darah pun," kata Amien Rais. Amien sesudah mengajak warga mengenang peristiwa 1998 ketika Orde Baru berhasil dilengserkan lewat people power yang diikuti ratusan ribu massa dan menduduki gedung MPR.

"Kita masih ingat, kita mengganti Orde Baru dengan reformasi lewat people power, semua damai.


People power itu bkn gontok-gontokan (berantem) itu kata Sontoloyo. Kita ini damai & damai," kata Amien Rais. "Kalau tahu dicurangi & hanya diam, kita menjdi bagian orang yang pekok (dungu). Dan people power itu konstitusional dan dijamin UUD.

KPU, Disdukcapil & Depdagri mesti hati-hati. Jika kalian curang pasti konangan (ketahuan)," Amien Rais memperingatkan. Sekilas berita yang kami sharing, jika suka bantu sharing ya...

Sumber: www*tribunnews*com/pilpres+2019/2019/04/16/pengamat+ini+bilang+wacana+people+power+amien+rais+hadapi+kecurangan+sembrono
Share Berita