Cara Melatih Otak Untuk Meminimalisir Risiko Pikun Di Usia Tua
Info terkini mengenai "Cara Melatih Otak Untuk Meminimalisir Risiko Pikun Di Usia Tua-#svqs8y" pada Minggu Mei , ayuk baca lengkapnya : news.xcoid.com Seiring bertambahnya usia, daya ingat manusia pasti menurun. Maka seseorang yang telah memasuki usia lanjut (lansia) berpeluang besar pikun.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Minggu , Mei 2019 )

Jangan pernah berputus ada jika menghadapi kesulitan, karena setiap tetes air hujan yang jernih berasal daripada awan yang gelap.

Untuk mengatasi kepikunan agar tidak menjadi parah, ada yang bisa dilakukan _oleh para lansia ini yaitu dngn melatih otak mereka. Dikutip dari npr.org, Jessica Langbaum, spesialis dalam pencegahan alzheimer mengatakan bahwa agar otak tetap tajam & sehat seseorang harus rutin melatih otot mentalnya.

Ia mengungkapkan, orang-orang yang memiliki banyak interaksi sosial, terutama di usia pertengahan, memiliki risiko yang lebih rendah dari kepikunan di sesudah hari.

Baca: Sesaat Nenek Pikun Tersesat Sehingga 4 Km Dari Rumahnya

Alih-alih menggunakan program pelatihan otak formal, dia hanya menyarankan melakukan sesuatu hal yang baru & membuatmu senang krn itu merupakan kuncinya.


Jangan lakukan yang membuat kita bosan & tidak senang, krn itu bakal mengurangi daya ingat seseorang.

Berikut latihan otak sederhana utk lansia yang munkin bisa mmbuat senang sesaat melakukannya :

- Buat peta

Ketika seseorang sering bepergian ke tempat-tempat baru, tentunya ia juga akan mempelajari jalanan yang baru saja dia lewati sehingga ia sampai pada tujuannya.

Baca: Tanda-tanda Berbahaya Bagi Penderita Diabetes yang Jalankan Puasa

Dengan berlatih mmbuat peta sesuai dengan tempat-tempat baru yang dikunjungi tersebut tentunya ia akan dituntut untuk berpikir dan mengingat-ingat nama jalan, gang, serta nama tempat yang digunakan sebagai acuan agar sampai pada tujuan.

Hal inilah yang dapat membantu otak mengatur ingatan hingga otak dpat tetap sehat.

- Buat kuis sendiri

Membuat kuis utk diri sendiri adalah sebuah hal yang terasa menyenangkan bagi sebagian orang.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Minggu , Mei 2019 )

Semakin baik kamu menata perilaku, semakin banyak kebaikan yang kamu kemas ke dalam hidup.


Misalnya saja dengan membuat dan menghafal barang berlanjaan, kemudian hitung butuh wa_ktu berapa lama mengingat daftar itu, selanjutnya usahakan untuk semakin memperumit daftar tsb dan mempersingkat waktu menghafalnya.

- Belajar bahasa asing

Siapa sangka dngn belajar bahasa asing ternyata otak seseorang dapat terhindar dari penuaan serta penurunan kognitif. Hingga bagi seseorang yang masih malas mempelajari bahasa asing, hal ini patut dipertimbangan lagi. Dalam sebuah studi yang berjudul "The Impact of Sustained Engangement on Cognitive Function in Older Adults: The Synapse Project" yang dipublikasikan pd_ tahun 2013 mengungkapkan bahwa ternyata seseorang yang mempelajari hal baru termasuk bahasa asing yang kompleks dalam jangka wa_ktu yang lama dapat melindungi otak menua & penurunan fungsi kognitif.


Berita ini sebelumnya telah dimuat di Gridhealth.Id dengan judul Rawan Kepikunan di Usia Lanjut, Kurangi Dngn Latihan Otak Ini


Sumber: www*tribunnews*com/kesehatan/2019/05/11/cara+melatih+otak+untuk+meminimalisir+risiko+pikun+di+usia+tua
Share Berita