Mengapa Orang Jakarta Rentan Obesitas Dan Diabetes? Diduga Gaya Hidup Urban Pemicunya
Baca informasi mengenai "Mengapa Orang Jakarta Rentan Obesitas Dan Diabetes? Diduga Gaya Hidup Urban Pemicunya-#wmp3ew", pada hari Minggu ini, diliput selengkapnya : news.xcoid.com Berbagai masalah kesehatan menghantui orang-orang yang tinggal di kot'a besar seper_ti Jakarta. Dan sebagian besar masalah kesehatan yang dialami yakni obesitas dan diabetes.

Hal ini ditunjukkan dalam riset yang dilakukan oleh Dicky L. Tahapary, Lecturer at the Division of Endocrinology and Metabolism, Department of Internal Medicine, Faculty of Medicine. Ia pula seorang Researcher at The Metabolic, Vascular, and Aging Cluster, The Indonesian Medical Education and Research Institute (IMERI), Universitas Indonesia. Tinggal di Jakarta "menyumbang" timbunan lemak lebih lebih dari satu dalam tubuh individu dan berpotensi meningkatkan risiko diabetes melitus.

Gaya hidup urban, seper_ti konsumsi makanan cepat saji yang berkalori tinggi dan lebih banyak menghabiskan waktu duduk di depan komputer, diduga kuat menjadi pemicu kegemukan.

Baca: Kenali Tanda-tanda Berbahaya bagi Penderita Diabetes yang Jalankan Puasa

"Riset aku pada 2013-2015 menunjukkan tiap satu thn tinggal di Jakarta indeks massa tubuh seseorang meningkat 0,15 kilogram/meter persegi."

"Bila rata-rata tinggi badan laki-laki di Iindonesia 160 sentimeter, maka berat badan naik sebesar 0,4 kg/tahun. "Selain itu, tinggal di perkotaan dikaitkan dengan peningkatan kegemukan di daerah perut (obesitas sentral). Tinggal di kota menambah lingkar perut rata-rata 0,5 sentimeter per tahun," tulisnya, melansir National Geographic.

Baca: Simak Gaya Hidup Org Bebas Stres, Ingin Seperti Mereka?

Indeks massa tubuh dan lingkar perut ialah penanda adanya penumpukan lemak dalam tubuh, jadi terkait erat dngn obesitas dan risiko diabetes melitus.

Temuan ini makin diperkuat _oleh hasil Riset Kesehatan Dasar terbaru yang dirilis akhir 2018 lalu.

"Hasil riset ini sungguh mengejutkan karena setidaknya satu dari tiap tiga org dewasa (35) di Indonesia mengalami masalah obesitas (indeks massa tubuh gt25 kg/m2)."

"Angka ini meningkat tajam dibanding riset serupa pd_ 2007 & 2013, masing-masing sebesar 19 & 26," sambungnya.


Sejalan dngn kenaikan angka obesitas, jumlah penduduk dewasa dngn diabetes melitus di Indonesia juga terus menanjak. "Saat ini setidaknya satu dari 10 org dewasa (10,9) di Indonesia menyandang diabetes melitus. Angka ini naik tajam dari angka sebelumnya pd_ 2007 (5,7) & 2013 (6,9)."

Obesitas, kondisi medis berupa kelebihan lemak tubuh, menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan individu seper_ti diabetes melitus atau kencing manis. Diabetes melitus ialah beban yang besar bagi Iindonesia karena dikaitkan dengan timbulnya berbagai komplikasi seperti jantung, gagal ginjal, kebutaan, amputasi, & stroke.


Penyakit ini juga dikaitkan dngn beban pembiayaan kesehatan yang tinggi.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Minggu , Mei 2019 )

Kau bisa bersembunyi dari kesalahanmu, tapi tidak dari penyesalan. Kau bisa bermain dengan dramamu, tapi tidak dengan karmamu.

Penelitian Dicky pada 2013 menunjukkan angka diabetes melitus lebih tinggi di daerah perkotaan dibandingkan dari daerah pedesaan.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Minggu , Mei 2019 )

iri hati, selain membawa penderitaan, juga menjerumuskan manusia ke jurang permusuhan bahkan peperangan.


Sebagai kelanjutan riset ini pada 2014 & 2015, dia juga membandingkan 154 laki-laki dngn latar belakang genetik dan usia yang sama antara 18-65 tahun yang tinggal di Nangapanda, Ende (Flores, Nusa Tenggara Timur).

Dari jumlah itu, sebanyak 105 org tetap di sana (pedesaan) dan 49 orang pindah dan tinggal di Jkrta lebih dari satu tahun. Hasilnya, laki-laki yang tinggal di daerah perkotaan mempunyai resistensi insulin dan rata-rata kadar gula darah yang lebih tinggi dari pada orang yang tinggal di pedesaan.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Minggu , Mei 2019 )

Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang atau belum dikerjakan oleh orang lain. tetapi perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh diri sendiri.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Minggu , Mei 2019 )

Bukan karena harta yang melimpah/apa yang dimilik, orang dihormati. kehormatan adalah penghargaan bagi orang yang telah memberikan sesuatu yang berarti bagi orang yang membutuhkan.


Pada resistensi insulin, insulin (hormon utama utk menurunkan kadar gula dalam darah) tak dapat berfungsi optimal hingga kadar glukosa darah tinggi & akhirnya menyebabkan diabetes melitus. "Dari temuan ini aku dapat simpulkan bahwa penduduk perkotaan lebih rentan terkena penyakit diabetes melitus dibanding penduduk pedesaan," jelas Dicky lagi. Tingginya resistensi insulin pd_ individu perkotaan ini terkait dengan temuan riset tersebut: bahwa individu perkotaan mempunyai rata-rata bobot tubuh yang lebih berat dibanding orang yang tinggal di pedesaan, terutama dalam hal lemak tubuh yang lebih tinggi. Perbedaan kegemukan & risiko diabetes antara masyarakat pedesaan dan perkotaan sangat mungkin disebabkan _oleh perbedaan dalam hal gaya hidup, terutama terkait perbedaan pola asupan makanan & aktivitas fisik.

Perubahan gaya hidup sebab urbanisasi mendorong masyarakat mengurangi aktivitas fisik namun meningkatkan konsumsi makanan cepat saji yang mengandung lemak, garam, dan kalori dalam kadar tinggi. Penduduk perkotaan cenderung mempunyai waktu lebih banyak duduk di depan komputer dngn mobilitas yang cenderung terbatas. Sedangkan penduduk pedesaan memiliki mobilitas yang lebih lebih dari satu dan aktivitas yang lebih berat seperti bertani & berburu di hutan.

Kedua hal ini, yaitu konsumsi makanan berkalori tinggi dan kurangnya aktivitas fisik menyebabkan adanya keseimbangan energi berlebih hingga disimpan dalam bentuk timbunan lemak di tubuh, yang jika berlebihan bakal menyebabkan obesitas dngn berbagai komplikasinya.

Tapi bkn berarti tinggal di desa bakal bebas dari penyakit ini.


"Penelitian yang kami lakukan pada 2014-2015 menunjukkan bahwa menjaga pola makan yang sehat merupakan hal yang penting untuk mencegah diabetes melitus," ujar Dicky. Ada empat langkah penting utk mencegah obesitas dan diabetes mellitus, yaitu menjaga pola makan yang sehat, terapkan pola hidup aktif, kenali faktor risikonya, & periksa se_cara berkala. Selain menjaga pola hidup sehat dngn pola makan yang sehat dan aktif se_cara fisik, kita juga perlu meningkatkan kesadaran kita utk mengenali faktor risiko & memeriksa se_cara berkala utk mengidentifikasi obesitas & diabetes melitus. "Jadi kesehatan tubuh bkn hanya ditentukan tempat di mana Anda tinggal, tapi juga oleh makanan apa yang saja yang masuk ke mulut Anda & seberapa lebih dari satu aktivitas fisik Anda," tandasnya.

Berita ini sebelumnya usai dimuat di Gridhealth.Id dengan judul Hati-hati Tinggal di DKI Jakarta, Risikonya Tinggi Terkena Diabetes dan Obesitas

Demikiannlah berita hari Minggu mengenai ( Mengapa Orang Jakarta Rentan Obesitas Dan Diabetes? Diduga Gaya Hidup Urban Pemicunya-#wmp3ew ), info pencarian terkait berita ini, mengapa,orang,jakarta,rentan,obesitas,dan,diabetes?,diduga,gaya,hidup,urban,pemicunya, diabetes, tinggal, melitus

Sumber: www*tribunnews*com/kesehatan/2019/05/11/mengapa+orang+jakarta+rentan+obesitas+dan+diabetes+diduga+gaya+hidup+urban+pemicunya
Share Berita