Rentan Dehidrasi Sesaat Ibadah Puasa, Bagaimana Cara Mengatasinya?
Berita lengkap di hari Minggu , yuk ikuti info mengenai "Rentan Dehidrasi Sesaat Ibadah Puasa, Bagaimana Cara Mengatasinya?-#bblgcp", berikut selengkapnya : news.xcoid.com Rasa haus yang muncul saat menjalani ibadah puasa ialah hal lumrah terjadi sebab jumlah air yang kita konsumsi ngga sebanyak biasanya.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Minggu , Mei 2019 )

Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang atau belum dikerjakan oleh orang lain. tetapi perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh diri sendiri.


Munculnya rasa haus serta kurangnya asupan air ini adalah tanda-tanda dari dehidrasi & bisa memengaruhi fungsi tubuh kita. Ketika seseorang mengalami dehidrasi, mungkin muncul berbagai efek seperti konstipasi, pusing, kelelahan, serta kulit menjadi kering.

Untuk menjaga supaya tubuh tetap mempunyai kadar air yang cukup selama berpuasa ini, terdapat bbrp hal yang bisa kita lakukan sesaat sahur & buka.

Baca: Tanda-tanda Berbahaya Bagi Penderita Diabetes yang Jalankan Puasa

Dilansir dari Islamic Finder, berikut sejumlah cara utk membuat tubuh tak kekurangan cairan selama ibadah puasa.

1. Memperbanyak konsumsi minum air putih

Hal ini penting dilakukan, apalagi jika kita lebih dari satu beraktivitas di luar ruangan yang panas.


Minum dengan jumlah ckup pada saat sahur & berbuka supaya tak lemas kehausan sesaat berpuasa.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Minggu , Mei 2019 )

Jangan pernah berputus ada jika menghadapi kesulitan, karena setiap tetes air hujan yang jernih berasal daripada awan yang gelap.

2. Menghindari makan asin

Makanan dngn kandungan tinggi sodium bisa memicu rasa haus terutama ketika kita tengah berpuasa.

3. Mengonsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah mempunyai banyak kandungan air & serat sehingga sangat cocok dikonsumsi ketika berpuasa.

Baca: Manfaat Rajin Minum Air Putih Hangat Tiap Pagi

Kedua jenis makanan ini pula bertahan cukup lama di usus & menjaga kadar air pada tubuh hingga kita ngga bakal kehausan.


4. Menghindari minum air dalam jumlah banyak sekaligus

Meski disarankan utk minum air, sebaiknya jgn minum dalam jumlah banyak secara langsung/sekaligus terutama sambil makan. Hal in bisa mmbuat kita merasa cepat kenyang sehingga perut terasa seper_ti sudah mendapat jumlah air dan makanan yang tepat padahal sebenarnya belum.

5. Menghindari jus & minuman bergula

Konsumsi jus dan minuman manis lainnya memang menyegarkan ketika berpuasa. Namun sebaiknya mengganti kedua jenis minuman tersebut dengan air putih sebab kandungan gula yang tinggi pada keduanya bisa mmbuat badan jadi gemuk.


6. Mengonsumsi kurma

Kurma ialah buah yang selalu menjdi primadona di saat bulan Ramadan. Manfaatnya, kurma dapat membuat cairan dalam tubuh tercukupi krn buah ini merupakan sumber alami glukosa yang membuat tubuh menyimpan cairan & memenuhi energi pd_ tubuh.

Berita ini sebelumnya tayang di Gridhealth.Id dengan judul Jangan Sampai Dehidrasi, Begini Cara Menjaga Cairan Tubuh Ketika Berpuasa


Sumber: www*tribunnews*com/kesehatan/2019/05/11/rentan+dehidrasi+saat+ibadah+puasa+bagaimana+cara+mengatasinya
Share Berita