Apa Sebenarnya Monkeypox Atau Cacar Monyet? Berikut Cara Penularan Sehingga Mengancam Indonesia
Arsip berita hari Selasa , mengenai "Apa Sebenarnya Monkeypox Atau Cacar Monyet? Berikut Cara Penularan Sehingga Mengancam Indonesia-#decbio" selengkapnya : Berikut ini pengertian dari penyakit monkeypox atau cacar monyet dan cara penularan sehingga mengancam bakal masuk di wilayah Indonesia. news.xcoid.com Penyakit monkeypox atau cacar monyet telah terkonfirmasi menyebar di wilayah Singapura pada 8 Mei 2019 lalu.

Penyakit monkeypox atau cacar monyet ini pertama diketahui sesudah Pemerintah Singapura menemukan seorang masyarakat yang positif mengidap penyakit tersebut.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Selasa , Mei 2019 )

jangan pernah berpikir untuk menyerah,karena jika kamu mau berusaha, Tuhan pasti membantu melewatinya.

Diketahui, penyakit monkeypox atau cacar monyet ini terbawa _oleh warga negara Nigeria berusia 38 tahun.

Baca: Berita Terkini Cacar Monyet alias Monkeypox, Beda dngn Cacar Air sehingga Mengancam Batam

Baca: Kasus Monkeypox atau Cacar Monyet di Afrika 2018: 42 Kematian Tercatat di Republik Demokrasi Kongo

Pria Nigeria tersebut datang ke Singapura pada 28 April & terbukti positif mengidap cacar pd_ 8 Mei. Saat ini, pria yang mengidap cacar monyet tersebut, tengah diisolasi di National Centre for Infectious Diseases & dalam keadaan stabil.


Selain pria Nigeria tersebut, terdapat pula 22 org lainnya yang teridentifikasi melakukan kontak dengan pasien ini.



Kondisi tangan yang terkena penyakit monkeypox atau cacar air.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Selasa , Mei 2019 )

jangan pernah berpikir untuk menyerah,karena jika kamu mau berusaha, Tuhan pasti membantu melewatinya.

(The Straits Times)Saat ini, mereka di bawah pengawasan dokter untuk dilakukannya pencegahan penyebaran penyakit monkeypox atau cacar monyet.

Lantas, bagaimana cara penularan penyakit mokeypox atau cacar monyet ini?

Penyebaran virus biasanya terjadi ketika seseorang melakukan kontak dekat dengan hewan yang terinfeksi, seper_ti tikus, melalui perburuan dan konsumsi bushmeat.

Bushmeat adalah daging hewan liar yang diburu & dijual untuk makanan dan merupakan sumber protein yang populer di bbrp bagian Afrika.

Baca: Serang Warga Nigeria di Singapura, Apa Ciri-ciri Virus Monkeypox atau Cacar Monyet?

Baca: Singapura Yakin Risiko Penyebaran Virus Monkeypox di Negaranya Rendah

Penularan penyakit antara manusia mungkin namun terbatas, karena seseorang hanya menular ketika ia memiliki gejala, terutama ruam kulit, kata Depkes.


Penyebaran virus terjadi terutama melalui partikel-partikel pernapasan tetesan, & biasanya memerlukan kontak tatap muka yang berkepanjangan. Gejala yang akan timbul bagi penderita monkeypox atau cacar monyet ini biasanya mengalami demam, sakit kepala, sakit otot, sakit tubuh, pembengkakan kelenjar getah bening & ruam kulit.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Selasa , Mei 2019 )

jangan pernah berpikir untuk menyerah,karena jika kamu mau berusaha, Tuhan pasti membantu melewatinya.

Dalam bbrp kasus, virus dapat menyebabkan komplikasi serius seper_ti pneumonia, radang otak dan infeksi mata.

Monkeypox biasanya sembuh sendiri, dngn sebagian besar pasien pulih dalam dua hingga tiga minggu, menurut Departemen Kesehatan.

Kematian akibat monkeypox bervariasi di antr wabah, tetapi dilaporkan kematian terjadi kurang dari 10 persen, sebagian besar terjadi di kalangan anak-anak.

Baca: Cara Cegah Penyakit yang disebabkan Virus Langka Monkeypox

Baca: Mengenal Tanda-tanda Virus Monkeypox seperti yang Dialami Masyarakat Nigeria di Singapura

Lalu, apakah penyakit monkeypox atau cacar monyet ini sama dengan cacar air yang umum diderita oleh manusia?

Tak sekedar yang mengira cacar monyet sama dngn cacar air atau cacar biasa alias smallpox.

Dikutip dari TribunStyle.com, berikut perbedaannya:

- Cara Penularan

Cacar monyet paling sering ditularkan dari hewan ke manusia, meski ngga menutup kemungkinan untuk terjadi dari manusia ke manusia.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Selasa , Mei 2019 )

Impian tidak akan menggerakan seseorang untuk maju, alasan kuat dibalik impian itulah yang menggerakannya.


Penularan penyakit cacar monyet bisa terjadi melalui kontak dengan darah, cairan tubuh, atau luka terbuka pada kulit dan mukosa hewan.

Baca: Warga Nigeria yang Terdeteksi Monkeypox di Singapura Mendapatkan Perawatan Khusus

Baca: 6 Fakta Virus Monkeypox, Penyakit Cacar Monyet yang Pertama Kali Muncul di Singapura

Selain itu, konsumsi daging yang terinfeksi virus pula bisa menjadi faktor risiko terjadinya penularan cacar monyet. Sementara itu, cacar (smallpox) sangat mudah menular dari manusia ke manusia.

Media penularannya merupakan melalui percikan air liur (droplets) atau kontak lngsg dengan tubuh seseorang yang sudah terinfeksi.


'

- Masa Inkubasi

Cacar monyet mempunyai masa inkubasi selama 5 21 hari. Sedangkan, masa inkubasi cacar (smallpox) berlngsg selama 7 19 hari.


Masa inkubasi merupakan waktu sejak virus masuk ke dalam tubuh hingga menyebabkan timbulnya gejala awal dari penyakit.

- Gejala yang Timbul

Gejala cacar monyet termasuk mirip dengan cacar (smallpox), seperti demam tinggi, nyeri otot, sakit kepala, dan timbul ruam di kulit.

Baca: Virus Monkeypox atau Cacar Monyet Muncul di Singapura utk Pertama Kalinya, Kemenkes Mengkonfirmasi

Baca: Virus Langka Monkeypox, Kenali Gejalanya

Namun, pd_ kasus cacar monyet, gejala yang terjadi biasanya bersifat lebih ringan. Gejala khas lain yang membedakan cacar monyet dengan cacar (smallpox) ialah adanya pembesaran kelenjar getah bening, d`mna gejala tersebut hanya terjadi pd_ cacar monyet.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Selasa , Mei 2019 )

iri hati, selain membawa penderitaan, juga menjerumuskan manusia ke jurang permusuhan bahkan peperangan.

- Cara Pencegahan

Belum ada cara pencegahan yang spesifik untuk cacar monyet.


Pencegahan terfokus pd_ menghindari faktor-faktor risiko yang ada, misalnya menunda berkunjung ke negara-negara endemis penyakit, menghindari kontak langsung dengan hewan primata atau pengerat di wilayah tertentu & perilaku sejenisnya. Di sisi lain, cacar bisa dicegah dngn pemberian vaksin smallpox sambil menghindari faktor-faktor risiko yang ada. Akan tetapi, sejak cacar (smallpox) sudah berhasil dieradikasi pada tahun 1980, vaksin cacar (smallpox) sudah tidak dipasarkan secara luas.

Dikutip dari Tribun Batam, virus cacar monyet di Singapura ini ternyata juga mengancam wilayah Indonesia, terutama Batam.

Baca: Kasus Monkeypox atau Cacar Monyet di Afrika 2018: 42 Kematian Tercatat di Republik Demokrasi Kongo

Baca: Singapura Yakin Risiko Penyebaran Virus Monkeypox di Negaranya Rendah

Batam ialah daerah di Iindonesia yang sangat berbatasan langsung dengan Singapura.


Bahkan tak sedikit warga asing maupun WNI melakukan aktivitas lintas daerah Singapura & Batam. Untuk itu, Dinkes Batam melakukan berbagai persiapan pencegahan. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kot'a Batam, bekerja sama dngn Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) untuk memasang thermal Detector khusus di pelabuhan International, utk mendeteksi wisatawan atau warga luar negeri yang masuk ke Batam, membawa virus cacar monyet. "Saat ini kita belum ada indikasi masyarakat luar yang terinfeksi cacar monyet masuk ke Batam, tetapi kita sudah melakukan langkah awal dngn memasang thermal detector," kata Didi Kusmarjadi, Kadinkes Batam, Miinggu (12/5/2019).

Didi mengatakan, saat ini khusus masyarakat Batam & warga Singapura dan Malaysia yang keluar masuk dari pelabuhan internasional, akan dilakukan pemeriksaan.

(news.xcoid.com/Whiesa)

Batam adalah daerah di Iindonesia yang sangat berbatasan lngsg dengan Singapura. Bahkan ngga sedikit masyarakat asing maupun WNI melakukan aktivitas lintas daerah Singapura dan Batam. Untuk itu, Dinkes Batam melakukan berbagai persiapan pencegahan.


Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, bekerja sama dngn Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) untuk memasang thermal Detector khusus di pelabuhan International, utk mendeteksi wisatawan atau warga luar negeri yang masuk ke Batam, membawa virus cacar monyet. "Saat ini kita belum ada indikasi warga luar yang terinfeksi cacar monyet masuk ke Batam, tapi kita usai melakukan langkah awal dngn memasang thermal detector," kata Didi Kusmarjadi, Kadinkes Batam, Miinggu (12/5/2019). Didi mengatakan, saat ini khusus masyarakat Batam dan warga Singapura & Malaysia yang keluar masuk dari pelabuhan internasional, bakal dilakukan pemeriksaan.

(news.xcoid.com/Whiesa)


Dibantu sharing beritanya ya teman-teman news.xcoid.com, Terima kasih semuanya..

Sumber: www*tribunnews*com/kesehatan/2019/05/14/apa+sebenarnya+monkeypox+atau+cacar+monyet+berikut+cara+penularan+hingga+mengancam+indonesia
Share Berita