Mantan Danjen Kopassus Soenarko Ditangkap, Miliki Senjata M4, Provokasi Kepung Istana Dan KPU
Baca informasi mengenai "Mantan Danjen Kopassus Soenarko Ditangkap, Miliki Senjata M4, Provokasi Kepung Istana Dan KPU-#azksl1", pada hari Rabu ini, diliput selengkapnya : news.xcoid.com, JKRTA Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan, mantan Danjen Kopassus Mayjen (Purn) Soenarko sudah ditetapkan tersangka terkait kepemilikan senjata api ilegal. Soenarko usai ditahan di Rumah Tahanan Militer Guntur, Jakarta.

Hal itu disampaikan Wiranto dalam jumpa pers di Kantor Kemenko Polhukam di Jakarta, Selasa (21/5/2019). "Mayjen Soenarko usai dipanggil, usai diperiksa & sekarang sudah jadi tersangka & ditahan di rumah tahanan POM Guntur dengan tuduhan mempunyai dan menguasai senjata api ilegal," kata Wiranto. Wiranto mengatakan, dalam situasi seperti ini ngga diizinkan mempunyai senpi ilegal. Ia tidak menjelaskan situasi seperti apa yang dia maksud.

Namun, belakangan Wiranto menegaskan bahwa mempunyai senpi ilegal dilarang secara hukum. "Dalam situasi seperti ini tidak diizinkan dan tidak diperbolehkan dan itu _ada hukumnya, aparat keamanan ngga mengada-ada," kata Wiranto. "Menjaga keamanan nasional dibutuhkan tindakan tegas seperti itu," tambah dia.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Rabu , Mei 2019 )

Sekedar menyesali kesalahan saja tidak lah cukup, namun juga harus disertai tekat agar kesalahn yang sama tidak dilakukan lagi.


Ketika ditanya apakah kepemilikan senjata api ilegal itu terkait dengan aksi unjuk rasa 22 Mei besok, Wiranto ngga mau menjawab.

Dia beralasan proses penyidikan belum selesai. "Tidak terkait apa-apa karena baru penyelidikan, menguasai senpi ilegal tak diizinkan siapa pun. Itu _ada hukumnya, ada undang-undang. Soal tunggu mau digunakan untuk apa tunggu pendalamannya dalam proses penyidikan, belum selesai," kata Wiranto.


Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Rabu , Mei 2019 )

Menata pikiran itu penting. karena dirimu adalah apa yang kamu pikirkan.

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Sisriadi sebelumnya mengatakan, TNI & Polri melakukan penyelidikan terkait kasus dugaan penyelundupan senjata api. Selain Soenarko, tentara aktif Praka BP juga sudah ditahan. Saat ini, Soenarko menjadi tahanan Mabes Polri & dititipkan di Rumah Tahanan Militer Guntur, walaupun Praka BP menjadi tahanan TNI di Rumah Tahanan Militer Guntur.

Berdasarkan information yang didapat Tribunjateng.com, senjata ilegal yang diamankan dari Soenarko yakni senjata laras panjang M4 Carbine buatan Amerika Serikat.

M4 Carbine atau Karabin M4 ialah versi pendek & ringan dari senapan serbu M16.

Karabin M4 memiliki 80 bagian yang sama dngn M16A2.

M4 memiki pilihan tembakan semi-otomatis & burst tiga butir peluru (sama dengan M16A2).

Senapan serbu M4 ini biasa digunakan oleh tentara angkatan darat dan Korps Marinir AS. Senapan serbu M4 diketahui memiliki laras 14,5 inci dengan peluru kaliber 5.56 milimeter dari magasin yang berisi tiga puluh peluru.

Video Soenarko

Soenarko sebelumnya dilaporkan ke Bareskrim Polri.


Ia dilaporkan dngn sangkaan mengarahkan sejumlah org untuk mengepung Istana Negara dan gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) pd_ aksi unjuk rasa yang rencananya diadakan Rabu besok. "Pernyataan yang membuat keresahan merupakan memerintahkan mengepung KPU dan Istana serta setelah menyatakan seakan-akan polisi akan bertindak keras, tentara tidak, & provokasi tentara pangkat tinggi sudah bisa dibeli," ungkap pelapor bernama Humisar Sahala di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan. Seperti diketahui, arahan Sunarko terekam dalam video berdurasi sekitar 2,5 menit yang beredar di media sosial.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Rabu , Mei 2019 )

Dengan keyakinan kita dapat memindahkan gunung, akan tapi tanpa persiapan kita dapat tersandung oleh kerikil.


Di video tersebut, Sunarko yang mengenakan kemeja merah marun bergaris vertikal hitam tampak duduk di sebuah kursi & berdialog dngn sejumlah orang. "Kalau tanggal 22 diumumkan Jokowi menang, kita lakukan tutup duluan KPU, mungkin _ada yang tutup Istana dngn Senayan, tapi dalam jumlah besar. Kalau jumlah besar, polisi juga bingung. Jika tentara, yakin ia tidak bakal bertindak keras," ungkap Sunarko.

Penyelundupan senjata

Kasus penyelundupan senjata sebelumnya diungkap Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko. Moeldoko menganjurkan agar masyarakat ngga datang pd_ unjuk rasa di depan kantor KPU pd_ 22 Mei 2019. Menurut Moeldoko, pemerintah banyak mendapatkan informasi mengenai potensi terjadinya gangguan keamanan pd_ tanggal tersebut. "Intelijen kita telah menangkap upaya penyelundupan senjata. Orangnya ini sedang diproses.


Tujuannya pasti utk mengacaukan situasi," ujar Moeldoko di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (20/5/2019). "Bisa saja mereka melakukan tembakan di kerumunan akhirnya seolah-olah itu ya dari aparat keamanan, TNI-Polri. Itulah yang akan menjadi trigger, mulanya situasi menjadi chaos," kata dia. Penegakan hukum tersebut sekaligus mengonfirmasi info yang didapatkan intelijen negara sebelumnya tentang potensi terjadinya kerusuhan pd_ 22 Mei 2019. "Keinginan mulanya begitu.

Meski kalau dari analisis waktu ke waktu, mudah-mudahan situasi ini sudah mereda," ujar Moeldoko.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Rabu , Mei 2019 )

Tiap-tiap tempat ada kata-katanya yang tepat, dan pada setiap kata ada tempatnya yang tepat.

Moeldoko menegaskan, pemerintah tidak membual atas info itu. Bukan juga untuk menakut-nakuti atau ingin "menggembosi" pengerahan massa yang akan dilakukan pada saat KPU menetapkan hasil Pemilu 2019. Justru, wajib bagi pemerintah untuk memberitahukan informasi mengenai potensi gangguan keamanan yang akan terjadi pd_ tanggal tersebut.

"Kami memberikan info yang sesungguhnya ke-pada masyarakat agar masyarakat bisa menilai, bisa menentukan harus bagaimana. Jadi, bila memang menuju ke suatu area tertentu itu membahayakan, jgn datang," kata mantan Panglima TNI tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kata Wiranto, Mantan Danjen Kopassus Soenarko Ditahan karena Kuasai Senjata Api Ilegal",

"Kami memberikan info yang sesungguhnya kepada masyarakat agar masyarakat bisa menilai, bisa menentukan mesti bagaimana. Jadi, bila memang menuju ke suatu area tertentu itu membahayakan, jangan datang," kata mantan Panglima TNI tersebut.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kata Wiranto, Mantan Danjen Kopassus Soenarko Ditahan sebab Kuasai Senjata Api Ilegal",

Sekian info yang kami sampaikan, update terus info menarik disini news.xcoid.com ( arsip berita Rabu /Mei )

Sumber: www*tribunnews*com/nasional/2019/05/21/mantan+danjen+kopassus+soenarko+ditangkap+miliki+senjata+m4+provokasi+kepung+istana+dan+kpu
Share Berita