Kiprah Almarhum Ustaz Arifin Ilham Dalam Dunia Dakwah Islam
Informasi yang dihinpun pada hari Kamis mengenai "Kiprah Almarhum Ustaz Arifin Ilham Dalam Dunia Dakwah Islam-#8mgs89( berita bulan Mei )" ikuti beritanya : news.xcoid.com Kabar duka datang menjelang pergantian hari, Rabu_ (22/5/2019) malam.

Ustaz Muhammad Arifin Ilham yang selama beberapa bulan terakhir berjibaku dngn kanker, meninggal dunia di Penang, Malaysia.


Kabar duka tersebut menyebar lewat akun alvin411 di Instagram, milik Muhammad Alvin Faiz, putra sulung Arifin Ilham.

Kabar ini sesudah diperkuat konfirmasi dari Adit, manager Alvin, lewat layanan pesan yang diterima Kompas.com.

Di tengah riuh rendah pemberitaan terkait aksi unjuk rasa di sekitar kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Jl MH Thamrin, kabar ini mencuat.


'
Baca: Siiap Menghadap Allah SWT, Pesan Terakhir Ustaz Arifin Ilham: Kematian merupakan Pintu yang Sangat Indah

Baca: Jenazah Korban Aksi 22 Mei di Bawaslu Dikuburkan

Baca: Jenazah Ustaz Arifin Ilham Diperkirakan Mendekat di Jkrta Kamis Siang

Baca: Polisi Buru Sponsor yang Biayai Penyerangan Asrama Brimob

Baca: Ustaz Arifin Ilham Rupanya Sudah Siapkan Kain Kafannya Sebelum Meninggal Dunia

Menjelang tengah malam, misalnya, "Arifin Ilham" menjdi salah satu trending topic di Twitter.

Sosok Arifin pula tak dapat dipisahkan begitu saja dngn keriuhan politic kontemporer.


Suara serak-serak basahnya saat melantunkan zikir merupakan bagian dari sejumlah aksi yang melibatkan umat terkait kontestasi politik dalam tiga tahun terakhir.

Dua pasangan calon presiden & wakil presiden, Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin & Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pun memerlukan menjenguk saat Arifin menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Riwayat sakit Kabar sakitnya Arifin Ilham muncul pada pengujung 2018. Saat itu, kanker getah bening & kanker nasofaring stadium 4A disebut berbarengan menyerang ustaz kelahiran 8 Juni 1969 ini.

Sempat menjalani perawatan di Penang, Malaysia, pd_ Desember 2018 dikabarkan Arifin sembuh tanpa _ada jejak sel kanker.


Unggahan video Arifin menunggang kuda di kompleks Pesantren Az-Zikra di Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, diunggah di akun Alvin.

Namun, tidak berselang lama, pada Januari 2019, beredar kembali kabar Arifin Ilham jatuh sakit.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Mei 2019 )

Jangan berjalan dimuka bumi dengan penuh kesombongan dan congkak karena sebentar lagi engkau akan masuk kedalam bumi juga.

Bahkan, sempat ramai kabar hoaks meninggalnya sang ustaz yang kemudian dibantah dengan foto-fotonya menerima sejumlah kunjungan.

Pada bulan yang sama pula, para kandidat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 menjenguk Arifin di RSCM. Kunjungan Jokowi diunggah pula di akun Alvin. Adapun kunjungan Prabowo antr lain terabadikan dalam foto di bawah ini:



Kunjungan Prabowo (Instagram Prabowo)

Pada pertengahan Januari 2019, Arifin diterbangkan lagi ke Penang utk kembali menjalani perawatan intensif. Di pengujung bulan, Arifin pulang ke Tanah Air.


Sikap atas sejumlah kasus Masih tak dapat dipisahkan dengan keriuhan politik nasional, nama Arifin Ilham sempat pula mencuat sesaat menyatakan diri menjadi penjamin bagi tersangka kasus pembubuhan aksara arab di bendera merah putih.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Mei 2019 )

cermin akan memantulkan apa yang ada di hadapannya, demikian juga hasil perbuatan kita, baik atau buruk itulah yang akan kita terima.

Nama Arifin Ilham pun melejit karena seruannya utk tidak menghujat Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama yang saat itu terjerat kasus penodaan agama. Menurut dia, tidak seharusnya muslim berperilaku menghujat.

Dalam sejumlah aksi damai yang melibatkan ribuan massa muslim, Arifin berkali-kali berpesan utk tak ada tindakan anarkis. Dia pun mengingatkan massa aksi damai untuk selalu mewaspadai kehadiran provokator.

Sekilas biografi

Arifin Ilham lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sebagai anak kedua dari lima bersaudara. Pendidikannya sampai SMP diselesaikan di Banjarmasin, sementara setingkat SMA sehingga lulus sarjana dirampungkan di Jakarta.


Gelar sarjananya didapat dari Universitas Nasional untuk jurusan Hubungan Internasional. Biografi lebih detail dari sosok Arifin Ilham dapat disimak antr lain dalam situs Majelis Az-Zikra.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Mei 2019 )

Kecantikan hakiki bukan dari wajah, melainkan terpancar dari hati.

Majelis Az-Zikra adalah pesantren yang dia dirikan dan berlokasi di kawasan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.


Berdasarkan unggahan Alvin, rencananya Arifin Ilham pula akan dimakamkan di kompleks pesantren ini, sesegera mendatang dari Malaysia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Sekilas Sosok dan Kiprah Almarhum Ustaz Arifin Ilham

Sempat Dikabarkan sembuh

Ustaz Arifin Ilham sempat dikabarkan sembuh dari sakitnya. Sedangkan proses pengobatan wa_ktu itu baru berjalan dua bulan. "Sudah Alhamdullilah.


Ini karunia Allah. Dokternya pun juga terkejut, 16 tahun saya jadi dokter baru ini saya mengobati seorang hamba Allah yang mengidap penyakit kanker nasofaring dan getah bening stadium 4A dalam dua bulan tiga hari dibersihkan oleh Allah," kata sang ustaz menceritakan perkataan dokter pd_ Desember 2018, seperti dikutip dari Grid.id.

Baca: Ustaz Arifin Ilham Meninggal Dunia Aa Gym: Telah Wafat Guru, Sahabat Kita

Saat itu, Ustaz Arifin Ilham pula sudah tidak menjalani kemoterapi lagi dan dinyatakan bebas dari kanker. Ustaz Arifin Ilham merasa bahwa sembuh dari penyakit ini ialah karunia dari Tuhan.

Ia menceritakan bagaimana sang dokter yang menanganinya juga terkejut mengetahui Arifin Ilham bisa sembuh & bebas dari kanker.

"Sudah Alhamdullilah.


Ini karunia Allah. Dokternya pun juga terkejut, enam belas thn saya jadi dokter baru ini saya mengobati seorang hamba Allah yang mengidap penyakit kanker nasofaring & getah bening stadium 4A dalam dua bulan tiga hari dibersihkan oleh Allah," ucapnya kembali. Ustaz Arifin Ilham pula menceritakan bagaimana kondisi tubuhnya ketika ia sedang sakit. Dengan sisa-sisa suara serak dan berat, Ustaz Arifin Ilham menjelaskan bahwa suaranya seper_ti itu lantaran efek samping dari pengobatannya.

Ia merasa yakin bahwa tak lama lagi akan segera pulih seper_ti sediakala. "Insya Allah kembali kemarin muka agak hitam, sekarang sudah bersih semua. Suara ini efek dari pengobatan, Insya Allah enggak lama lagi kembali seperti biasa," tutur Ustadz Arifin Ilham. Meski usai dinyatakan bersih dari kanker kelenjar getah bening, tetapi Ustaz Arifin Ilham harus tetap istirahat untuk mengembalikan kondisi fisiknya.

Arifin Ilham membutuhkan istirahat lebih agar pulih total sehingga ia bisa kembali beraktivitas seper_ti biasanya.

Beberapa kali Digosipkan meninggal

Ustaz Arifin Ilham beberapa kali dikabarkan meninggal dunia. Namun, sesaat itu pihak keluarga membantah & menyebut kabar itu tak benar alias hoaks. Termasuk saat sang ustaz dikabarkan kritis masuk rumah sakit di Penang, Malaysia, bbrp hari lalu.


Sang adik, Kokom, menyebut berita itu ngga benar.

"Hoaks itu, mungkin pengalihan isu," kata Kokom ke-pada news, sesaat dihubungi Selasa (21/5/2019) malam.

Baca: Ustaz Arifin Ilham Meninggal Dunia

Menurut dia, pihak keluarga pula sudah mendengar kabar tersebut. Namun, kini Ustaz Arifin masih berada dalam kondisi sadar. Meskipun, msh sulit berkomunikasi.


"Susah komunikasi karena banyak alat, & harus steril ya. Tetapi dalam kondisi sadar," katanya.

[[iframe]]

Sebelumnya, sempat beredar pesan singkat, bahwa Ustaz Arifin telah menghembuskan nafas terakhir. Pengirim pesan tersebut, mengakui saudara Uztad Arifin.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Mei 2019 )

Kecantikan hakiki bukan dari wajah, melainkan terpancar dari hati.


"Innalilahi Wa Innailaihi Rojiun...telah meninggal dunia ustad Arifin Ilham baru saja....kabar dari saudara sepupunya KH. Komarudin..smg Almarhum diterima semua amalmya & keluarga yang ditinggalkan diberikan keilhlasan dan kekuatan.Aamiin.
Mohon didoakan saudara kita seiman."

Menanggapi pesan itu, Kokom lagi-lagi menegaskan jika kabar tsb hoax. Bahkan ia tak mengenal kerabat yang dimaksud dalam pesan. "Kami tidak tahu siapa itu.


Jikalau yang menngatas namakan Komarudin bukan keluarga ya, kami tak yahu siapa itu. Kami tidak tahu dari mana," tegas Kokom.

Sang adik, Kokom, menyebut berita itu ngga benar.

"Hoaks itu, mungkin pengalihan isu," kata Kokom kepada news, sesaat dihubungi Selasa (21/5/2019) malam.

Baca: Ustaz Arifin Ilham Meninggal Dunia

Menurut dia, pihak keluarga juga sudah mendengar kabar tersebut. Namun, kini Ustaz Arifin masih berada dalam kondisi sadar.


Meskipun, masih sulit berkomunikasi. "Susah komunikasi sebab banyak alat, dan harus steril ya. Namun dalam kondisi sadar," katanya.

[[iframe]]

Sebelumnya, sempat beredar pesan singkat, bahwa Ustaz Arifin telah menghembuskan nafas terakhir.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Mei 2019 )

Aku tak berharap kesempurnaanmu.. Kerana aku ingin melengkapinya dengan kekuranganku...


Pengirim pesan tersebut, mengiyakan saudara Uztad Arifin. "Innalilahi Wa Innailaihi Rojiun...telah meninggal dunia ustad Arifin Ilham baru saja....kabar dari saudara sepupunya KH. Komarudin..smg Almarhum diterima semua amalmya & keluarga yang ditinggalkan diberikan keilhlasan dan kekuatan.Aamiin.
Mohon didoakan saudara kita seiman."

Menanggapi pesan itu, Kokom lagi-lagi menegaskan bila kabar tsb hoax. Bahkan ia tak mengenal kerabat yang dimaksud dalam pesan.


"Kami ngga tahu siapa itu. Kalau yang menngatas namakan Komarudin bkn keluarga ya, kami ngga yahu siapa itu. Kami tak tahu dari mana," tegas Kokom. Sekilas berita yang kami sharing, jika suka bantu sharing ya...

Sumber: www*tribunnews*com/nasional/2019/05/23/kiprah+almarhum+ustaz+arifin+ilham+dalam+dunia+dakwah+islam
Share Berita