Saat Terkena Gas Air Mata, Penglihatan Perih, Hal Ini Bisa Mengurangi
Judul berita ini "Saat Terkena Gas Air Mata, Penglihatan Perih, Hal Ini Bisa Mengurangi-#jddc19" di Mei selengkap disini : news.xcoid.com- Perih, hal inilah yang dirasakan penglihatan sesaat gas air mata mampir ke organ vital ini. Di tengah aksi demo yang saat ini ramai di Jakarta, sempat beberapa pengunjuk rasa ditembaki gas air mata _oleh polisi.

Salah satu korban gas air mata itu ialah Fikri (25). Sejak kedatangannya ke IGD RS Budi Kemuliaan menggunakan ambulans, Fikri terus menerus nangis sambil memejamkan mata lantaran matanya sakit dan sulit dibuka.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Mei 2019 )

Tiap-tiap tempat ada kata-katanya yang tepat, dan pada setiap kata ada tempatnya yang tepat.

Sembari dibantu suster yang terus berjaga di IGD sejak pagi, mata Fikri terlihat dibungkus baju putih yang tak laiin merupakan baju yang dikenakan Fikri saat mengikuti demo.

"Mata saya, kenapa ini mata saya? Tolong" teriak Fikri histeris.



Peserta aksi 22 Mei dipapah suster setelah mengalami luka di bagian mata akibat terkena gas air mata (Warta Kota)

Seorang suster berusaha menenangkan Fikri dengan mengatakan bahwa matanya terkena gas air mata. "Iya, itu perih krn gas air mata," jelas suster. Bahkan sesaat masih dalam penanganan, Fikri sempat menangis mencari ibunda tercinta.


"Mama, mama mana? Tolong" tangis Fikri sembari terus ditenangkan _oleh para suster.

Sekitar setengah jam, Fikri akhirnya dapat berdiri dan membuka matanya sembari terus menangis. Gas air mata ini berguna untuk melawan pengunjuk rasa yang kemungkinan berujung chaos. Namun tahukah rupanya gas air mata yang terbuat dari bahan kimia ini memiliki berbagai macam, diantaranya CS (chlorobenzylidenemalononitrile), CN (chloroacetophenone) dan semprotan merica.


Melansir dari The Independent, dalam sekaleng gas air mata mengandung arang kayu, potasium nitrat, silikon, sukrosa, potasium klorat, magnesium karbonat, dan O-chlorobenzalmalononitrile. Semua bahan kimia ini tergabung menjdi satu dan pastinya bakal menimbulkan dampak pd_ kesehatan. Efek yang terjadi pada seseorang yang terkena temabakan gas air mata akan terjadi sekitar 30 detik.

Melansir dari Tribun Style, bahaya gas air mata, diantaranya:

1. Gangguan penglihatan

Gas air mata dapat menyebabkan produksi air mata berlebih, penglihatan kabur hingga iritasi.


Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Mei 2019 )

Sekedar menyesali kesalahan saja tidak lah cukup, namun juga harus disertai tekat agar kesalahn yang sama tidak dilakukan lagi.

Jika gas air mata mengenai mata dan tidak segera dibersihkan dpat menimbulkan gangguan penglihatan, seperti penglihatan kabur dan berbayang.

Masa yang tergabung dalam Ormas & LSM trlibat bentrok dngn para personel Polda Sulut yang sedang berjaga di persimpangan Jalan Martadinata dan Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Tikala, Manado, Sulawesi Utara, Selasaa (16/10) dini hari. Perlawanan dengan menembakan gas air mata dilakukan petugas untuk meredam aksi _para pengunjuk rasa. TRIBUN MANADO/ANDREAS RUAUW (TRIBUN MANADO/TRIBUN MANADO/ANDREAS RUAUW)


2. Gangguan pernapasan

Efek gas yang masuk dalam hidup dpat menyebabkan kesulitan bernapas, batuk-batuk, nyeri dada, hidung berair, sehingga perasaan tercekik.


Gejala jangka pendek jikalau terpapar gas air mata yaitu sesak napas, batuk, & mengeluarkan dahak serta air liur. Sedangkan gejala jangka panjangnya yaitu masalah alergi & asma.

3. Peradangan

Gas air mata dpat menyebabkan peradangan pd_ selaput lendir mata, hidung, mulut, dan paru-paru.

4. Muntah dan diare

Orang yang mengalami keparahan kontaminasi dapat mengalami muntah bahkan diare.


5. Iritasi kulit

Sekitar 18 efek gas air mata dpat menimbulkan gangguan kesehatan kulit.

Gejalanya ialah iritasi kulit, nyeri, gatal, alergi, & luka bakar kimia pd_ kulit.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Mei 2019 )

Kau bisa bersembunyi dari kesalahanmu, tapi tidak dari penyesalan. Kau bisa bermain dengan dramamu, tapi tidak dengan karmamu.

Selain efek terhadap kesehatan fisik, rupanya tembakan gas air mata ini berpengaruh terhadap efek psikologis.

Seseorang yang terkena gas airmata dpat mengalami tekanan psikologis, kepanasan, & kemarahan.

Ilustrasi mitos meminum susu dipercaya bisa menguatkan tulang (ell.h-cdn.co)

Untuk menghilangkan efek yang diberikan dari gas air mata, cukup minum susu.


Mengapa harus susu, bukan air bersih?

Diperkirakan bahwa susu menenangkan rasa sakit yang disebabkan oleh agen lachrymatory, atau gas air mata. Dalam selebaran online yang diedarkan oleh orang-orang yang berafiliasi dengan gerakan Occupy pada tahun 2011, antasida seperti Maalox yang dilarutkan dalam air disarankan sebagai metode pelegaan dari efek gas air mata, disemprotkan ke mata dan mulut orang, & untuk ditelan. (GridHEALTH.id /Wartakota/Tribun Style) Demikiannlah berita hari Kamis mengenai ( Saat Terkena Gas Air Mata, Penglihatan Perih, Hal Ini Bisa Mengurangi-#jddc19 ), info pencarian terkait berita ini, saat,terkena,gas,air,mata,,penglihatan,perih,,hal,ini,bisa,mengurangi, mengalami, gangguan, matanya, sembari


Sumber: www*tribunnews*com/kesehatan/2019/05/23/saat+terkena+gas+air+mata+penglihatan+perih+hal+ini+bisa+mengurangi
Share Berita