Inflasi Terkendali, BI Bakal Pertahankan Suku Bunga Acuan
Judul "Inflasi Terkendali, BI Bakal Pertahankan Suku Bunga Acuan-#9fnwvy(berita Juni 2019)", terus baca :

Karyawan menghitung uang kertas rupiah yang rusak di lokasi penukaran uang rusak di Gedung Bank Indonessia, Jkrta (4/4). Selain itu BI juga meminta warga agar menukarkan uang yang sudah ngga layar edar.

(Merdeka.com/Arie Basuki)news.xcoid.com, Jkrta Bank Iindonesia (BI) akan menggelar Rapat Dewan Gubernur Bank Iindonesia (RDG) pada 19-20 Juni 2019. Ini merupakan agenda RDG bulanan yang rutin dilakukan oleh pejabat BI. Kepala Ekonom PT Bank Negara Iindonesia (Persero) Tbk, Ryan Kiryanto memperkirakan dalam RDG tsb diputuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan enam persen. "Karena arah laju inflasi masih dalam koridor BI, maka dalam RDG BI Juni 2019 nanti RDG BI msh akan menahan BI7DRRR di level 6 persen juga untuk lending facility rate dan deposit facility akan bertahan di level saat ini," ucap ia kepada news.xcoid.com, seper_ti ditulis Miinggu (16/6/2019).

Menurut dia, kebijakan BI melalui jalur makroprudensial, tidak melalui jalur suku bunga.


BI masih harus mewaspadai inflasi Juni 2019 yang mungkin msh relatif tinggi pasca Lebaran. Untuk inflasi Mei 2019 yang sebesar 0,68 persen, menurut dia, masih dalam kondisi yang wajar. Bahkan laju inflasi pada Mei ini justru bisa menjdi indikasi pertumbuhan ekonomi pada kuartal II ini lebih baik. Ia menuturkan, lonjakan inflasi Mei 0,68 persen menyiratkan geliat ekonomic yg tinggi dari sisi konsumsi rumah tangga.

Tercermin dari lonjakan harga kelompok bahan makanan, makanan jadi serta transportasi & komunikasi jelang Lebaran

"Hal ini berefek positif ke pertumbuhan ekonomic (PDB) triwulan kedua yang diperkirakan sebesar 5,15-5,25 persen (YoY)," kata dia. Laju inflasi Mei tersebut, kata Ryan, terjadi secara musiman jelang Lebaran dengan permintaan konsumsi warga melonjak terutama terhadap bahan makanan makanan jadi, rokok dan tembakau serta transportasi dan komunikasi, dibarengi dngn lonjakan harga sekaligus.

Selain itu, se_cara umum, arah laju inflasi bulanan yang 0,68 persen, inflasi year to date yang 1,48 persen maupun tahunan (yoy) yang 3,32 persen msh sesuai target kisaran.

"Diharapkan inflasi sepanjang tahun ini berkisar 3,2-3,3 persen yoy sesuai dngn jangkar yaitu 3,5 /- 1 persen," pungkas dia.

2 dari 4 halamanSri Mulyani Yakin BI Bakal Turunkan Suku Bunga Acuan

Ilustrasi Foto Suku Bunga (iStockphoto)

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani optimis Bank Iindonesia (BI) bakal menyesuaikan suku bunga acuan atau BI 7 Day Repo Rate, dengan kembali menurunkannya.


Penyesuaian mau ngga mau pasti dilakukan Bank Sentral dengan mempertimbangkan kondisi ekonomic global yang terus menunjukkan risiko pelemahan. Seperti diketahui Bank Sentral AS atau Federal Reserve yang semula dipastikan bakal menaikkan suku bunga acuan memilih untuk menundanya. Bahkan beberapa analis lainnya justru memperkirakan The Fed kemungkinan menurunkan suku bunga acuannya pd_ tahun ini. "Saya rasa BI juga akan melakukan adjustment atau penyesuaian monetary policy-nya.

Bagaimana BI bakal melakukan, aku tentu hormati BI," kata dia di Gedung BPK RI, Jakarta, Rabu, 12 Juni 2019. Melihat kondisi global yang bergejolak tersebut, Sri Mulyani menegaskan pemerintah bersama BI bakal tetap fokus menjaga stabilitas ekonomic domestik dari gempuran faktor eksternal. Selain suku bunga acuan, BI juga akan menyesuaikan kebijakan makroprudensial.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Minggu , Juni 2019 )

Sukses hanya bagi orang yang tetap semangat meski halangan dan rintangan di depan mata.

Keduanya diharapkan dpat menjaga stabilitas perekonomian domestik.

"Mereka (BI) bakal gunakan policy suku bunga maupun policy makroprudential. Dua-duanya sangat brrguna bagi ekonomic kita. Jadi saya hormati," ia menandaskan. Sebagai informasi, Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan Mei 2019 Bank Iindonesia (BI) memutuskan untuk kembali menahan Bank Iindonesia (BI) 7-day Reverse Repo Rate atau suku bunga acuan pada angka 6,00 persen.

Bank Indonesia juga menahan suku bunga Deposit Facility pd_ angka 5,25 persen dan Lending Facility 6,75 persen.

3 dari 4 halamanBI Pertahankan Suku Bunga Acuan 6 Persen pd_ Mei

Ilustrasi Foto Suku Bunga (iStockphoto)

Sebelumnya, Rapat Dewan Gubernur (RDG Mei 2019 Bank Iindonesia (BI) memutuskan untuk kembali menahan Bank Indonesia (BI) 7-day Reverse Repo Rate atau suku bunga acuan pd_ angka 6,00 persen. Bank Indonesia juga menahan suku bunga Deposit Facility pada angka 5,25 persen & Lending Facility 6,75 persen.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Minggu , Juni 2019 )

Ketika amarah memuncak, bersabar adalah pilihan terbaik. Marah tidak akan menyelesaikan masalah dan mengalah bukan berarti kalah.


Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Minggu , Juni 2019 )

Semua yang kita capai adalah hasil dari apa yang kita pikir.

"Rapat Dewan Gubernur BI pada 15-16 Mei 2019 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-day repo" ujar Gubernur Bank Iindonesia (BI), Perry Warjiyo, di Kantor BI, Jakarta, Kamis, 16 Mei 2019. Dia menjelaskan keputusan menahan suku bunga acuan tsb sejalan dngn upaya untuk menjaga stabilitas eksternal perekonomian Indonesia di tengah ketidakpastian pasar keuangan global yang meningkat. "Bank Iindonesia akan terus mencermati kondisi pasar keuangan global & stabilitas eksternal perekonomian Indonesia dalam mempertimbangkan terbukanya ruang bagi kebijakan moneter yang akomodatif sejalan dengan rendahnya inflasi dan perlunya mendorong pertumbuhan ekonomi di dalam negeri," ujarnya. Selain itu dia menegaskan bank sentral bakal selalu menjaga likuiditas perbankan dalam negeri.

"Bank Indonesia juga tetap memastikan ketersediaan likuiditas di perbankan serta menempuh kebijakan makroprudensial yang akomodatif," ujar dia.4 dari 4 halamanSaksikan Video Pilihan di Bawah Ini
'
Berbagai upaya yang ditempuh mmbuat dalam dua sehingga tiga miinggu terakhir rupiah menguat. Dibantu sharing beritanya ya teman-teman news.xcoid.com, Terima kasih semuanya..

Sumber: s://www*liputan6*com/bisnis/read/3990549/inflasi+terkendali+bi+bakal+pertahankan+suku+bunga+acuan
Share Berita