FAKTA Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Penjara: Menciut Dari Tuntutan, Ditegur Hakim & Dua Jari
Info berita hari Kamis , Juli mengenai "FAKTA Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Penjara: Menciut Dari Tuntutan, Ditegur Hakim & Dua Jari-#emipqa" :

Inilah fakta Ratna Sarumpaet divonis 2 tahun penjara, mulai dari menciut dari tuntutan, ditegur hakim, sehingga dua jari

news.xcoid.com Terdakwa kasus penyebaran berita bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet, divonis 2 tahun penjara. Vonis dibacakan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Kamis (11/7/2019) sore ini.


Dalam siaran lngsg sidang putusan live streaming Kompas TV, sejumlah fakta terungkap dalam sidang.

Mulai dari putusan 2 thn penjara, menahan Ratna Sarumpaet, vonis lebih kecil dari tuntutan hingga dua jari.

Baca: Sidang Vonis, Ratna Sarumpaet Didampingi _oleh 3 Orang Anaknya

Dalam sidang, putusan dibacakan secara bergantian oleh hakim PN Jakarta Selatan.

Sampai kepada hasil putusan, ktua majelis hakim. Joni, membacakan bahwa Ratna Sarumpaet terbukti bersalah se_cara sah melakukan tindak pidana.

Dalam hal ini melakukan penyebaran berita bohong atau hoaks.

"Mengadili & menyatakan terdakwa Ratna Saumpaet tsb di atas telah terbukti secara sah & meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan menyiarkan berita bohong, sengaja menerbitkan keonaran di tengah masyarakat," jelasnya dalam siaran lngsg Kompas TV.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan penjara selama 2 tahun."



Ratna Sarumpaet (Fahdi Fahlevi)

Tetap ditahan

Selain membacakan vonis penjara ke-pada Ratna Sarumpaet, hakim joni jugamenyebut putusan akan dikurangi dengan masa penahanan. Dihimpun news.xcoid.com, Ratna Sarumpaet ditahan sejak Kamis (4/10/2018).


Ia menjalani pemeriksaan sebagai saksi seketika itu juga ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya.

Ditahan sejak Oktober 2018 lalu, oleh sebab itu vois 2 thn penjara akan dikurangi 10 bulan masa penahanan Ratna Sarumpaet.

"Memerintahkan terdakwa tetap berada di dalam tahanan," ujar Joni.

Vonis menciut dari tuntutan 6 thn penjara

Vonis Hakim ini lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yakin enam tahun penjara. Ratna Sarumpaet awalnya dijerat dengan 2 pasal.


Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Juli 2019 )

Akan tiba saatnya kita akan berhenti mencintai seseorang bukan karena seseorang itu berhenti mencintai kita melainkan kita menyadari bahwa orang itu akan lebih berbahagia apabila kita melepaskannya.

Pertama Pasal 14 UU Nomor 1 tahun 1946 mengenai hukum pidana krn diduga dngn sengaja menimbulkan keonaran. Kedua pasal 28 ayat 2 UU ITE.

Ditegur hakim

Dikutip dari Kompas.com, terdakwa kasus penyebaran berita bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet, ditegur ketua majelis hakim sesaat hakim membacakan putusan dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jkrta Selatan.


Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Juli 2019 )

Segala memiliki awal pasti memiliki akhir.

Ratna ditegur lantaran membuka tas miliknya sesaat duduk di depan majelis hakim.

Setelah diselidiki, rupanya yang dikeluarkan Ratna dari tasnya merupakan tasbih.

Hakim Joni selaku ktua majelis hakim menegur Ratna ketika salah satu hakim anggota membacakan putusan. "Saudara, apa yang dilakukan di dalam tas?


Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Juli 2019 )

Semakin baik kamu menata perilaku, semakin banyak kebaikan yang kamu kemas ke dalam hidup.

Ambil saja tasnya itu," tutur Hakim Joni. Setelah tahu Ratna mengeluar tasbih, Joni mengatakan bahwa tasbih bisa dikeluarkan & tas Ratna disimpan pihak keluarga Slh satu jaksa pun mengambil tas jinjing berwarna coklat yang dibawa Ratna dan menyerahkan ke pihak keluarga yang duduk di barisan depan bangku pengunjung sidang. "

Tasbihnya keluarin saja, tasnya disimpan," kata Joni.


Sidang pun kembali berlngsg dengan membacakan poin-poin putusan hakim.

Baca: BREAKING NEWS: Ratna Sarumpaet Divonis Dua Tahun Penjara

Ratna Sarumpaet mengacungkan dua jari sebelum divonis

Acungkan dua jari

Diberitakan TribunJakarta.com, Ratna Sarumpaet mengacungkan pose dua jari sesaat sebelum dimulainya sidang putusan dirinya. Sidang digelar di Pengadilan Negeri Jkrta Selatan, Ampera Raya, Pasar Minggu, Kaamis (11/7/2019). Ratna memasuki ruang sidang sekitar pukul 09.42. Ia pun menyapa awak media yang berada di sekelilingnya. Sambil tersenyum, ia kemudian mengacungkan dua jari ke arah _para pewarta yang langsung mengabadikan momen tersebut.


Sebelumnya, Ratna sempat dicecar sejumlah pertanyaan oleh puluhan awak media, terutama soal harapannya di sidang putusan ini.

"Saya berharap keadilan muncul di vonis ini. Saya rasa kalian juga mengikuti, ngga ada fakta yang menunjukkan saya bersalah se_cara hukum," kata Ratna. "Harapannya ya bebas dong, kan nggak ada faktanya," tambah dia.

Ditemani 3 anak

Dikutip dari Grid.ID, Ratna Sarumpaet menjalani sidang putusan ditemani _oleh tiga anaknya, yakni Atiqah Hasiholan, Mohammad Iqbal Alhady, & Fathom Saulina.


Dipantau Grid.ID, Atiqah Hasiholan mendekat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan bersama Ratna Sarumpaet dengan menaiki kendaraan tahanan yang tiba sekitar pukul 09.00 WIB. Sang putra, Mohammad Iqbal Alhady, nampak menyusul ngga lama sejak Ratna dan Atiqah tiba serta langsung memasuki ruangan sidang.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Juli 2019 )

Dengan keyakinan kita dapat memindahkan gunung, akan tapi tanpa persiapan kita dapat tersandung oleh kerikil.

Sementara itu, putri pertamanya, Fathom Saulina, baru datang ketika sidang kembali dilanjutkan sudah skors selama satu jam.

Fathom Saulina mendekat di ruang sidang sekitar pukul 14.25 WIB dan langsung menghampiri Atiqah dan Iqbal yang duduk di kursi peserta sidang. Ketiga anak Ratna Sarumpaet nampak tak terlalu lebih dari satu berbincang satu sama lain.

Atiqah, Iqbaal, dan Fathom terlihat seksama memperhatikan para hakim membacakan isi putusan.

Baca: Terlihat Ngga Tenang, Lihat Bahasa Tubuh Atiqah Hasiholan Sidang Putusan Ratna Sarumpaet

Atiqah Hasiholan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Ampera, Cilandak, Kaamis (11/7/2019) untuk mendampingi ibunya Ratna Sarumpaet menjalani sidang putusan kasus penyebaran berita bohong atau hoaks. ((KOMPAS.com/ANDIKA ADITIA))

Atiqah ingin ibunya bebas

Masoh dari Grid.ID, sesaat disinggung soal sidang putusan sang ibunda, Atiqah Hasiholan sempat menuturkan harapannya agar Ratna dibebaskan dari segala dakwaan.


"(harapannya) Bebas dong," ucap Atiqah singkat. Selama menemani Ratna di dalam mobil tahanan, istri Rio Dewanto itu juga mengaku ibunya ngga bercerita lebih dari satu selama di perjalanan. "Nggak (cerita)," ucapnya.

(Tribunnewws.com/Chrysnha, Fahdi Fahlevi/TribunJakarta.com/Kompas.com, Grid.ID)

Atiqah ingin ibunya bebas

Masoh dari Grid.ID, sesaat disinggung soal sidang putusan sang ibunda, Atiqah Hasiholan sempat menuturkan harapannya agar Ratna dibebaskan dari segala dakwaan.


"(harapannya) Bebas dong," ucap Atiqah singkat. Selama menemani Ratna di dalam mobil tahanan, istri Rio Dewanto itu pula mengaku ibunya ngga bercerita lebih dari satu selama di perjalanan. "Nggak (cerita)," ucapnya.

(Tribunnewws.com/Chrysnha, Fahdi Fahlevi/TribunJakarta.com/Kompas.com, Grid.ID)


Demikiannlah berita hari Kamis mengenai ( FAKTA Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Penjara: Menciut Dari Tuntutan, Ditegur Hakim & Dua Jari-#emipqa ), info pencarian terkait berita ini, fakta,ratna,sarumpaet,divonis,2,tahun,penjara:,menciut,dari,tuntutan,,ditegur,hakim,&,dua,jari

Sumber: www*tribunnews*com/nasional/2019/07/11/fakta+ratna+sarumpaet+divonis+2+tahun+penjara+menciut+dari+tuntutan+ditegur+hakim+dua+jari
Share Berita