Turunkan Harga Tiket, Maskapai LCC Dpat Bebas PPn Impor Komponen Pesawat
Perkembangan teknologi online , menjadikan informasi didapat dengan akurat dan cepat, ayuk baca info lengkap mengenai "Turunkan Harga Tiket, Maskapai LCC Dpat Bebas PPn Impor Komponen Pesawat-#pgpwpm ( hari Kamis , Juli )" : news.xcoid.com, JKRTA Maskapai berbiaya murah (low cost carrier/LCC) Citilink Indonesia dan Lion Air dipastikan akan menurunkan harga tiket pesawat rute domestik 50 persen dari tarif batas atas (TBA) LCC pd_ jadwal-jadwal tertentu start Kamis (11/7/2019) hari ini. Diskon 50 persen ini akan berlaku untuk 208 rute penerbangan domestik dengan jadwal keberangkatan pada Selasa, Kaamis dan Sabtu pukul 10.00-14.00 WIB.

Merespons hal tersebut, pemerintah menerapkan bebas pajak pertambahan nilai (PPn) utk impor perbaikan komponen pesawat. Kebijakan tersebut akan diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) yang berkaitan dengan jasa persewaan, perawatan, dan perbaikan pesawat udara. Sekretaris Kemenko Perekonomian, Susiwijono mengatakan, insentif fiskal tersebut merupakan upaya dalam meringankan beban operasional maskapai akibat penurunan harga tiket ini. "Intinya PP yang mengatur impor & jasa tertentu tidak dipungut PPn," ucapnya di Kemenko Perekonomian, Rabu (10/7/2019) malam.

Susiwijono memastikan beleid tersebut sudah disetujui Presiden Joko Widodo & akan diberlakukan dalam wa_ktu dekat. "Posisi terakhir PP yang mengatur pemberian insentif PPn tak dipungut akan kita rilis satu dua hari ke depan. Artinya posisi sudah disetujui presiden," ungkapnya. Selain insentif pajak dari pemerintah, maskapai LCC pula akan memperoleh diskon dari pengelola bandara Angkasa Pura I & Angkasa Pura II, penyedia jasa navigasi Airnav, sehingga penyedia bahan bakar Pertamina.

"Pertamina bakal kasih harga lebih murah untuk avtur, pengelola bandara kasih insentif untuk parking fee dan landing free. & AirNav bakal kasih insentif harga utk enroad charge dan terminal navigation charge," jelas dia.

Turun Start 11 Juli

Pemerintah bersama para stakeholder industri penerbangan sepakat untuk menurunkan harga tiket penerbangan maskapai berbiaya murah (low cost carrier/LCC) untuk rute domestik di jadwal-jadwal tertentu. Penurunan harga tiket pesawat utk maskapai berbiaya rendah atau low cost carrier ( LCC) yang menggunakan pesawat jet di wa_ktu tertentu bakal efektif berlaku start Kamis (11/7/2019).


Nantinya, penurunan harga tiket pesawat itu bakal berlaku di hari Selasa, Kaamis dan Sa-btu pada jadwaln penerbangan pukul 10.00 smpai dengan 14.00 WIB.

Usai rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Perekonomian, Seniin (8/7/2019), diputuskan _ada penurunan harga tiket pesawat Lion Air & Citilink sebanyak 50 persen dari tarif batas atas (TBA). Diskon 50 persen itu berlaku utk 11.626 kursi.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Juli 2019 )

Apa yang telah kita tabur, entah yang disengaja atau tidak, diingat atau dilupakan, sekarang atau suatu saat nanti, pasti akan kita petik hasilnya. maka, ketika kita menanamkan kebaikian, apapun bentuknya, suatu saat pasti kebaikan itu akan kembali kepada kita kita juga.

"Konkretnya berapa flight, jika kita lihat jadwaln tertentu tadi, maskapai Citilink itu total per hari ialah 62 flight per hari, total kursinya ialah 3.348 seat.

Untuk Lion Air Group, bakal ada 146 flight per hari, seat total 8.278 seat," kata Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono sesaat konferensi pers di kantornya, Senin (8/7/2019). Diskon 50 persen itu berlaku untuk jadwal keberangkatan penerbangan di setiap Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 10.00-14.00. Selain itu, guna meringankan biaya operasional maskapai, para stakeholder penerbangan antr lain PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), AirNav sehingga PT Pertamina (Persero) sepakat memberi diskon untuk penerbangan-penerbangan di jadwal yang sama. Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti mengatakan, bakal melakukan pengawasan terhadap kebijakan tersebut.

Dia menambahkan, untuk rute dan jadwal penerbangan akan terus disesuaikan & dievaluasi. "Kami bakal melakukan pengawasan terhadap kebijakan itu tadi penyediaan penerbangan murah, untuk Selasa Kamis Sabtu, utk LCC domestik tipe pesawat jet, bersama dengan Kementerian BUMN dan dikoordinir oleh Kemenko Perekonomian," pungkasnya.

Aturan Khusus



Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di kantornya, Jkrta Pusat, Seniin (8/7/2019). (Ria Anatasia)

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pihaknya akan membuat beleid terkait penurunan harga tiket penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC) bertipe pesawat jet.

Hal ini guna menjadi pedoman maskapai LCC & stakeholder industri penerbangan ketika menerapkan diskon untuk penerbangan domestik di jadwal-jadwal tertentu.


"Kita akan buat kerangka pelaksanaannya itu secara resmi," kata Darmin di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (8/7/2019). Meski begitu, Darmin belum menyebutkan secara pasti dalam bentuk apa peraturan itu akan dibuat. "Seperti lampiran Surat Menteri. Tetapi pada dasarnya kita perlu mmbuat kerangka pelaksanaan persis seperti apa, agar tidak _ada dispute dalam pelaksanaan," ujarnya.

Menurutnya, dalam peraturan yang disusun itu, pemerintah dalam hal inu Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan akan melakukan pengawasan terkait diskon harga tiket pesawat LCC itu. "Kalau mau dimonitor harus ada kerangkanya yang jelas, jikalau enggak mna ketahuan yang meleset atau enggak," kata dia. "Begitu _ada yang bandel, kita akan rapat," tambahnya.

Tanggapan Maskapai

Di sisi lain, CEO Lion Air Rudy Lumingkewas mengatakan diskon 50 persen itu tersedia untuk sejumlah 146 flight per hari Selasa, Kamis, & Sabtu dngn total kursi sebanyak 8.278.

"Kami mendukung upaya pemerintah turunkan harga tiket ini.


_ada 146 flight disediakan setiap Selasa, Kamis, Sa-btu pukul 10.00-14.00," kata Rudy.

Senada dngn Rudi, Direktur Keuangan Citilink Ester Siahaan mengatakan pihaknya mendukung kebijakan tersebut. Citilink menerapkan diskon utk 62 flight per hari Selasa, Kamis, & Sabtu dengan total kursi hari ini sebanyak 3.348 seat. "Kami sangat mendukung harga-murah yang mana bakal diberikan rute Citilink 62 flight jam 10.00-14.00 pada Selasa Rabu Sabtu.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Juli 2019 )

Apa yang telah kita tabur, entah yang disengaja atau tidak, diingat atau dilupakan, sekarang atau suatu saat nanti, pasti akan kita petik hasilnya. maka, ketika kita menanamkan kebaikian, apapun bentuknya, suatu saat pasti kebaikan itu akan kembali kepada kita kita juga.


Tim kami usai mulai menyesuaikan di dalam sistem. Akan dimulai 11 Juli 2019," ucapnya.

Lantai bagaimana dngn maskapai berbiaya murah lainnya yaitu AirAsia Indonesia?

Menko Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan, AirAsia tidak diatur se_cara khusus sebab memang intensitas penerbangannya ngga sebanyak Lion Air dan Citilink. Apalagi, lanjutnya, AirAsia disebut telah menerapkan harga tiket di bawah 50 persen dari TBA.


"Dia memang flightnya tidak sebanyak Citilink maupun Lion. Tetapi dia itu sudah di bawah 50 persen" ungkap Darmin di kantornya, Seniin (8/7/2019). Namun, Darmin mengaku tetap bakal mengawasi AirAsia. Hal ini agar ArAsia tidak menaikkan tarif saat kompetitornya menurunkan harga tiket.

"Kita cuma bilang, you jangan mentokkan ke 50 persen loh. Krn you usai di bawah itu.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Juli 2019 )

Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang atau belum dikerjakan oleh orang lain. tetapi perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh diri sendiri.

Nanti jangan gara- gara ini ah aku ambil 50 persensaja sekalian sekarang.

Kita udah ingatkan itu. You harus sudah seper_ti yang sudah-sudah," ujarnya. Sebelumnya, AirAsia mengaku tidak keberatan dngn permintaan pemerintah agar maskapai berbiaya murah (lost cost carrier/LCC) menurunkan harga tiket penerbangan domestik di jadwal keberangkatan tertentu. Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan mengakui tidak khawatir sebab maskapainya telah menjual tiket di angka 38 persen dari TBA.

"Kami telah dipanggil Menko Perekonomian (Darmin Nasution) & disuruh mencantumkan harga tiket. Dari data kami, nilainya jauh di bawah 50 persen atau usai mencapai 38 persen dari TBA," katanya saat ditemui di acara peluncuran buku Tony Fernandes "Flying High" di Jakarta, Kaamis (4/7/2019).

Insentif

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin & Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti saat meninjau Bandara Raden Inten II Lampung, Jumat (8/3/2019) (ISTIMEWA)

Guna meringankan biaya operasional maskapai, operator bandara Angkasa Pura I (AP I) dan Angkasa Pura II (AP II) pula bersedia utk memberikan insentif terhadap jasa kebandaraannya. Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menjelaskan, insentif itu akan berlaku di 16 bandara yang dikelolanya.


Meski begitu, dia tidak merincikan berapa dan biaya apa saja yang didiskon untuk maskapai LCC. "Saya tidak bisa memerincikan angkanya, krn itu ada yang basisnya kontribusi, real cost yang ditanggung (maskapai). Nanti yang membahas bkn kami, tetapi persentase sudah dihitung tinggal diikuti & ditaruh di peraturan," katanya. Menurutnya, pemerintah dan stakeholder industri penerbangan, tergolong maskapai, Airnav & Pertamina sudah menghasilkan formulasi struktur biaya maskapai guna memberikan diskon tersebut.

Diskon dari operator bandara ini bisa berbentuk biaya landing fee, parkir fee, aviobridge atau lainnya. "Insentifnya nanti kami yang tentukan mau di mana, di mana. Karena ini konsep sharing the pain yang membahas, menetapkan, bkn kami saja," katanya. "Acuan kita Peraturan Menteri Perhubungan 106/2019," imbuhnya.

Awaluddin memastikan, insentif tersebut akan diberi untuk smua penerbangan LCC rute domestik yang disepakati turun 50 persen dari TBA LCC. Seperti AP I, AP II akan memberikan insentif di 14 bandara naungannya. Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi menjelaskan formulasinya dalam bentuk nominal insentif tertentu yang harus dikontribusikan. "Sudah disepakati formulanya, jadi _ada kontribusi tertentu yang kita berikan kepada airlines," kata Faik.

Dia mengatakan pemerintah dan para stakeholder bakal membahas mekanisme teknis pembagian kontribusi tsb dalam bbrp hari ke depan. Adapun, bentuk kontribusi dapat berupa potongan harga, voucher, atau lngsg penurunan nominal tagihan atas tarif layanan.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Juli 2019 )

Kesempatan terbaik adalah melakukan hal yang baik untuk orang lain.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Juli 2019 )

Dengan keyakinan kita dapat memindahkan gunung, akan tapi tanpa persiapan kita dapat tersandung oleh kerikil.


"Akan tapi yang jelas setiap flightada kontribusi yang kami berikan ke mereka & formulanya usai ada," ujarnya.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Juli 2019 )

Kesempatan terbaik adalah melakukan hal yang baik untuk orang lain.

Dalam rapat koordinasi dengan Kemenhub, Kementerian BUMN, dan para stakeholder industri penerbangan, Senin (8/7), diputuskan utk ada diskon harga tiket penerbangan domestik hingga 50 persen dari TBA LCC pd_ Selasa, Kamis, Sa-btu pukul 10.00-14.00. Diskon 50 persen itu berlaku utk 11.626 kursi dari maskapai Citilink Iindonesia dan Lion Air group.

Keputusan ini bakal diterapkan start 11 Juli 2019 mendatang.

Baca: Informasi BMKG: Prakiraan Tinggi Gelombang & Hujan Lebat Disertai Petir Besok Rabu_ 10 Juli 2019

"Kami telah dipanggil Menko Perekonomian (Darmin Nasution) dan disuruh mencantumkan harga tiket. Dari data kami, nilainya jauh di bawah 50 persen atau sudah mencapai 38 persen dari TBA," katanya saat ditemui di acara peluncuran buku Tony Fernandes "Flying High" di Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Insentif

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin & Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti saat meninjau Bandara Raden Inten II Lampung, Juumat (8/3/2019) (ISTIMEWA)

Guna meringankan biaya operasional maskapai, operator bandara Angkasa Pura I (AP I) dan Angkasa Pura II (AP II) pula bersedia utk memberikan insentif terhadap jasa kebandaraannya. Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menjelaskan, insentif itu akan berlaku di 16 bandara yang dikelolanya.


Meski begitu, ia tidak merincikan berapa dan biaya apa saja yang didiskon utk maskapai LCC. "Saya tidak bisa memerincikan angkanya, krn itu _ada yang basisnya kontribusi, real cost yang ditanggung (maskapai). Nanti yang membahas bukan kami, tapi persentase usai dihitung tinggal diikuti dan ditaruh di peraturan," katanya. Menurutnya, pemerintah dan stakeholder industri penerbangan, tergolong maskapai, Airnav dan Pertamina sudah menghasilkan formulasi struktur biaya maskapai guna memberikan diskon tersebut.

Diskon dari operator bandara ini bisa berbentuk biaya landing fee, parkir fee, aviobridge atau lainnya. "Insentifnya tunggu kami yang tentukan mau di mana, di mana. Karena ini konsep sharing the pain yang membahas, menetapkan, bukan kami saja," katanya. "Acuan kita Peraturan Menteri Perhubungan 106/2019," imbuhnya.

Awaluddin memastikan, insentif tersebut akan diberikan untuk smua penerbangan LCC rute domestik yang disepakati turun 50 persen dari TBA LCC. Seperti AP I, AP II akan memberikan insentif di 14 bandara naungannya. Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi menjelaskan formulasinya dalam bentuk nominal insentif tertentu yang harus dikontribusikan. "Sudah disepakati formulanya, jadi _ada kontribusi tertentu yang kita berikan kepada airlines," kata Faik.

Dia mengatakan pemerintah dan para stakeholder akan membahas mekanisme teknis pembagian kontribusi tsb dalam bbrp hari ke depan. Adapun, bentuk kontribusi dpat berupa potongan harga, voucher, atau langsung penurunan nominal tagihan atas tarif layanan.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Juli 2019 )

Sekedar menyesali kesalahan saja tidak lah cukup, namun juga harus disertai tekat agar kesalahn yang sama tidak dilakukan lagi.

"Akan namun yang jelas setiap flightada kontribusi yang kami berikan ke mereka dan formulanya sudah ada," ujarnya.

Dalam rapat koordinasi dengan Kemenhub, Kementerian BUMN, & para stakeholder industri penerbangan, Seniin (8/7), diputuskan untuk ada diskon harga tiket penerbangan domestik sehingga 50 persen dari TBA LCC pada Selasa, Kamis, Sabtu pukul 10.00-14.00. Diskon 50 persen itu berlaku utk 11.626 kursi dari maskapai Citilink Indonesia dan Lion Air group. Keputusan ini akan diterapkan mulai 11 Juli 2019 mendatang.

Baca: Information BMKG: Prakiraan Tinggi Gelombang dan Hujan Lebat Disertai Petir Besok Rabu_ 10 Juli 2019

Seperti AP I, AP II akan memberikan insentif di 14 bandara naungannya. Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi menjelaskan formulasinya dalam bentuk nominal insentif tertentu yang harus dikontribusikan.


"Sudah disepakati formulanya, jadi _ada kontribusi tertentu yang kita berikan ke-pada airlines," kata Faik. Dia mengatakan pemerintah & para stakeholder bakal membahas mekanisme teknis pembagian kontribusi tersebut dalam beberapa hari ke depan. Adapun, bentuk kontribusi dpat berupa potongan harga, voucher, atau lngsg penurunan nominal tagihan atas tarif layanan.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Kamis , Juli 2019 )

Kesempatan terbaik adalah melakukan hal yang baik untuk orang lain.


"Akan namun yang jelas setiap flightada kontribusi yang kami berikan ke mereka dan formulanya usai ada," ujarnya. Dalam rapat koordinasi dengan Kemenhub, Kementerian BUMN, & para stakeholder industri penerbangan, Senin (8/7), diputuskan untuk ada diskon harga tiket penerbangan domestik sehingga 50 persen dari TBA LCC pada Selasa, Kamis, Sa-btu pukul 10.00-14.00. Diskon 50 persen itu berlaku utk 11.626 kursi dari maskapai Citilink Indonesia dan Lion Air group. Keputusan ini akan diterapkan mulai 11 Juli 2019 mendatang.Baca: Information BMKG: Prakiraan Tinggi Gelombang & Hujan Lebat Disertai Petir Besok Rabu 10 Juli 2019

Dibantu sharing beritanya ya teman-teman news.xcoid.com, Terima kasih semuanya..

Sumber: www*tribunnews*com/bisnis/2019/07/11/turunkan+harga+tiket+maskapai+lcc+dapat+bebas+ppn+impor+komponen+pesawat
Share Berita