Pergi Ke Jayapura Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Ikan Asar
Info selanjutnya mengenai "Pergi Ke Jayapura Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Ikan Asar-#tvd8kk" selengkapnya :

Ikan asaratau ikan asap kerap menjadi oleh-oleh khas dari Kot'a Jayapura. (news.xcoid.com/Katharina Janur)news.xcoid.com, Jayapura Anda sdng plesiran di Kota Jayapura?

Jgn lupa untuk membawa oleh-oleh khas dari Kota Jayapura, ibukota Provinsi Papua. Salah satunya merupakan ikan asar atau ikan asap. Ikan asar olahan bisa menjadi buah tangan dari Kot'a Jayapura. Ikan asar dibuat dari jenis ikan ekor kuning ataupun ikan cakalang.

Ikan cakalang atau ikan ekor kuning akan menjadi ikan asar dengan melewati proses pengasapan sehingga 2-4 jam, tergantung dari kondisi kayu bakar yang digunakan.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Selasa , Juli 2019 )

Menata pikiran itu penting. karena dirimu adalah apa yang kamu pikirkan.

Mama Magdalena, 35 tahun, salah satu pengolah ikan asar rumahan menyebutkan usaha yang dirintisnya ialah usaha turun menurun dari sang tete (kakek). Dia mewarisi product olahan ikan asar rumahan dengan menggunakan ikan segar yang dibelinya lngsg di pasar.

"Kami mesti memakai ikan segar. Kalau tidak, ikan bakal hancur bila diasap dan pasti kualitas ngga baik. Ikan yang sudah di asar, biasa kami jual di Pasar Hamadi atau Pasar Youtefa Abepura," ujarnya, Senin (15/7/2019).

Ikan ekor kuning atau ikan cakalang yang biasa dibeli dengan harga Rp20-30 ribu, jikalau sudah diasar akan dijual di pasaran dngn harga Rp50-60 ribu, tergantung kecil & besarnya ikan.


Ikan asar tahan pada suhu normal sehingga 3-4 hari dan jika disimpan di lemari es bisa tahan hingga 7 hari. "Berbeda jika ikan segar sedang mahal, pasti olahan ikan asar yang kami akan dijual lebih tinggi, sebab ikan terbatas & mahal," ujarnya. Jika ingin membeli ikan asar olahan, utk dijadikan oleh-oleh khas Kot'a Jayapura, bisa juga dibeli di Pasar Mama-mama Papua yang terletak di Jalan Percetakan Kot'a Jayapura atau di Pasar malam Cigombong yang biasa dijual sore sehingga malam hari. Padahal jika mencari ikan asar olahan pd_ pagi atau siang hari, dpat ditemukan di Pasar Youtefa Abepura atau Pasar Hamadi.

Biasanya, ikan asar diolah kembali menjdi menu ikan asar rica-rica atau dimasak dngn bumbu & kuah santan.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Selasa , Juli 2019 )

Kesempatan terbaik adalah melakukan hal yang baik untuk orang lain.

Mantap rasanya, khas ikan asar Kota Jayapura. Selamat menikmati.

Sekian info yang kami sampaikan, update terus info menarik disini news.xcoid.com ( arsip berita Selasa /Juli )

Sumber: s://www*liputan6*com/regional/read/4012820/pergi+ke+jayapura+jangan+lupa+beli+oleh+oleh+ikan+asar
Share Berita