Erupsi Tangkuban Parahu, Amankah Sayuran JugaBuah Yang Kena Abu Vulkanik Dikonsumsi?
Judul berita ini "Erupsi Tangkuban Parahu, Amankah Sayuran JugaBuah Yang Kena Abu Vulkanik Dikonsumsi?-#yamyvb" di Juli selengkap disini : news.xcoid.com Tangkuban Perahu erupsi pd_ Jumat (26/7/2019) pukul 15:48 WIB, dengan abu mencapai ketinggian sekitar 200 meter di atas puncak dengan tinggi sekitar 2.284 meter dari permukaan laut. Erupsi Gunung Tangkuban Perahu ini mengagetkan lebih dari satu orang, terlebih warga Lembang dan Bandung.
Sebab erupsi gunung Tangkuban Perahu ngga didahului gejala-gejala pada umumnya, semisal gempa.

Karenanya lebih dari satu warga Lembang & Bandung tidak sadar Gunung Tangkuban Perahu erupsi. Sadar-sadar kemudian melihat kepulan asap dari gunung wisata tersebut dan banyaknya debu vulkanik bertebaran. Gede Suantika, Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Minggu , Juli 2019 )

Keberanian timbul dari bersikap benar.


Pusat Vulkanologi & Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memperkirakan letusan yang terjadi kali ini "hampir sama" dengan letusan pada Oktober 2013 dan diperkirakan berlangsung sekitar satu minggu.

Barang dagangan berupa belerang yang disimpan dalam botol pelastik tertutup debu vulkank akibat erupsi kawah Gunung Tangkuban Parahu, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (27/7/2019). Menyusul erupsi pd_ Jumat (26/7), Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu ditutup bagi wisatawan selama tiga hari. TRIBUN JABAR/ZELPHI (TRIBUN JABAR/ZELPHI)"Karena aktivitas ini, yang paling diprioritas orang tak boleh masuk satu setengah kilometer dari radius kawah, hanya bisa di parkir bawah," kata Gede ke-pada BBC News Indonesia. Sejumlah partikel dan gas berbahaya, melasnir serc.carleton.edu, seperti aerosol, dibawa dalam abu vulkanik.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Minggu , Juli 2019 )

Semakin baik kamu menata perilaku, semakin banyak kebaikan yang kamu kemas ke dalam hidup.

Bbrp di antaranya ialah karbon dioksida, sulfat (sulfur dioksida), asam hidroklorik, asam hidroflourat.

Masing-masing memiliki efek berbeda tetapi serius pd_ kesehatan manusia bila terpapar

Menghirup abu vulkanik dpat sangat merusak kesehatan manusia, krn aerosol berbahaya & gas beracun yang membentuk abu.



Gunung Tangkuban Parahu erupsi (Twitter/BNPB Indonesia)

Efek kesehatan, melansir lung.org, tergolong masalah pernapasan, masalah mata, & iritasi kulit.

1. Gejala pernapasan (jangka pendek) hidung beringus, sakit tenggorokan/batuk, mengi/sesak napas, kemungkinan bronkitus. 2. Gejala mata (jangka pendek) dapat menjadi gatal atau merah, lecet atau goresan kornea, dapat menyebabkan konjungtivitis.


Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Minggu , Juli 2019 )

Jangan berjalan dimuka bumi dengan penuh kesombongan dan congkak karena sebentar lagi engkau akan masuk kedalam bumi juga.

Selain itu, salah satu efek jangka panjang abu vulkanik ialah silikosis. Silikosis merupakan penyakit yang mengakibatkan kerusakan paru-paru dan jaringan parut, dari paparan partikel silika kristal bebas. Mineral yang berhubungan dengan silikosis tergolong kuarsa, kristobalit, & tridimit, semuanya berpotensi hadir dalam abu vulkanik.

Penting diperhatikan bu vulkanik pula dapat mencemari persediaan air.

Parlina Natalia (39), memanen selada merah & pakcoi di kebun Komunitas Griya Hijau Hidroponik, di Taman Tongkeng, Jalan Tongkeng, Kelurahan Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Selasaa (12/3/2019). Di kebun hidroponik ini, ditanam bermacam sayuran selada dan non selada, diantaranya selada hijau & merah, selada keriting, pakcoi, sawi/sosin, bayam merah dan hijau, serta kanggung. Sayuran bebas pestisida kimia tsb rutin dipanen setiap dua & tiga miinggu sekali kemudian naik tanam, hasilnya panennya dijual dngn harga di atas harga pasar & di bawah harga supermarket, selada Rp 30 ribu per kg & non selada Rp 25 ribu per kg. (TRUBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) (TRUBUN JABAR /GANI KURNIAWAN)Tapi utk tanaman konsumsi, seperti sayuran dan buah-buahan yang banyak terdapat di sekitar gunung tangkuban perahu, d`mna masyarakatnya mayoritas petani & peternak, masih aman di konsumsi.

Melansir civildefence.govt.nz, sayuran yang tertutup abu yang ditanam di ladang aman dikonsumsi sesudah dicuci dengan air bersih yang tidajk terkontaminasi abu vulanik gunung yang erupsi.

Bagi mereka yang tinggal di wilayah paparan abu meletusnya gunung Tangkuban Perahu, bbrp poin berikut wajib dilakukan:

Tutup semua akses masuknya debu ke dalam rumah dengan rapat. Celah-celah kecil tutup dngn kain basah.

Bagi yang menderita masalah pernapasan, penyakit asma, jantung, jangan keluar rumah, baiknya diungsikan ke lokasi aman yang jauh dari jangkauan debu vulkanik. Bersihkan semua benda yang terkena abuvulkanik setiapkali abu menempel dngn air.


Mereka yang melakukan pembersihan abuvulkanik juga yang berada diluar ruangan tertutup wajib menggunakan masker penutup mata, wajah, pula hidung. JIka tidak ada, buat masker dari kain dngn terlebih duluan dibasahi.()

Berita telah dipublikasikan GridHEATH.id dngn judul Erupsi Gunung Tangkuban Diperkirakan Sepekan, Sayuran pula Buah-buahan Lembang Aman Dikonsumsi

Demikiannlah berita hari Minggu mengenai ( Erupsi Tangkuban Parahu, Amankah Sayuran JugaBuah Yang Kena Abu Vulkanik Dikonsumsi?-#yamyvb ), info pencarian terkait berita ini, erupsi,tangkuban,parahu,,amankah,sayuran,jugabuah,yang,kena,abu,vulkanik,dikonsumsi?, bandung, lembang, sekitar, silikosis

Sumber: www*tribunnews*com/kesehatan/2019/07/28/erupsi+tangkuban+parahu+amankah+sayuran+jugabuah+yang+kena+abu+vulkanik+dikonsumsi
Share Berita