Teknologi Modifikasi Cuaca Sukses Kurangi Titik Panas Di Riau
Info-info hari Minggu , seputar "Teknologi Modifikasi Cuaca Sukses Kurangi Titik Panas Di Riau-#tzx9yk",

Laporan Wartawan news, Fitri Wulandari

news.xcoid.com, JKRTA Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Tri Handoko Seto mengatakan bahwa pemanfaatan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau hujan buatan telah diterapkan di Riau. "Hujan buatan yang sudah kita lakukan itu _ada di Riau," tutur Tri Handoko Seto, saat ditemui di Kantor BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu_ (31/7/2019).


Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Minggu , Agustus 2019 )

Impian tidak akan menggerakan seseorang untuk maju, alasan kuat dibalik impian itulah yang menggerakannya.

Ia menjelaskan, teknologi satu ini telah mampu menekan titik rawan terjadinya kebakaran hutan & lahan (karhutla) di kawasan tersebut. "(Di) Riau, (TMC) sudah berhasil secara signifikan utk menekan terjadinya peningkatan hotspot panas & juga mengurangi terjadinya bencana kebakaran hutan & lahan hasilnya sangat baik," jelas Seto. Ia pun berharap, kelak pemanfaatan TMC juga bisa dirasakan provinsi lainnya.

Khususnya dalam penanggulangan bencana seperti kekeringan, karhutla hingga polusi udara.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Minggu , Agustus 2019 )

Bukan karena harta yang melimpah/apa yang dimilik, orang dihormati. kehormatan adalah penghargaan bagi orang yang telah memberikan sesuatu yang berarti bagi orang yang membutuhkan.

"Harapan kami, tentu saja TMC ke depan memberikan hasil yang positif terhadap upaya-upaya kita dalam menanggulangi bencana," kata Seto.

Perlu diketahui, TMC dapat dilakukan jikalau masih adanya awan, awan tersebut merupakan objek utk penyemaian garam demi memunculkan hujan buatan.



Titik panas atau hotspot di sejumlah titik di Indonesia berdasarkan pantauan dari satelit (Dok.

BNPB) (Dokumentasi BNPB)Teknologi Modifikasi Cuaca ini dianggap mampu menjadi solusi dalam mengatasi kekeringan yang sudah start melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Banyak event akbar tanah air yang turut menggunakan operasi TMC dalam memperlancar keberlangsungan acara.

Event tsb meliputi pengamanan mengurangi curah hujan dalam Sea Games yang dihelat pada 2011 lalu, mengatasi gangguan kabut asap maupun curah hujan di area lapangan olah raga pada Pekan Olah Raga Nasional (PON) Riau tahun 2013.

Kemudian Islamic Solidarity Games yang dihelat di Sumatra Selatan thn 2013, redistribusi curah hujan di wilayah DKI pada 2013 dan 2014, pengurangan curah hujan di area proyek Pembangunan Jalan Tol Samarinda-Balikpapan thn 2018.

Hingga kegiatan Asian Games yang digelar di Jkrta dan Palembang pd_ 2018, serta acara Annual Meeting IMF-World Bank di Bali pd_ 2018, pula kegiatan kenegaraan lainnya seper_ti peringatan HUT RI di Istana Negara.

Sekilas berita yang kami sharing, jika suka bantu sharing ya...

Sumber: www*tribunnews*com/nasional/2019/08/04/teknologi+modifikasi+cuaca+sukses+kurangi+titik+panas+di+riau
Share Berita