Komisi VII DPR Desak PLN Beri Kompensasi Layak Ke-pada Pelanggan Terdampak Listrik Mati
Baca informasi mengenai "Komisi VII DPR Desak PLN Beri Kompensasi Layak Ke-pada Pelanggan Terdampak Listrik Mati-#sltfqw", pada hari Selasa ini, diliput selengkapnya :

Laporan Wartawan news, Taufik Ismail

news.xcoid.com, JAKARTA Wakil ketua Komisi VII DPR RI Tamsil Linrung mengritik keras direksi PLN atas peristiwa mati listrik di wilayah Jawa dan Bali, Minggu (4/8/2019). Ia menilai PLN kurang antisipatif terhadap segala kemungkinan gangguan sehingga menyebabkan listrik padam di Ibu kot'a Jakarta dan sekitarnya.


"Karena itu, kami Komisi VII meminta pertanggungjawaban PLN. Tidak cukup hanya permohonan maaf," ujar Tamsil Linrung, Senin (5/8/2019). Menurut Tamsil Linrung, PLN harus memberikan kompensasi kepada masyarakat yang menjadi korban pemadaman listrik.

Baca: Satu Keluarga Suami, Istri, & 2 Anak Ditemukan Tewas Berpelukan Akibat Kebakaran di Teluk Gong

Baca: Tangan Seorang Remaja di Cilandak Nyaris Putus Dibacok Dua Org Tak Dikenal

Baca: Niat Puasa Tarwiyah & Arafah Menjelang Idul Adha 1440 H, Lengkap Beserta Keistimewaannya

Baca: Pemain Arsenal: Mesut Ozil dan Sead Kolasinac hadapi pelaku perampokan

Aturan kompensasi akibat kelalaian PLN sudah diatur, yakni mengacu pd_ UU Nomor 30 thn 2009 mengenai Ketenagalistrikan.


Lalu dijabarkan dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) Nomor 27 Thn 2017. "Pada Pasal 6 sudah jelas tentang kewajiban PLN memberikan kompensasi. Angka kompensasinya pula tertuang di sana. Namun saya melihat, kompensasi dalam aturan tersebut tidak bakal bisa menutupi kerugian yang ditimbulkan" katanya.


'

Karena itu, dia berharap dalam memberikan kompensasi, PLN menghitung kerugian yang dialami masyarakat.

PLN tak menyamaratakan kompensasi ke-pada para pelanggan yang dirugikan.

"Misalnya Daya listrik yang dipakai pengusaha Koi dan pangkas rambut, mungkin tidak besar, namun kerugiannya bisa puluhan sehingga ratusan juta.


Jika perlu gratiskan listrik selama 6 bulan buat _para pelaku UKM yang dirugikan tersebut. Ini bentuk pertanggungjawaban. Bukan sekadar ganti rugi, apalagi kompensasi," katanya. Ia berharap kejadian blackout wilayah Jawa & Bali ini menjadi pembelajaran bagi pemerintah & PLN.

Pemerintah bisa mencoba utk menggunakan energi alternatif, apalagi Iindonesia sangat kaya di sektor energi alternatif. "Jika hanya bertumpu pd_ sumber energi yang dikelola se_cara konvensional, Indonesia tidak akan pernah mampu mencukupu kebutuhan domestiknya.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Selasa , Agustus 2019 )

Kesempatan terbaik adalah melakukan hal yang baik untuk orang lain.

Energi ini variabel kedaulatan nasional.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Selasa , Agustus 2019 )

Kesempatan terbaik adalah melakukan hal yang baik untuk orang lain.

Ketahanan energi kita mesti bisa dipastikan bisa membawa Iindonesia menjelajahi era kompetisi masa kini dan masa depan yang bertumpu pada energi," katanya.

Jakarta Pulih

Direktur PLN Regional Bagian Jawa Barat, Haryanto mengatakan pihaknya terus berupaya memulihakan pasokan listrik di wilayah yang terjadi blackout pada Minggu (4/8/2019). Untuk wilayah DKI Jakarta menurutnya pasokan listrik usai pulih sejak pukul 15.00 Wib.


"Sesuai dngn arahan pak Presiden tadi pagi PLN berusaha utk segera memulihkan di Jabar, Jakarta, & Banten. Alhamdulillah start dari pukul 15.00 tadi utk Jakarta sudah tidak ada pemadaman," katanya di Kantor PLN, Jkrta Selatan, Senin (5/8/2019) malam. Hanya saja menurutnya untuk wilayah Jawa Barat dan Banten, pasokan belum pulih seluruhnya.

PLN terus berusaha menormalkan pasokan listrik sehingga Senin malam.

Baca: PLN Tidak Masalah Dievaluasi Komisi VII DPR Terkait Pemadaman Listrik di Wilayah Ibu Kota

Baca: KPK Gunakan Energi Cadangan Ketika Listrik PLN Padam Supaya Operasional Rutan Tetap Berjalan

Baca: 40 Org Lolos Tes Psikologi Seleksi Capim KPK

Baca: Ayah & Anak Ditemukan Tewas Tergantung di Bogor, Diduga Sang Ayah Terlebih Dulu Gantung Putranya

"Sampai dngn tadi sore kita sudah bisa nyalakan tambahan mesin pembangkit 5000 Mw & Insyaallah smpai nanti malam ada tambahan sampai 3000 MW & yang kita pakai untuk menyalakan kembali pelanggan-pelanggan yang ada di Banten dan Jabar yang mengalami pemadaman insyaallah malam ini bisa kita selesaikan utk penyalaan kembali para pelanggan-pelanggan yang padam," katanya.


Untuk wilayah Jawa Barat sendiri menurut Haryato pasokan listrik yang belum pulih tersebar di sejumlah Kabupaten atau Kota. Diantaranya yakni, Bogor, Bekasi, dan juga Bandung. "Begitu pula dengan Banten, wilayahnya tersebar," katanya. Haryanto mengatakan sejumlah pembangkit listrik yang mengalami gangguan terus diperbaiki utk menormlkan kembali pasokan listrik.

Menurutnya pemadaman bergilir akan selesai pada Senin malam. "InsyaAllah malam ini bisa kita selesaikan. InsyaAllah pembangkit-pembangkit tambahan bisa beroperasi malam ini, & itu bisa kita gunakan utk menyalakan kembali pelanggan yang masih padam di jawa Barat dan Banten," katanya.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Selasa , Agustus 2019 )

Kesempatan terbaik adalah melakukan hal yang baik untuk orang lain.


Jokowi sambangi PLN



Presiden Joko Widodo berjalan meninggalkan Kantor PLN ditemani Menteri ESDM Ignasius Jonan (kanan) & Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani (kiri) sudah melakukan pertemuan di kantor Pusat PLN, Jakarta, Senin (5/8/2019). Presiden mempertanyakan dan meminta klarifikasi manajemen PLN atas padamnya listrik secara total (blakcout) di wilayah Jabodetabek pd_ Minggu (4/8/2019). THE JKRTA POST/SETO WARDHANA (THE JAKARTA POST/SETO WARDHANA)Presiden Jokowi lngsg mendatangi kantor pusat PT PLN di Kebayoran Baru, Jkrta Selatan, Seniin (5/8/2019).

Sebelum pukul 09.00 WIB, Jokowi yang menggunakan kemeja putih lengan panjang usai tiba di Gerung Utama PLN.

Tidak seper_ti biasanya, transit lebih dulu di ruangan yang sudah disediakan pihak PLN.


Melainkan Jokowi memilih lngsg masuk ke ruang rapat. Tegas, Jokowi meminta penjelasan dari PLN tentang pemadaman listrik di Jabodetabek sehingga sebagian Pulau Jawa.

Mantan Wali Kot'a Solo ini mengingatkan supaya penjelasan yang diberikan simpel & tidak bertele-tele.

Baca: Pemimpin Geng Di Brasil Berusaha Melarikan Diri Berpura-pura Jadi Putrinya

Setelah mendapatkan penjelasan dari Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani, Jokowi tampak kesal krn penjelasan Sripeni ter-lalu bertele-tele. "Penjelasannya kenapa panjang sekali," tegas Jokowi merespon penjelasan dari direksi PLN.


"Bapak, Ibu semuanya kan org pintar-pintar, apalagi urusan listrik dan sudah bertahun-tahun. Apakah tak dihitung, apakah tidak dikalkulasi kalau akan ada kejadian sehingga tahu-tahu drop begini," tambah Jokowi lagi. Sedikit tegang dan ruang rapat terasa kian sunyi. Jokowi ngga sekalipun melempar senyum.

Mukanya terus datar.

Rombongan menteri yang mendampingi Jokowi yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, sehingga Menteri Energi & Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan pula diam ngga bergeming.

Baca: Kadisnaker ESDM Belum Bisa Pastikan Dua WNI yang Tewas di Jepang merupakan Warga Bali

Kembali Sripeni minta waktu untuk memberikan penjelasan. Dia juga meminta maaf sebab lamban menangani masalah tersebut. Jokowi hanya meminta PLN segera melakukan perbaikan secepatnya dngn cara apapun agar listrik yang sempat padam bisa nyala kembali.


"Saya minta diperbaiki secepatnya. Wilayah yang belim hidup segera dikejar dngn cara apapun. Harus segera hidup kembali. Itu aku permintaan saya, terima kasih," tutup Jokowi mengakhiri kunjungannya.

Lantas Jokowi memilih lngsg pergi meninggalkan gedung Utama PLN. Lagi-lagi ruang transit yang sudah disiapkan PLN "dianggurkan" Jokowi.

Baca: Penjual Hewan Kurban Ajarkan Teknik Robohkan Sapi

Padahal di ruangan itu disediakan meja bundar lengkap dngn kursi berwarna putih. Di atas meha disediakan air minum, buah dan beberapa kudapan. Tidak seperti biasanya, ketika keluar dari ruang rapat.


Sripeni mengantar Jokowi hingga ke lobi depan. Tidak ada perbincangan ataupun basa basi diantara keduanya.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Selasa , Agustus 2019 )

Kesempatan terbaik adalah melakukan hal yang baik untuk orang lain.

Jokowi juga tidak melayani permintaan wawancara dari awak media.

Jokowi yang biasanya ramah menyapa awak media memilih diam. Padahal biasanya, Jokowi ramah ataupun menyapa dan melambaikan tangan ke arah awak media. Kini Jokowi memilih pergi dngn diam kembali ke Komplek Istana Kepresidenan Jakarta pukul 09.05 WIB.

Usai itu, menteri lainnya yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Komunikasi & Informatika Rudiantara ikut pulang meninggalkan kantor pusat PLN.

Baca: Penembakan di AS yang tewaskan 29 orang: Trump kutuk serangan di tengah kritikan atas dirinya

Sedangkan Menteri Energi & Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan kembali masuk ke gedung utama PLN didampingi Sripeni.


Sama seper_ti Jokowi, Ignasius Jonan pula bungkam. Enggan melayani permintaan wawancara awak media.

Usai mengantar Ignasius Jonan masuk ke gedung utama, Sripeni kembali keluar meladeni sesi wawancara dengan awak media.

[[iframe]]

"Saya minta diperbaiki secepatnya. Wilayah yang belim hidup segera dikejar dengan cara apapun.


Mesti segera hidup kembali. Itu saya permintaan saya, terima kasih," tutup Jokowi mengakhiri kunjungannya. Lantas Jokowi memilih lngsg pergi meninggalkan gedung Utama PLN. Lagi-lagi ruang transit yang sudah disiapkan PLN "dianggurkan" Jokowi.

Baca: Penjual Hewan Kurban Ajarkan Teknik Robohkan Sapi

Padahal di ruangan itu disediakan meja bundar lengkap dngn kursi berwarna putih.


Di atas meha disediakan air minum, buah dan beberapa kudapan. Tidak seper_ti biasanya, ketika keluar dari ruang rapat. Sripeni mengantar Jokowi sehingga ke lobi depan. Ngga ada perbincangan ataupun basa basi diantara keduanya.

Jokowi pula tidak melayani permintaan wawancara dari awak media.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Selasa , Agustus 2019 )

Akan tiba saatnya kita akan berhenti mencintai seseorang bukan karena seseorang itu berhenti mencintai kita melainkan kita menyadari bahwa orang itu akan lebih berbahagia apabila kita melepaskannya.

Jokowi yang biasanya ramah menyapa awak media memilih diam. Padahal biasanya, Jokowi ramah ataupun menyapa & melambaikan tangan ke arah awak media.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Selasa , Agustus 2019 )

Akan tiba saatnya kita akan berhenti mencintai seseorang bukan karena seseorang itu berhenti mencintai kita melainkan kita menyadari bahwa orang itu akan lebih berbahagia apabila kita melepaskannya.

Kini Jokowi memilih pergi dengan diam kembali ke Komplek Istana Kepresidenan Jkrta pukul 09.05 WIB.

Usai itu, menteri lainnya yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi & Menteri Komunikasi & Informatika Rudiantara ikut pulang meninggalkan kantor pusat PLN.

Baca: Penembakan di AS yang tewaskan 29 orang: Trump kutuk serangan di tengah kritikan atas dirinya

Sedangkan Menteri Energi & Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan kembali masuk ke gedung utama PLN didampingi Sripeni. Sama seperti Jokowi, Ignasius Jonan juga bungkam.


Enggan melayani permintaan wawancara awak media.

Usai mengantar Ignasius Jonan masuk ke gedung utama, Sripeni kembali keluar meladeni sesi wawancara dengan awak media.

[[iframe]] Terus baca berita di hari Selasa ini banyak berita yang akan kami update lagi!! semoga menambah wawasan anda

Sumber: www*tribunnews*com/nasional/2019/08/06/komisi+vii+dpr+desak+pln+beri+kompensasi+layak+kepada+pelanggan+terdampak+listrik+mati
Share Berita