8 Buah Yang Ampuh Turunkan Kolesterol Sesudah Makan Daging
Judul "8 Buah Yang Ampuh Turunkan Kolesterol Sesudah Makan Daging-#xiapar(berita Agustus 2019)", terus baca : Inilah delapan buah yang ampuh turunkan kolesterol dalam darah kemudian makan daging di momen Idul Adha. news.xcoid.com Momen Idul Adha identik dengan berbagai olahan berbahan daging, baik daging sapi maupun daging kambing.

Nah, hati-hati dengan kolesterol naik setelah makan daging, ya. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Satu cara mengimbangi makan daging utk menjaga kolesterol dengan mengonsumsi buah-buahan. Buah-buahan mengandung serat yang larut air.

Serat yang larut dalam air dapat mengikat asam empedu hingga bisa menurunkan penyerapan lemak & kolesterol dalam darah. Satu jenis serat larut yang terbukti dpat menurunkan kolesterol hingga 10 persen merupakan pektin. Buah-buahan juga mengandung senyawa-senyawa kimia yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL.

Kolesterol baik atau HDL dapat membantu memperlancar aliran darah dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

Berikut delapan buah yang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah:

1. Apel

Apel, terutama kulitnya, mengandung pektin alias serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol.


Pektin bekerja menyerap kolesterol & lemak jahat di dalam usus halus untuk dibawa keluar tubuh lewat urine dan feses. Apel juga mengandung vitamin & antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan. Serat dalam buah apel juga memberi rasa kenyang lebih lama sehingga membantu kita mengontrol nafsu makan.

2. Alpukat

Alpukat ialah sumber lemak tak jenuh tunggal.


Buah alpukat baik utk kesehatan jantung.

Alpukat juga kaya vitamin, mineral, serat, & senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Penelitian menunjukkan, selain memengaruhi kadar kolestrol, alpukat dpat memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama, bahkan hingga 3-5 jam kemudian dikonsumsi. Alpukat juga bisa menstabilkan kadar gula darah. Selain itu, alpukat kaya akan glutathione, antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.


3. Pir

Pir termasuk buah yang tinggi serat alami. Satu buah pir ukuran sdng dapat mencukupi 16 persen kebutuhan serat harian. Jenis serat yang terdapat dalam pir adalah pektin, yang dapat mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Selasa , Agustus 2019 )

Kau bisa bersembunyi dari kesalahanmu, tapi tidak dari penyesalan. Kau bisa bermain dengan dramamu, tapi tidak dengan karmamu.


Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Selasa , Agustus 2019 )

Impian tidak akan menggerakan seseorang untuk maju, alasan kuat dibalik impian itulah yang menggerakannya.

Sehingga kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh bisa menurun.

4. Buah berri

Buah berri (seperti strawberry, blueberry, cranberry) kaya serat larut air yang dapat mengikat kolesterol terserap di usus halus.

Sehingga kadar kolesterol jahat menurun & tergantikan dengan kolesterol baik atau HDL.

Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Selasa , Agustus 2019 )

Anda akan menjadi orang yang tersisihkan jika tidak siap menghadapi perubahan.


Riset yang dipimpin oleh peneliti bernama Erlund terhadap 72 subyek penelitian yang memiliki faktor risiko penyakit kardiovaskuler telah membuktikannya. Riset tersebut menunjukkan asupan dua porsi buah berry per hari dapat meningkatkan kadar kolestrol baik atau HDL dan menurunkan tekanan darah sistolik. Riset yang dipimpin ilmuwan bernama Basu dengan meneliti 16 perempuan juga membuktikan mengonsumsi buah berry se_cara rutin dpat menurunkan kolestrol LDL dalam empat minggu.

5. Anggur

Anggur juga kaya serat larut air yang dapat mengikat kolestrol yang terserap di usus halus.


Penelitian menunjukkan, anggur mempunyai senyawa antioksidan tinggi, terutama anggur merah. Antioksidan dpat membantu meningkatkan kolestrol HDL & menurunkan kolestrol jahat LDL serta trigliserida dalam darah.

6. Pepaya

Pepaya merupakan buah penurun kolesterol HDL yang juga tinggi antioksidan, seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E. Kolestrol bisa menempel pd_ pembuluh darah jikalau terjadi oksidasi sehingga akhirnya berkumpul membentuk plak & menutupi pembuluh darah.


Vitamin E dan C pada pepaya bakal menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase yang dapat menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

7. Jambu biji

Jambu biji mengandung vitamin dan antioksidan yang bekerja melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Kadar kalium dan serat larut air dalam jambu biji pula dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Selain itu, menaikkan kadar kolesterol baik atau HDL yang dapat mencegah berbagai penyakit jantung.


Penelitian yang dilakukan di Malaysia selama 9 minggu menunjukkan asupan buah jambu biji sebanyak 400 gram per hari meningkatkan total kolestrol HDL dalam darah dan kadar antioksidan di dalam tubuh.

8. Jeruk

Jeruk kaya bakal serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Buah ini juga mengandung d-limonene, senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol & sekaligus membantu menghambat perkembangan kanker payudara dan kanker usus. Jeruk pula merupakan buah yang tinggi kadar vitamin C, yang membantu mencegah penumpukan kadar kolestrol LDL & mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.


Untuk mendapat manfaat maksimal dari buah-buahan ini, sebaiknya kita start mengonsumsinya dngn rutin sebanyak dua hingga tiga porsi sehari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dngn judul "Turunkan Kolesterol dngn 8 Jenis Buah Ini setelah Banyak Makan Daging"

Kolestrol bisa menempel pada pembuluh darah jikalau terjadi oksidasi hingga akhirnya berkumpul membentuk plak & menutupi pembuluh darah. Vitamin E dan C pada pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase yang dapat menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

7. Jambu biji

Jambu biji mengandung vitamin & antioksidan yang bekerja melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.


Kadar kalium & serat larut air dalam jambu biji pula dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Selain itu, menaikkan kadar kolesterol baik atau HDL yang dapat mencegah berbagai penyakit jantung. Penelitian yang dilakukan di Malaysia selama 9 miinggu menunjukkan asupan buah jambu biji sebanyak 400 gram per hari meningkatkan total kolestrol HDL dalam darah dan kadar antioksidan di dalam tubuh.
Ayuk baca kata-kata bijak dan motivasi ( Selasa , Agustus 2019 )

Jangan berjalan dimuka bumi dengan penuh kesombongan dan congkak karena sebentar lagi engkau akan masuk kedalam bumi juga.


8. Jeruk

Jeruk kaya bakal serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Buah ini pula mengandung d-limonene, senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol & sekaligus membantu menghambat perkembangan kanker payudara & kanker usus. Jeruk pula merupakan buah yang tinggi kadar vitamin C, yang membantu mencegah penumpukan kadar kolestrol LDL & mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler. Untuk mendapat manfaat maksimal dari buah-buahan ini, sebaiknya kita mulai mengonsumsinya dengan rutin sebanyak dua hingga tiga porsi sehari.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Turunkan Kolesterol dengan 8 Jenis Buah Ini setelah Banyak Makan Daging"

Jeruk pula merupakan buah yang tinggi kadar vitamin C, yang membantu mencegah penumpukan kadar kolestrol LDL dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler. Untuk mendapat manfaat maksimal dari buah-buahan ini, sebaiknya kita mulai mengonsumsinya dngn rutin sebanyak dua hingga tiga porsi sehari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dngn judul "Turunkan Kolesterol dengan 8 Jenis Buah Ini sesudah Banyak Makan Daging"


Sumber: https://www*tribunnews*com/kesehatan/2019/08/13/8+buah+yang+ampuh+turunkan+kolesterol+setelah+makan+daging
Share Berita